07/06/19

Ingin si kecil dapat tumbuh kembang dengan bahagia secara optimal...? Cek dulu keenam tips ini...



Dulu saat baru memiliki satu anak, aku sempat berpikir kalau merawat anak agar dapat tumbuh kembang lebih optimal itu hanya membutuhkan asupan nutrisi yang baik saja. Pendapat ini jelas tidak sepenuhnya salah namun juga tidak berarti paling benar. Karena ternyata selain asupan nutrisi yang baik, tumbuh kembang anak juga ditentukan oleh beberapa faktor lainnya loh... Hal inilah yang berhasil aku simpulkan dari pembahasan bersama para ahli di acara buka bersama Nestlè LACTOGROW beberapa waktu yang lalu.

 Jika hanya ingin anak kita tumbuh saja, mungkin asupan nutrisi terbaik adalah jawabannya, namun aku sih yakin dan percaya kalau semua orang tua di dunia ini, termasuk aku sendiri jelas menginginkan yang terbaik bagi anaknya dan tidak akan hanya terpaku pada soal tumbuh dewasa saja. Kenapa...? karena jika hanya sekedar tumbuh saja tidak cukup untuk menjamin masa depannya kelak.



Grow Happy from the inside


Kak Pramudita Sarastri, selaku perwakilan dari Nestlè LACTOGROW dalam acara tersebut pun sempat mengungkapkan agar dapat tumbuh kembang secara optimal maka si kecil perlu didukung dengan asupan nutrisi seimbang dan pola asuh yang baik. Pola asuh yang baik ini nantinya akan memiliki kaitan erat dengan kebahagiaan anak kita selama masa tumbuh kembangnya atau biasa disebut Grow Happy.

Kurang lebih sama dengan orang dewasa yang harus mengontrol tingkat stress nya agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ternyata si kecil pun juga sama, hanya saja tingkat stress nya yang tidak begitu besar jadi hanya seputar bahagia dan tidak bahagia saja. Meski terkesan simpel namun kebahagiaan saat masih kecil ini nantinya akan amat berperan dalam membentuk karakter si kecil saat dewasa jadi tidak bisa kita sepelekan begitu saja.



Setidaknya ada beberapa pengaruh positif dari kebahagiaan di masa kecil yang bisa dirasakan langsung oleh buah hati kita, diantaranya adalah proses mempelajari alam sekitarnya yang jai lebih mudah, meningkatkan kepercayaan dirinya, hingga secara perlahan akan membentuk karakter si kecil. Mengingat begitu banyak peran dari Grow Happy bagi si kecil maka ini jelas membutuhkan perhatian khusus kita sebagai orang tua.

Tips agar sikecil dapat tumbuh dengan bahagia


Setidaknya ada beberapa tips agar si kecil dapat tumbuh dengan bahagia yang berhasil aku rangkum dari pembahasan para narasumber kece di acara bertajuk Grow Happy Parenting : Happy from the inside out tersebut, berikut diantaranya,

Memberikan makanan bergizi seimbang

Nutrisi yang dimaksud disini tidak terlalu muluk-muluk kok, cukup sesuai dengan anjuran pemerintah saat ini saja, yakni gizi seimbang yang digambarkan dengan piramida makanan. O iya untuk menambah asupan nutrisi nya kita disarankan untuk menambah susu pertumbuhan yang sesuai dengan usia si kecil dalam menu hariannya.



Dalam pemenuhan gizi si kecil ini, Dr. dr. Ray  wagiu Basrowi pun sempat memberikan sedikit tips kerennya yaitu dengan cara memastikan kesehatan saluran cerna si kecil. Alasannya adalah karena tidak  akan ada artinya asupan nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil jika si saluran cerna nya dalam kondisi yang tidak fit.  Dengan saluran pencernaan yang sehat, anak pun akan memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Nah cara terbaik untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil adalah dengan pemberian probiotik dan kabar baiknya adalah di dalam Nestle Lactogrow sudah ada kandungan probiotik Lactobacillus reuteri yang telah teruji secara klinis dapat membantu penyerapan asupan nutrisi dengan lebih baik dan secara tidak langsung juga mengatur suasana hati menjai lebih baik sehingga anak akan lebih mudah untuk Grow Happy.




