29/03/19

Minum air putih 8 gelas sehari sudah cukup...? Masa sih...?!



Air Nakhla Adinata, begitu nama yang kami berikan pada sang sulung dengan harapan ia bisa mengambil filosofi dari air. Filosofi tentang bagaimana 'air' bisa tetap menjadi suatu hal yang amat dibutuhkan meski wujudnya tak sekeras baja. Aku dan suami sadar betul akan pentingnya keberadaan air di alam semesta ini, termasuk untuk urusan menjaga kesehatan tubuh. 

Coba saja bayangkan jika keberadaan air yang amat penting bagi tubuh itu tiba-tiba hilang tanpa jejak, maka sudah bisa dipastikan peradaban manusia pun akan otomatis sirna bersamaan dengan hilangnya sang air tadi.  Oleh karena itu aku akan amat senang jika bisa berpartisipasi aktif dalam mengingatkan kembali pada masyarakat soal pentingnya air bagi kita.



Bak gayung bersambut, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk ikut seseruan bareng di acara Fun Walk yang diselenggarakan oleh Danone Aqua dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia. Hari ginjal sedunia atau yang biasa disebut World Kidney Day itu sendiri jatuh pada tanggal 14 Maret setiap tahunnya, dan demi mengedukasi kembali pada masyarakat soal pentingnya air bagi kesehatan manusia terutama ginjal, Danone Aqua pun melakukan serangkaian aktivitas kegiatan edukatif yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kegiatan ini terbilang cukup penting karena ternyata masih banyak masyarakat yang kurang perhatian pada kecukupan kebutuhan air minum hariannya, terbukti dengan masih besarnya angka penderita ginjal di dunia.  Berdasarkan data Riskesdas 2018 saja, prevalensi penyakit ginjal di Indonesia mencapai angka 3,8 permil. Angka tersebut meningkat dari 2,0 per mil di tahun 2013 yang berarti ada 3800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis dari satu juta orang.



faktor risiko yang paling mudah dilihat dari penyakit ginjal ini tak lain adalah kurangnya hidrasi dan gaya hidup tidak sehat. Padahal sebenarnya menghindari penyakit ginjal itu bukanlah hal yang sulit, Berdasarkan penelitian dari Sontrop tahun 2013 dan data dari Hydration for Health, risiko penyakit ginjal ini bisa dihindari dengan hidrasi yang cukup, karena dehidrasi kronik akan menyebabkan penyakit ginjal jika dibiarkan secara terus menerus.



Sebagian besar masyarakat hanya tau kalau kebutuhan air minum harian itu adalah 8 gelas sehari saja. Padahal kenyataannya kebutuhan air minum tiap orang itu akan berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, serta aktivitas yang dilakukannya.

Jadi sebenarnya angka 8 gelas sehari tadi tidak bisa serta merta dijadikan patokan umum begitu saja, makin banyak aktivitas yang dilakukan maka kebutuhan air minumnya pun akan semakin besar. Inilah yang coba diingatkan kembali oleh Danone Aqua pada masyarakat dalam acara FunWalk kali ini.



Sesuai dengan nama acaranya Funwalk, aku bersama para peserta acara yang sudah lebih dulu mendaftar secara online itu pun diajak untuk jalan santai di area CFD Thamrin, tentunya dengan dibekali air minum kemasan Aqua agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan air minum. Fun walk ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang akan memerlukan lebih banyak air minum. 

Tak kalah menarik, dalam acara tersebut Aqua juga meluncurkan Aqua Hydration Calculator  yang dapat menghitung kebutuhan air minum seseorang serta stiker urine meter. aku sedikit tertarik dengan stiker urine meter yang juga dibagikan saat berlangsungnya acara FunWalk itu. Jadi di stiker urine meter ini ada beberapa tingkatan warna urine untuk kita jadikan acuan saat melihat apakah urine kebutuhan air minum kita telah tercukupi atau belum. Semakin bening warna urine kita, maka itu berarti semakin tercukupilah kebutuhan air minum nya, begitupun sebaliknya. 



O iya selain mengingatkan kembali akan pentingnya hidrasi yang cukup bagi kesehatan, di acara tersebut, Danone Aqua juga mengedukasi masyarakat soal menjaga bumi dengan membuang sampah kemasan botol air minum tai pada tempat yang telah disediakan. nantinya botol-botol kemasan yang terkumpul itu akan kembali di daur ulang oleh pihak terkait menjai barang yang lebih berguna. 

Setelah mengikuti acara Fun Walk ini, aku jadi semakin aware untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian keluarga pastinya, kamu sendiri bagaimana teman, sudah cukupkah kebutuhan hidrasi harianmu...?

0 komentar:

Posting Komentar