20/03/19

Telur Bumbu Rendang, Menu Andalan Saat si Abang Sayur Tidak Lewat



Dilema terbesar bagi seorang ibu rumah tangga yang tinggal jauh dari pasar itu sebenarnya amat simpel, yaitu ketika harus memilih mau pesan makanan secara online atau tetap memaksakan diri masak dengan bahan seadanya ketika si abang sayur tidak lewat. Terkesan receh memang, tapi sedikit agak berat saat benar-benar harus melaksanakannya.

Memesan makanan secara online mungkin terlihat lebih praktis namun sayangnya biaya yang harus dikeluarkan tidak sepraktis itu, pasti akan ada biaya tambahan ongkos kirim bukan...?! buatku sendiri, ketika si abang sayur tidak lewat, biasanya aku akan lebih memilih untuk tetap masak sendiri dirumah meski dengan bahan seadanya, atau paling tidak bahan-bahan tersebut mudah aku dapatkan di warung sembako dekat rumah saja.

Ada banyak bahan masakan yang sebenarnya tersedia di warung sembako dekat rumah dan bisa kita kreasikan menjadi menu masakan yang pastinya disukai oleh anggota keluarga. Namun bahan masakan ini memang seringkali tertutupi oleh anggapan masayarakat yang mengatakan kalau 'bahan makanan instan itu tidak baik bagi tubuh'. Padahal menurutku yang namanya bahan makanan,  baik itu yang instan maupun segar, selama sudah memiliki ijin edar dan teregistrasi di BPOM maka bisa dikatakan bahan tersebut amat aman untuk dikonsumsi.



Lagi-lagi aku kembalikan kepada masing-masing individu sih ya, ini kan hanya pendapatku pribadi saja. aku termasuk orang yang pro terhadap bahan makanan instan karena pastinya untuk mendapatkan nomor registrasi di BPOM itu harus melalui serangkaian tes kelayakan pangan, jadi tidak bisa sembarangan, lagipula keberadaan bahan makanan instan itu kan untuk mempermudah kita semua lalu kenapa tidak dimanfaatkan saja...? terutama dalam kondisi darurat seperti saat si babang sayur tidak lewat misalnya. 

Telur Bumbu Rendang, menu andalan dengan bahan seadanya


Memasak dengan bahan seadanya yang dapat dibeli di warung sembako dekat rumah memang bukanlah hal yang mudah namun bukan berarti sama sekali tidak mungkin. contohnya saja beberapa waktu yang lalu aku sempat membuat menu Telur bumbu rendang yang hampir semua bahannya aku dapatkan di warung sembako saja.

Barangkali ada yang mau mencontek menu andalanku saat si babang sayur tidak lewat ini, berikut bahan-bahan yang harus disiapkan,

1. Telur
2. santan instan
3. bumbu rendang instan
4. daun salam kering ( optional, karena memang aku selalu sedia ini dirumah)
5. cabe rawit ( optional, bila suka saja )
6. Masako rasa sapi 

Nah cara membuatnya pun juga terbilang mudah dan praktis, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah  sebagai berikut,

1. rebus telur lalu kupas kulitnya, sisihkan
2. tumis bumbu rendang, daun salam dan cabe rawit sampai harum
3. Masukkan santan instan dan tambahkan sedikit air
4. masukkan telur yang sudah dikupas lalu aduk perlahan sampai airnya mengering
5. terakhir, tambahkan masako rasa sapi sebagai penyedapnya.


Masako dengan Daging pilihan bikin masakan lebih lezaatt...

Praktis bukan...?! Walaupun praktis tapi soal rasa mah boleh diadu deh, karena sebagai penyedap rasanya aku pakai Masako Rasa Sapi yang membuat rasa dari daging sapinya lebih terasa. For Your Information, Masako memang terbuat dari daging asli pilihan dan bahan-bahan berkualitas lainnya serta benar-benar diproduksi sendiri sehingga menghasilkan produk yang dapat melezatkan segala masakan. 

Untuk Masako rasa Sapi yang aku gunakan dalam menu telur bumbu rendang tadi itu ternyata menggunakan bagian paha depan sapi lokal dan sapi impor dari australia (sapi brahman) karena katanya bagian tersebut merupakan bagian yang paling banyak dagingnya dan memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga rasa kaldu yang dihasilkan tidak berminyak.

