29/08/20

Bango Pangan Lestari, Kolaborasi Keren Bango, SayurBox, dan TaniHub

 


Satu lagi pelajaran berharga yang kudapat dari pandemi adalah bagaimana caranya mengatur ketahanan pangan keluarga tanpa harus banyak kontak dengan masyarakat di luar sana. Ini merupakan tantangan tersendiri bagiku karena harus mempercayakan belanja kebutuhan rumah pada e-commerce tanpa melihat kualitas nya secara langsung. Jelas tidak mudah, tapi harus diakui cara ini merupakan cara yang aman untuk semua.

 

Sayangnya, tidak semua e-commerce yang menjual berbagai kebutuhan pangan itu mengambil produknya secara langsung pada petani. Kebanyakan dari sayur dan buah yang dijual secara online telah melalui beberapa ‘tangan’ sebelum sampai ke customer sepertiku. Buatku sebagai customer tentu tidak terlalu masalah. Nah yang merasakan dampak secara langsung adalah para petani. Harga jual yang diterima oleh para petani menurun drastis, otomatis kesejahteraan mereka pun ikut terancam.


Tak hanya itu saja, lahan pertanian yang semakin sempit serta kurangnya minat generasi milenial pada bidang pertanian membuat ketahanan pangan nasional pun menjadi sedikit goyah. Harus ada langkah nyata yang dilakukan secara bersama guna mengatasi masalah ini. Melihat permasalahan yang begitu kompleks tersebut, Bango produksi PT Unilever Indonesia tbk, meluncurkan program Bango Pangan Lestari.

 



Peluncuran program Bango Pangan Lestari ini dilakukan melalui zoom meeting beberapa waktu yang lalu. Kebetulan aku sendiri berkesempatan langsung untuk ikut serta dalam zoom meeting tersebut, jadi sedikit paham soal program keren ini.

 

Bango Pangan Lestari, Kolaborasi keren Bango dengan SayurBox dan Tanihub

 

Bango Pangan Lestari merupakan program kolaborasi Bango, SayurBox & Tanihub  yang bertujuan untuk mengajak masyarakat bersama-sama melindungi kesejahteraan petani dengan membeli bahan pangan langsung dari petani. Secara garis besar, program ini menggaris bawahi tiga pilar penting, yaitu pengembangan sistem pertanian yang berkelanjutan, perlindungan kesejahteraan petani dan keluarganya, serta penggalakan regenerasi petani.

 




Bango sendiri sebenarnya sudah melakukan tiga pilar tersebut melalui budidaya kedelai hitam malika yang menjadi bahan baku utama dari produksi kecap Bango. Awalnya budidaya Malika itu ditujukan untuk mencukupi kebutuhan bahan baku namun seiiring berjalannya waktu, para petani kedelai hitam Malika dibawah naungan Bango sudah seperti keluarga besar saja, ada pelatihan khusus serta program kesejahteraan petani.

 

Dari program yang dilakukan Bango tersebut, regenerasi petani kedelai hitam malika pun bisa tetap terjaga karena para generasi penerusnya melihat ada ‘cahaya terang’ menjadi petani kedelai hitam malika. Nah untuk memperluas programnya, Bango pun membuat program Bango Pangan Lestari, agar tak hanya petani kedelai hitam malika saja yang bisa sejahtera tapi juga petani-petani lainnya.

 




Sebagai masyarakat, kita juga bisa ikut membantu menyukseskan program Bango Pangan Lestari ini. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengakses https://www.bango.co.id/bangopanganlestari saja. Pada website tersebut kita akan diarahkan untuk membeli sayur dan buah di SayurBox dan Tanihub secara online.

 

Bisa dibilang website ini merupakan penghubung bagi masyarakat yang ingin menunjukan dukungannya tehadap jerih payah petani dan berkontribusi langsung untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mereka. Sayur dan buah yang dijual di SayurBox dan Tanihub tersebut merupakan hasil panen langsung dari petani.

 




Kedepannya, juga akan ada perluasan jaringan mitra petani yang melakukan transaksi dengan TaniHub maupun yang dibantu pendanaannya melalui TaniFund. Dengan begitu akan ada lebih banyak para petani di Indonesia yang terbantu kesejahteraannya. Tak hanya itu saja, TaniHub dan Bango juga akan melakukan berbagai pelatihan pada lebih dari 500 petani, mulai dari cara pembuatan pupuk organic cair, hingga pelatihan analisis usaha tani guna meningkatkan kapasitas petani Indonesia dalam menerapkan sistem pertanian yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Tidak ada yang dirugikan sama sekali dalam program ini. Kesegaran sayur yang kita terima bisa terjaga dengan baik karena didistribusikan langsung dari petani, para petani pun lebih sejahtera pastinya. So, yuk cepetan belanja kebutuhan sayur dan buah melalui Bango Pangan Lestari, karena ketahanan pangan Indonesia harus kita jaga bersama.

 

0 komentar:

Posting Komentar