Mendampingi anak saat bermain.

Sesibuk apapun kegiatan rutinitas harian kita, coba luangkan deh sedikit waktu untuk sekedar mendampingi si kecil bermain. Noted ya, benar-benar mendampingi si kecil bermain itu artinya kita sebagai orang tua ikut terlibat langsung dalam permainan tersebut, jadi bukan hanya sekedar duduk diam di samping si kecil yang sedang bermain ya...

Mengekspresikan emosi positif

Percaya atau tidak, si kecil berapapun usianya mampu menangkap emosi positif kita dengan amat baik. Oleh karena itu amat dianjurkan agar kita benar-benar hanya memperlihatkan emosi positif saja pada si kecil. Ingat selalu bahwa mereka adalah peniru ulung yang wajib kita waspadai. Jika kita sering memperlihatkan emosi negatif pada mereka maka bukan tidak mungkin mereka akan dengan cepat mempelajari emosi tersebut dan perlahan membentuk karakter negatif dari emosi tersebut, begitu pun sebaliknya.



Memastikan anak tidur dengan cukup.

Sama seperti orang dewasa, kurang istirahat juga akan amat mempengaruhi emosi si kecil, dan akan berdampak pada aktivitas belajar nya. Jai sebisa mungkin jangan sampai waktu tidur anak ini terganggu ya moms...

Memberikan cinta tanpa syarat pada anak

Untuk yang satu ini sih aku rasa tidak perlu terlalu banyak penjabaran karena aku yakin naluri kita sebagai orang tua itu akan membantu kita secara otomatis memberikan cinta tanpa syarat pada buah hati kita.

Menjadi pendengar yang baik dan antusias bagi anak.

Cobalah untuk memahami dunia mereka yang mungkin akan terasa terlalu simpel untuk kita. Tapi percayalah, dengan memposisikan diri kita sebagai pendengar yang baik dan antusias maka sama artinya kita sedang mendukung anak kita untuk dapat tumbuh dengan bahagia atau Grow Happy. Ya, biar bagaimanapun si kecil juga punya perasaan ingin dimengerti juga sama seperti kita.

Kurang lebih itulah keenam tips yang berhasil aku rangkum, insya Allah jika bisa menerapkan keenam tips tersebut anak kita dapat tumbuh dengan bahagia secara optimal. Namun yang tetap harus menjadi catatan adalah tips-tips tersebut bukan tips baku ya karena tidak ada yang baku dalam dunia parenting, semua kembali lagi pada masing-masing keluarga.



* WHO merekomendasikan pemberian ASI Ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lanjutkan selama mungkin. Susu pertumbuhan diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak diatas usia 1 tahun dan tidak diberikan untuk bayi. Baca label sebelum membeli  . 



23 komentar:

  1. Bagus banget keenam tips di atas, semoga kita bisa selalu mengingat kebutuhan anak agar pertumbuhannya bisa optimal ya bunda:)

    BalasHapus
  2. Keenam tips nya bagus ya mba.. TFS. InsyaAllah bermanfaat bagi pembaca blog ini, apalagi yg punya Balita..

    BalasHapus
  3. Sama seperti orang dewasa. Bisa tumbuh dan berkembang optimal kalau bisa menempatkan suasana hati dengan baik.

    BalasHapus
  4. Menemani anak bermain ini yang jujur saya sedikit lakukan. Padahal ternyata itu salah satu anak supaya bahagia juga ya. Keenam tipsnya itu mulai sekarang akan saya perhatikan ah. Saya ingin anak saya selalu bahagia juga.

    BalasHapus
  5. Noted nih tipsnya Mbak, makasih ya.
    Bener tu klo anak kurang tidur emosinya jadi gak karuan juga. Sama aja kayak orang dewasa yah. Anakku gitu, makanya ya gak heran dulu ortu slalu disiplin, tidur siang itu wajib. Udah kerasa jg nih sekarang.