Selain ekstrak daging sapi asli, Masako juga terbuat dari bumbu rempah pilihan yang diseleksi langsung di pabrik oleh para petugas terlatih. jika ada bahan yang kurang berkualitas maka akan langsung dieleminasi oleh sang petugas tadi. O iya bentuk butiran dari Masako ini membantu produknya lebih awet dan tahan lama namun tetap mudah larut dalam masakan loh.



Kerennya lagi adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang berani menampilkan proses produksi nya melalui live streaming. Masako sama sekali tidak takut rahasia nya diketahui oleh pihak lain, karena sepertinya menurut mereka konsumen memang berhak mengetahui soal proses pembuatannya. live streaming proses pembuatan Masako ini bisa diakses oleh siapa saja di www.masakolivestream.ajinomoto.co.id

By the way, kalau kalian perhatikan lagi, dalam menu telur bumbu remdang ku tadi tuh tidak ada tambahan garam sama sekali kan..?! ini bukan karena pelit atau gimana tapi karena memang Masako rasa Sapi nya saja sudah gurih jadi tidak perlu ditambah garam lagi. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan dari Masako untuk kembali mengingatkan pada masyarakat agar membatasi penggunaan garam dalam menu hariannya. 

Tak hanya itu saja, saat ini Masako sedang melakukan campaign "Ayo makan sayur" guna lebih mengedukasi para ibu-ibu Indonesia soal pentingnya mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang. Cara yang dilakukan oleh Masako ini amat elegan menurutku, yaitu dengan memberikan resep-resep makanan berbahan dasar sayur dalam setiap kemasannya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memasukan sayur kedalam menu harian kecuali dalam kondisi darurat seperti saat si babang sayur tidak lewat misalnya.




Jadi masih ragu tidak nih buat tetap masak menggunakan Masako meski si babang sayur tidak lewat...? semoga udah ga ragu lagi ya... karena kan kita tetap bisa masak enak dengan bahan seadanya saja...


58 komentar:

  1. Sayapun pakai masako ndak pakai tambahan garam lagi, soalnya sudah gurih dan rsanya juara yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ditambah garam lagi malah jadi keasinan ya kak, hehehe

      Hapus
  2. Boleh ditiru nich, saya kadang juga kepingin masak rendang tapi malas ke pasar, Bisa juga ya, membeli bumbu rendang instant dan menggunakan protein hewani lainnya terus tambah bumbu penyedap masakan masako ini. Makasih resepnya ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma pengen ada rasa rendangnya aja mah pake bumbu instan itu udah cukup sih buatku kak, jadi kan ga perlu ngaduk sampai ber jam jam gitu ya. .

      Hapus
  3. hehehe,saya juga selalu ngandalin telur (selain babang gofood)kalau ga ada bahan makanan yang bisa di masak.
    Tapi biasanya di goreng hahaha.
    Mau cobain ah, pakai amsako biar makin enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling gampang di stok sih ya kak, hehehe

      Hapus
  4. Wah pasti enak nih bikin telur bumbu rendang. Ntar mau coba bikin ah buat anak-anak, tapi telurnya mau aku ganti dengan telur puyuh. Bisa juga kan ya? Pasti anak-anak suka, apalagi kalo pake masako biar makin sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh iya bisa juga kak pakai telur puyuh, anak anak pasti suka ya

      Hapus
  5. Aku mau nyoba ah telur bumbu rendang. Kebetulan ada dua bahan itu dan jadi inspirasi buat makan nanti bersama keluarga :)

    BalasHapus
  6. Saya juga termasuk yang gak anti bumbu instan, termasuk kaldu bubuk. Pokoknya asalkan jangan berlebihan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss kak, bumbu instan buat mempermudah jadi kenapa ga dimanfaatkan ya

      Hapus
  7. Pakai Masako jadi gak bingung lagi mau massk apa tiap harinya ya Mbak, secara di tiap kemasan udah disiapin tuh resep yang bisa diolah. Tinggal beli bahannya aja, atau sesuaikan dengan apa yg ada di kulkas kita.

    Btw, ini telur bumbu rendangnya praktis banget ya Mbak.. Hmm nyamii deehh. :)

    BalasHapus
  8. Telur juga bisa jadi sedap seperti rendang daging, ya. Yang penting bumbunya. Nasi pakai bumbu rendang pun enak.

    BalasHapus
  9. Masak telor emang bisa dibikin apa aja yaaa. Dan penolong banget kalau sedang gak ada sayur, dan belum belanja juga

    BalasHapus
  10. Telor bumbu rendang ini enak banget mbak. Untuk menu di siang hari dan malam juga cocok apalagi ditambah dengan Masako rasanya semakin pas dan menyenangkan.

