23/05/19

Berbuka dengan yang manis boleh, asal...




Berdasarkan sebuah hadist yang seolah telah mendarah daging dalam diriku, kita semua dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis. Adanya anjuran ini jelas bukan tanpa alasan pastinya, bisa dibilang tubuh memang membutuhkan asupan instan yang diperoleh dari makanan/minuman manis tersebut untuk sesegera mungkin mengembalikan energi yang sempat terkuras selama menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam.  

Gula sebagai bahan utama dari makanan/minuman manis itu memang merupakan sumber karbohidrat sederhana yang akan diolah menjadi glokosa dalam darah. Nah, Glukosa inilah yang kemudian akan menjadi sumber energi dan makanan bagi sel-sel tubuh manusia terutama sel otak. Oleh karena itu berbuka dengan makanan/minuman yang manis akan membantu kita mendapatkan energi secara instan.


Dua sisi mata uang berbuka dengan yang manis


Sayangnya, berdasarkan hasil rangkumanku dari beberapa seminar kesehatan yang aku ikuti,  konsumsi gula yang berlebih juga akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Konsumsi gula berlebih bisa mengakibatkan insulin tidak berfungsi dengan baik. Fungsi insulin ini adalah memetabolisme gula menjadi energi, jadi saat insulin kurang berfungsi dengan baik maka akan terjadi peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) yang berisiko terjadinya kegemukan dan diabetes melitus.

Bagai dua sisi mata uang, mungkin itulah ungkapan yang tepat disematkan saat kita akan mengkonsumsi makanan/minuman manis tersebut. Namun hal ini sama sekali tidak boleh dijadikan alasan untuk kita menyalahi sunnah Rasulullah SAW, karena sebenarnya kita bisa memilih asupan berbuka puasa yang tidak hanya manis tapi juga diimbangi dengan nutrisi lainnya, seperti susu misalnya.

Alternatif buka puasa yang tak hanya manis tapi juga menyehatkan




Menurut dr. Rizal Alaydrus, MSc, seorang ahli gizi yang didaulat sebagai narasumber dalam acara Buka bersama Kin Fresh Milk beberapa waktu yang lalu, setelah seharian berpuasa dan perut dalam keadaan kosong, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti susu. Dan kabar baiknya adalah mengkonsumsi susu dalam kondisi perut kosong itu sangat baik sebab penyerapan gizi nya bisa lebih maksimal. Namun, lagi-lagi kita kembali dihadapkan pada dilema, karena tidak semua orang bisa minum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong, dan disinilah kejelian kita dalam memilih susu yang sesuai benar-benar harus diuji.

Hal utama yang setidaknya harus diperhatikan saat memilih susu sapi yang sesuai adalah kandungan protein yang terdapat didalam susu tersebut. For your information, perkembangan teknologi mutasi genetik pada sapi yang kian berkembang akhirnya membuat kandungan protein didalamnya pun ikut berpengaruh.



Kalau dulu kita hanya mengenal kandungan protein A2 saja, saat ini banyak juga ditemukan kandungan protein A1 yang memicu gejala ketidaknyamanan pada perut saat mengkonsumsi nya, seperti mual dan kembung. Tak tanggung tanggung rasio keberadaan protein A1 dan Protein A2 yang ada pada sapi biasa adalah 40% : 60%, jadi bisa dikatakan hal yang lumrah jika ada gejala ketidaknyamanan saat mengkonsumsi susu sapi biasa.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa jika ingin lebih nyaman saat mengkonsumsi susu tentu akan lebih baik jika kita memilih susu sapi segar yang hanya mengandung protein A2 saja. Protein A2 terbukti lebih mudah dicerna sehingga lebih nyaman di perut, karena kandungan protein ini sama dengan yang terdapat dalam ASI.  


KIN Fresh Milk, #maKINnyamansaatramadan




Alhamdulillah, saat ini kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari susu segar yang hanya mengandung protein A2 saja, karena sudah ada KIN Fresh Milk. KIN Fresh Milk ini merupakan produk yang terbuat dari 100% susu segar sapi A2, alami tanpa adayang ditambahkan atau dikurangi kandungannya. Sapi nya pun telah diseleksi khusus melalui tes DNA sehingga terjamin kandungannya. Karena hanya mengandung protein A2 saja, KIN Fresh Milk ini terbukti lebih nyaman diminum dibandingkan susu lainnya.

Bahkan berdasarkan hasil survey pada 799 member Home Tester Club Indonesia, 9 dari 10 orang setuju KIN lebih baik dari susu lainnya karena terbukti nyaman di perut, tidak menyebabkan rasa eneg, mual dan kembung. Menariknya lagi, KIN Fresh Milk ini hadir dengan tiga pilihan rasa yang memang jai favorit banyak orang , yaitu Full Cream, Chocolate, dan Coffe.



O iya dalam rangka berbagi kebaikan susu sapi A2 ini, PT ABC Kogen Dairy sempat mengadakan acara Buka Bersama KIN yang merupakan acara pembuka dari roadshow #MaKINnyamansaatramadan dengan KIN Fresh Milk. Nantinya Roadshow ini akan dilakukan di Jakarta dan Bandung selama bulan ramadan. acara ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk sosialisasi dari manfaat dan kebaikan susu sapi A2.

Menariknya lagi, pada kesempatan roashow ini, KIN Fresh Milk juga mengajak masyarakat berbagi dengan cara berbuka puasa dengan KIN Fresh Milk dan turut berpartisipasi mendonasikan Rp 1000 melalui rumah-yatim.org untuk setiap botol yang dikembalikan.



Buat kalian yang ingin tau lebih jauh soal KIN Fresh Milk ini bisa langsung kepoin website resmi serta akun media sosialnya berikut ini,

Website : www.kindairy.com
Instagram : @kindairyid
Facebook : Kindairy ID

Berbuka dengan KIN Fresh Milk membuat buka puasa kita jadi lebih nyaman kan... Jadi ga perlu khawatir lagi buat menjalankan sunnahnya berbuka dengan yang manis karena ada KIN Fresh Milk yang tidak hanya manis tapi juga kaya akan kandungan nutrisinya. Aku sudah buka puasa dengan KIN Fresh Milk dong, kamu bagaimana teman....?. 

0 komentar:

Posting Komentar