    BalasHapus
  6. Berisik dan jangan ganggu . Itulah biasanya kalau kita sedang asik main handphone.

    Duduk dan dengarkan cerita anak tentang apa yang di kerjakan hari ini akan membantu mengembangkan potensi diri

    BalasHapus
  7. Selain asupan gizi dan makanan terbaik, pendampingan yang penuh kasih sayang dan pembelajaran akan sangat membantu yaaa mba

    BalasHapus
  8. Asyik nih acaranya ga jd selalu diingatkan utk menjadi ortu yg bahagi agar menyebar ke keluarga kebahagiaannya..

    BalasHapus
  9. Neeeeng, makin gemesin deh lihat pipimu itu. Kalau punya ibu seperti Natara mah asyik, anak jadi tumbuh bahagia karena mendapat gizi dan perhatian yang cukup.

    BalasHapus
  10. terima kasih audah diingatkan untuk selalu memperhatikan kebutuhan anak agar sehat dan bahagia. Nice tips!

    BalasHapus
  11. Anak butuh dihargai,dan salah satunya dengan didengar saat bertanya atau bercerita. Seperti juga kita yang udah dewasa pasti ingin didengar

    BalasHapus
  12. Seni mendengar dengan baik ini mesti diasah bener-bener.
    Kadang kalau anak uda lebih dari satu, mereka berebutan pengin cerita semua.
    Hwaaa~
    Mamak bingung...

    BalasHapus
  13. Setuju sama beberapa hal diatas terutama memberikan cinta kepada anak tanpa syarat. Saat ini aku lagi mencoba menjadi pendengar yang baik untuk anak, jadi sesibuk apapun aku harus tetep yes tiap malam kita pillow talk gitu.

    BalasHapus
  14. Anak yang memiliki masa kecil bahagia itu memiliki banyak manfaat ya untuk masa depan mereka, maka itu aku senantiasa membuat anak anak bahagia.. tapi memang harus membahagiaan diri sendri dulu.. anak yang bahagia juga berasal dari ibu yang bahagia..semangat!

    BalasHapus
  15. Tipsnya oke banget kakak.
    Memang ya yang namanya anak itu gak cuma butuh dikasi nutrisi buat fisiknya aja tapi jg penting dikasi nutrisi berupa perhatian dan kasih sayang ortunya khususnya ibunya

    BalasHapus
  16. Tips-nya mantul, sayang bunda udah gak punya balita, hehe... Thanks for sharing.

    BalasHapus
  17. halo mba, ketemu lagi xD aku juga dateng ke event ini tapi sepertinya beda meja ^^ daging semua ya materinya, mantab! aku jadi melek ternyata penting banget kesehatan pencernaan dan pentingnya anak tumbuh bahagia.. mampir ke blog aku ya mba xD

    BalasHapus
  18. Menjadi seorang ibu sepetinya menyenangkan yah kak. Alhamdulillah baca artikel ini jadi bertambah lagi wawasan saya sebagai calon ibu. Oiya untuk Lactogrow itu bisa dikonsumsi anak mulai usia brp kak?

    BalasHapus
  19. Susu anakku nih sampe usianya 5 tahun 😊

    Selain nutrisi yang cukup, perhatian yang cukup dari orang tua juga penting banget untuk tumbuh kembang anak yaa 😊

    BalasHapus
  20. Seru yah acaranya. Nestle kalo bikin kegiatan selain seru juga informatif. Jadi tahu nih gimana caranya handle anak yang rungsing 😘

    BalasHapus
  21. seru bgt ya acaranya.. informasinya lengkap bgt dari segi kesehatan dan psikologinya

    BalasHapus
  22. Wah seru ya eventnya. Gak cm pol asuh yg harus kita perhatiin ya tp jg nutrisi yg masuk krn pengruh sm perasaan anak biar bahagia

    BalasHapus
  23. Tips yang menarik dari event yang oke..

    BalasHapus