    BalasHapus
  11. Enak mbak kalo anaknya seneng pedes. Aku bingung kalo pas giliran masak, aku sukanya pedes tapi anak2 engga. Mau bikin rendang, ga doyan. Huhuhu. Tapi boleh juga nih kalau bikin aku kasih masako, biar rasanya ada gurih2nya ya.

    BalasHapus
  12. Aku suka kihat resep resep masakan yg ada di balik kemasan masako. Rata2 masakannya sederhana dan bahan2nya juga mudah didapatkan dan pastinya keliatan enak. Btw telur bumbu rendangnya mantab deh kayaknya mbk. Jd pgn bikiiiinnn

    BalasHapus
  13. Telur memang selalu ready stock di kulkas ya mba.. akupun demikian hehe.. kalo laper malem malem yang paling gampang ya ceplok telor.. idenya boleh juga nih bikin rendang telor gini.. besok masak rendang telor juga ah

    BalasHapus
  14. Praktis banget, pemilihan bumbu instan dipadukan dengan telur. Cukup Masako tanpa garam. Hem, lihat tampilan fotonya bikin ngiler. Palung selalu ngeluh pengen masakan berbumbu. Sayang saya tak pandai mengolah bumbu karena kerap tak pas dari segi raa. Resep Mbak layak dicoba jika sayanya lagi diburu waktu DL dan tak mau repot ulek bumbu, he he.
    Palung suka masakan bersantan, bikin grih. Dan adanya rasa sapi berkat Masako pada telur bumbu rendang pasti nambah "mendang". Mana piring, saya ngiler lihar fotonya dan pengen ikuti icip masakan Mbak, hi hi.

    BalasHapus
  15. huwa nggak kepikiran masak telur direndang Mba hahaha
    enak banget, ya Kapan-kapan aku mau nyoba masak gini juga ah
    makasih resepnya kakak

    BalasHapus
  16. Saya kok nggak pernah kepikiran bikin telur bumbu rendang ya. Harus dicoba nih, tempting banget lihatnya

    BalasHapus
  17. Ini nih kalau aku malas ke pasar, anadalnnya nunggu tukang sayur, tapi belanjanya harus sesuai apa yg ada di penjual sayur ya. Telur juga jadi andalan kalau gak punya bahan-bahan masakan di rumah, praktis banget. Telur bumbu rendang bikin makan jadi lebih nafsu

    BalasHapus
  18. Bumbu ajaibnya sama banget nih kak. Masako emang bisa bikin masakan apapun jadi enak.. aku juga suka

    BalasHapus
  19. Telur bumbu rendang ini jodohnya nasi hangat pulen, kerupuk, lalapan dan menyantapnya bareng kesayangan.
    Maknyooos kali, hihihi...

    Dijamin bikin mau lagi, lagi, lagi!

    BalasHapus
  20. Ih kok dirimu sama sih kayak aku mbak, aku juga suka hmgalau kalau babang sayur ga lewat hihi

    Akhirnya ya masak yang ada aja. Alhamdulillah aku nyetok ayam jadi tetep ga mati gaya kalau babang sayur ga lewat.

    Btw rendang telurnya praktis ya. Nah nyoba ah. Pas di rumah bumbu masaknya juga sama, Masako.

    BalasHapus
  21. Wiiyy endaangg nih rendangnya. Iya kadang2 klo pas tukang sayur ga lewat pusing ya mau masak apa.

    BalasHapus
  22. Enak bangeet mba.. aku juga suka dengan teri balado dan makan dengan nasi putih udah juara

    BalasHapus
  23. Iyaa...
    Telur inifavoritoo anak-anak.
    Sampai bingung yaa...mau diolah apalagi.

    Haturnuhun resep kerennya bersama Masako.

    BalasHapus
  24. nggak kepikiran buat bikin rendang telur.
    makasih buat inspirasinya mbak...

    BalasHapus
  25. Wah jadi keidean nih, telur bumbu rendang asyik ..jd nambah ide masakan praktis di rmh..

    BalasHapus
  26. Aku juga suka masak mba, kalo nyambel suka aku kasih penyedap rasa tanbah ajib

    BalasHapus
  27. Waini resepnya bisa jadi solusi kalo bosan makan telur yang digoreng mulu hihi. Besok aku coba ah~

    BalasHapus
  28. Simpel banget yak, pingin coba belajar masak nih.. makasih dapat menu baru yang mudah dan enak

    BalasHapus
  29. Wuih jadi laper nih bun, cepat dan praktis ya bun, jaman sekarang masak bisa cepat tersaji

    BalasHapus
  30. Nah..jadi ga perlu ke warung Padang tuk makan rendang ya..cukup masak sendiri aja deh.

