16/09/19

Wajah Baru Laman Setkab.go.id...? Yes or No...?




Bagai dua sisi mata uang, mungkin begitulah istilah yang tepat untuk disematkan pada kemajuan dunia digital saat ini. Di satu sisi kita bisa menemukan berbagai informasi dengan cepat, namun di sisi lain kita pun dapat dengan mudah terjebak dalam berita hoax atau info yang tidak benar  jika salah memilih sumber.

Oleh karena itu biasanya aku mengandalkan situs-situs yang dikelola langsung oleh badan atau lembaga resmi milik pemerintah karena lebih dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sayangnya, tidak semua masyarakat tertarik untuk mencari info dari sumber resmi tersebut. Alasannya tak lain adalah karena kebanyakan dari situs resmi, terlebih yang dikelola oleh pemerintah, memang memiliki kesan kaku, ‘berat’ dan tidak menarik.

Jujur, aku mengakui kalau hal ini memang benar adanya, bahkan di beberapa situs yang sempat aku kunjungi, ada yang menggunakan bahasa pemerintahan lengkap dengan istilah-istilah yang bagi orang awam sepertiku ini agak sulit dimengerti. Padahal, aku yakin tujuan utama dari pembuatan situs tersebut bukanlah untuk lembaga itu saja, tapi memang sengaja dibangun untuk menyampaikan informasi terkait lembaga tersebut pada masyarakat luas. Namun apa jadinya jika masyarakat sebagai ‘segmen pasar’ nya malah enggan berkunjung ke sana hanya karena tampilan serta penggunaan bahasanya yang kaku. Tentu akan amat disayangkan bukan…?



Nah, berbekal latar belakang masalah ini, akhirnya Sekretariat kabinet sebagai instansi pemerintah di lingkungan kepresidenan, berinisiatif untuk melakukan pembenahan di laman setkab.go.id. Pembenahan ini sengaja dilakukan demi memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara yang pastinya menarik.

Sekretariat Kabinet atau yang akrab disebut Setkab ini, berharap dengan adanya pembaruan lama Setkab.go.id tersebut, masyarakat dapat merasa nyaman saat browsing dan mencari informasi terkait kinerja kabinet, tanpa harus dipusingi dengan tampilan web yang kaku dan monoton.

Tak tanggung-tanggung, Sekretariat kabinet sengaja menggandeng Bank Mandiri, salah satu BUMN, untuk menggarap proyek pembenahan laman setkab.go.id ini agar perubahan wajah yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik. Laman baru setkab.go.id ini resmi diluncurkan pada Rabu, 11 September 2019 lalu, di Aula Serbaguna Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta serta dihadiri langsung oleh para petinggi dari Setkab dan Bank Mandiri. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan  kesepakatan kerja sama antara Sekretariat Kabinet dan Bank Mandiri.
  


Menariknya tema dari laman baru setkab.go.id ini adalah milenial berwibawa. Dipilihnya tema ini karena memang Setkab ingin menyasar segmen  kaum milenial yang bisa dikatakan sebagai pengguna tertinggi dari jaringan internet di Indonesia. Jadi, jangan heran kalau tampilan laman setkab.go.id ini akan terlihat lebih dinamis ala kaum milenial namun tetap terlihat elegan dan berwibawa.

Aku sendiri sudah berkunjung langsung ke laman baru dari Setkab tersebut, dan kesan pertama yang aku tangkap adalah eye catching banget. Tetap mengusung tema kenegaraan dengan dominasi warna merah putihnya lengkap dengan logo Garuda sebagai lambang Negara Indonesia, namun jauh dari kesan kaku seperti kebanyakan situs dari lembaga resmi lainnya. Satu hal yang paling aku suka dari laman baru Setkab.go.id ini adalah fiturnya yang informatif dan lengkap namun tidak bertele-tele.


  
Dengan adanya pembaruan laman setkab.go.id ini diharapkan kelak masyarakat, terutama para kaum milenial, dapat mencari informasi yang akurat, jauh dari hoax, dengan cara yang tidak membosankan lagi. Melihat tampilan laman baru Setkab ini, aku sih optimis laman ini akan digemari oleh milenial Indonesia.

Nah pe-er nya sekarang adalah laman setkab.go.id ini harus lebih gencar lagi disosialisasikan pada masyarakat. Tentu akan amat disayangkan jika tampilan laman yang sudah sekece ini tidak diketahui oleh masyarakat luas bukan…? So, buat kalian pembaca blog ini, yuk sebarkan informasi terkait pembenahan yang dilakukan Setkab di laman websitenya, supaya banyak masyarakat di luar sana yang terhindar dari berita hoax.  


1 komentar:

  1. Secara pintas mirip dengan model blogku ya, hanya warnanya saja beda.

    BalasHapus