15/08/20

Langkah Nyata Merdekakan Senyum Para Pejuang Sampah Ala Pepsodent


Jujur, saat ini aku sedang dalam posisi menguatkan diri sendiri untuk bisa tetap tersenyum dalam keadaan apapun. Pandemi ini memang begitu berdampak pada keluarga kami, dan ini cukup membuatku sedikit khawatir. Ada kalanya aku down, tapi tak jarang pula aku kembali bersemangat ketika melihat anak-anak yang tetap ceria. Ya, aku harus tetap semangat demi mereka.

 

Meski keadaan semakin sulit tapi ada banyak hal lain yang bisa menjadi alasanku untuk tetap tersenyum. Paling tidak, saat ini keluarga kami tak kekurangan sandang, pangan, papan, dan Alhamdulillah tetap sehat lahir dan batin. Suatu hal yang harus kami syukuri bersama. Tak terbayang rasanya bagaimana kondisi mereka yang tetap harus berjuang di masa tak menentu ini, seperti para Pejuang Sampah, pemulung, misalnya.



 

Saat kita semua berusaha sebaik mungkin untuk tetap ‘bersih’ agar bisa terhindar dari paparan virus itu, mereka justru harus tetap berjuang di kubangan sampah untuk bisa tetap bertahan hidup. Sebagian dari kita mungkin ada yang berpendapat kalau itu adalah resiko pekerjaan mereka, namun faktanya pekerjaan yang mereka lakukan itu tak hanya sekedar menjadi ladang penghasilan mereka saja, tapi juga bentuk upaya membuat bumi kita ikut tersenyum. Kenapa begitu ? Bayangkan jika para pemulung di seluruh dunia tidak melakukan tugasnya, maka bisa dipastikan bumi ini akan menjadi lautan sampah dalam waktu yang terbilang singkat.


Setiap senyuman begitu berarti, baik itu senyumanku, kamu, maupun mereka, para pemulung di luar sana. Alhamdulillah untuk kesekian kalinya Pepsodent kembali membuat program keren, kali ini programnya adalah #MerdekakanSenyum para #PejuangSampah dengan me-launching Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih pada saat Zoom Meeting beberapa waktu lalu.




Sesuai dengan tema yang diusungnya, Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini memang bertujuan untuk mengajak kita semua bersinergi dalam merdekakan senyum keluarga Indonesia, termasuk mereka yang mengalami dampak dari pandemic ini dan tetap harus berjuang menghadapi resiko besar di luar sana, seperti para pemulung dan keluarganya. Ada beberapa keistimewaan yang ada pada Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini, diantaranya sebagai berikut,

 

100% bisa di daur ulang

 

Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini sengaja didesain dengan menggunakan teknologi PBL (Plastic Barier Laminate)  agar bisa didaur ulang 100%. Artinya, semua bagian dari kemasan Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini, baik karton maupun tubenya, benar-benar ramah lingkungan dan memudahkan pekerjaan para pemulung. Jadi, selain bisa memerdekakan senyuman keluarga  Indonesia, secara tidak langsung Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini juga membuat bumi kita jadi ikut tersenyum.



 

Desain kemasannya yang unik

 

Dominasi warna merah putih yang ada di kemasan karton Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini tampil selaras dengan gambar pahlawan senyum dari seluruh Indonesia yang ada di belakang kemasannya. Gambar ketujuh pahlawan senyum tersebut seolah mengajakan kita akan persatuan Indonesia yang harus tetap terjaga.  

 

Pasta Gigi nya unik

 

Tak seperti Pepsodent varian lain, Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini memiliki pasta gigi berawarna merah putih. Kandungannya pun tak kalah kece, ada kalsium, fluoride, dan zinc yang bisa bantu kita melawan gigi berlubang.

 

Donasi untuk senyum para pejuang sampah

 

Ini bisa dibilang program utama dari Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih, jadi setiap 2,5 % dari keuntungan penjualan Pepsodent Edisi Khusus Merah Putih ini akan didonasikan untuk kesehatan dan kesejahteraan para pemulung di Indonesia. Pepsodent sengaja menggandeng Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) untuk menyalurkan hasil donasi tersebut agar bisa lebih tepat sasaran.  


Tak hanya melalui pembelian produk itu saja, kita juga bisa mendonasikan secara langsung melalui kanal Kita Bisa yang dibuka oleh Pepsodent. Donasi yang kita sampaikan melalui Kita Bisa itu nantinya akan dilipatgandakan oleh Pepsodent. Misal kita mendonasikan sebesar 100.000 maka pepsodent akan menyalurkannya sebesar 200.000 untuk kesehatan dan kesejahteraan para pemulung.

 


Hasil donasi yang terkumpul, baik itu dari keuntungan penjualan maupun melalui kanal donasi di Kita Bisa akan didonasikan berupa paket kesehatan dan kebersihan yang terdiri dari alat perlindungan diri seperti masker kain, sepatu boots, Hand Sanitizer dan tentunya rangkaian produk perawatan gigi dari Pepsodent.

 

Tak hanya itu saja, Pepsodent juga akan mengadakan pemeriksaan gigi gratis serta penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut di daerah tempat tinggal para pemulung tersebut. Selain itu yang tak kalah keren, Pepsodent pun menyediakan mesin press sampah yang akan memudahkan pekerjaan para pejuang sampah tersebut.

 



Dari program yang diusung oleh Pepsodent ini aku jadi terinspirasi untuk lebih bijak berplastik. Salah satu yang sedang aku biasakan adalah menggunakan kantong belanja yang bisa dipakai berulang kali. Memang bukan langkah besar seperti yang dilakukan Pepsodent, tapi aku percaya sekecil apapun langkah yang kita ambil untuk membuat bumi ini dan masyarakatnya tersenyum tetap memiliki arti besar. Yuk kita sama-sama merdekakan senyum untuk semua, untuk ku, kamu, dan mereka.

 

0 komentar:

Posting Komentar