    BalasHapus
  31. Pas banget nih resep. Gw suka banget telur. Tapi telur bumbu rendang? OMG baru gw tau. Nanti langsung gw aplikasi ini dah di rumah. Tapi yg masak ibu hahaha

    BalasHapus
  32. Rendang merupakan menu makanan yang aku suka tapi ga pandai buatnya. Kakak bagi resepnya terkesan simple. Bolehlah di catat dan di keep

    BalasHapus
  33. Hahah bener banget mba.. pesen gampang. Tapi ongkir nya itu jd bikin tambah mahal. Lebih hemat kalau masak sendiri. Btw kaya nya enak banget tuh telur bumbu nya masako.

    BalasHapus
  34. Aku belum jadi ibu rumah tangga sih. Tapi senang aja liat kompor dan bahan makanan walaupun masak juga gak pintar ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  35. Wah pasti rasanya lezat banget, dan belum pernah nih masak telur di rendang, biasanya daging atau ayam aja. Dan aku juga sama selalu pakai masako, lebih terasa gurihnya dan terasa dagingnya.

    BalasHapus
  36. telur cant never go wrong si emang , karna menunrutku dia di apain aja bisa enak, apalagi kalo udah di bumbuin hmmm

    BalasHapus
  37. Pasti lezat banget itu๐Ÿ˜ kayanya udah ga ragu lagi deh pake masako. Jadi Pngn nyobain masak telur bumbu rendang jugaa๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  38. selama ada masako semuanya bakalan lebih mudah emang yaa, hihihi, aku juga selalu sedia masako dirumah nih, soalnya bikin gampang banget kalo masak hehehe

    BalasHapus
  39. Aduh enak banget kak, bisa nambah nih kalo makan, aku mau coba bikin dirumah aah..

    BalasHapus
  40. Aku merasa bahagia banget nih, nemuin artikel resep masakan. Even banyak di google sebenarnya, tapi karena ini resep masakan dari mba, orang yang aku kenal meski belum ketemu rasanya beda ajah, lebih membahagiakan. Btw thanks banget udah bagi resepnya ya mba, karena aku suka banget masak jadi terbantu dengan resep ini ๐Ÿ˜ฌ

    BalasHapus
  41. masako tu berguna banget untuk semuanya ya. btw makasi mba buat resepnyaa. berguna bangettt

    BalasHapus
  42. Waaah aku ga pernah masak pake Masako karena ibuku sendiri gak suka sama rasa masakan yang ada masakonya, tapi aku paling doyan makan telur gulung tambah Masako hihi

    BalasHapus
  43. Wah resepnya simpel dan menggugah selera banget mbak telur bumbu rendang juga alternatif mau makan enak tapi murah yah ,apalagi masaknya pake masako jadi tamba lezat rasanya๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  44. kalau sayur bening dikasih masako enak juga kali ya? soalnya anakku gak suka makan sayur nih

    BalasHapus
  45. Praktis ya mba. Memang perlu kreatif kalau abang sayur ngga lewat. Manfaat kan stok bahan pangan dirumah. Yg penting ada Masako ya mba, sebagai penunjang sedapnya makanan

    BalasHapus
  46. Wah resepnya boleh dicontek ya mb, aku kadang diprotes karena masak menu gitu-gitu aja. kalau telor keseringan di dadar aja

    BalasHapus
  47. aku suka banget nih, telur bumbu rendang, enak banget. ini menu andalan biar bisa makan rendang tapi hemat hehe.., emang enak banget. jadi laper

    BalasHapus
  48. Iih pasti enak tuu , jngn terlalu pedes anak-anak pasti suka hhh mkn siang nii

    BalasHapus
  49. Masako ini membuat masakan semakin nikmat ya. Lezat banget nih telur balado bisa buat siap-siap sahur di bulan puasa nanti

    BalasHapus
  50. Wajib nyobain ini menunya, mudah2an bisa terealisasi dalam waktu dekat ini hihi

    BalasHapus
  51. Wow, ku baru tahu ada telur bumbu rendang ini mba hihihi... Biasanya yang ku tahu rendang ya pasti daging aja hehehe...

    BalasHapus
  52. Aku belum pernah masak rendang telur. Lebih sering telur bumbu balado, sih. Soalnya anak-anak dan suamiku suka banget telur bumbu balado

    BalasHapus