27/08/21

5 Tips Sukses Mengelola Online Shop di Masa Pandemi

 

rekening bank untuk online shop

Pandemi ini berhasil mengajarkan banyak hal pada kita semua. Tak sekedar pelajaran berharga tentang bagaimana mensyukuri apa yang kita miliki, namun juga pelajaran untuk berpikir kreatif agar bisa tetap bertahan di masa sulit ini. Sudah bukan saatnya lagi hanya duduk termenung sembari meratapi nasib, harus ada hal yang kita lakukan untuk bisa kembali bangkit.

Salah satu usaha yang paling relevan untuk menambah pemasukan di masa pandemi adalah dengan membuka online shop. Online shop yang sebagian besar kegiatannya dilakukan secara daring ini jelas cocok untuk dikembangkan di masa pandemi karena sejalan dengan protokol kesehatan. Jadi jangan heran jika akhirnya online shop menjadi bisnis yang cukup dilirik di masa pandemi ini.

Sayangnya, yang memiliki pemikiran seperti ini bukan hanya kita saja loh, ada ribuan bahkan mungkin jutaan orang di luar sana yang juga berpikiran sama. Oleh karena itu, harus ada ‘formula’ khusus yang kita lakukan jika ingin sukses mengelola online shop di masa pandemi ini. Nah ini dia 5 tips sukses mengelola online shop di masa pandemi yang wajib kalian catat dan pastinya langsung dipraktekkan,

                                                                                                            

 B1. Buat toko online di berbagai marketplace 

 

Membuka toko online di berbagai marketplace bertujuan untuk memudahkan customer yang ingin berbelanja di online shop- mu. Biasanya, masyarakat kita cenderung hanya menggunakan satu atau dua marketplace saja, akan amat disayangkan jika kamu tidak membuka online shop di  marketplace yang ada di hp calon customer mu itu kan?!

Untuk keperluan branding, ada baiknya memilih nama online shop yang sama di semua marketplace tersebut. Jika kebetulan nama online shop yang kamu inginkan sudah tidak tersedia, sebaiknya gunakan seminimal mungkin perbedaan diantara nama-nama online shop mu itu. 


2. Kelola media sosial dan sesuaikan kontennya dengan karakteristik masing-masing.

 

Media sosial bisa dijadikan tempat promosi gratis yang menjanjikan untuk online shop mu loh, jadi jangan sampai menyia-nyiakan nya begitu saja yaaa. Kelola media sosial dari online shop mu dengan baik. Cara paling mudah adalah dengan rutin memposting konten yang disesuaikan dengan karakteristik media sosial masing-masing.

Sebagai contoh, buat video se-asyik mungkin dengan gaya ala anak jaman sekarang untuk konten tiktok,  buat konten dengan narasi yang baik untuk di Facebook,  dan untuk konten di Instagram baiknya fokuskan pada visualisasi yang bagus. Sesekali juga boleh loh memanfaatkan fitur ads pada konten media sosial mu untuk memperluas jangkauannya.

 

3. Terapkan teknik Covert Selling

 

Alih-alih membuat konten bernada obral atau jualan, tentu akan lebih baik jika kita menerapkan teknik covert selling. Covert Selling atau teknik menjual secara terselubung ini lebih mudah mengena di hati customer loh.

Buat konten yang bisa memicu rasa penasaran audience mu  sehalus mungkin. Kenapa? Karena tujuan kita adalah untuk ‘merayu’ mereka yang tadinya tidak ingin membeli jadi penasaran pada produk kita dan akhirnya membeli deh. Ingat, kebanyakan dari mereka yang berselancar di media sosial tidak memiliki niat untuk berbelanja, jika mereka berniat belanja tentu akan langsung membuka marketplace bukan media sosial nya.

Contohnya, perhatikan kedua status facebook dibawah ini yaa,

“ yuk dibeli dasternya murah loh, harga nya Cuma Rp 35 ribu saja”,

 “ wajar sih kalau daster ini tuh sampai terjual habis di PO pertama kemaren, wong nyaman banget dipake bebenah begini kok. Semoga yang belum kebagian di PO pertama, bisa dapet juga deh yaa di PO kedua yang dibuka hari ini”

Nah, dari kedua contoh status di atas, status kedua akan lebih mengena di hati mereka yang melihat. Setuju?


4. Kelola keuangan online shop mu dengan baik

 

Sekecil apapun online shop yang kamu miliki, keuangannya tetap harus dikelola dengan baik dan se-profesional mungkin. Selain laporan keuangan yang harus secara rutin dibuat, pemilihan Bank yang tepat pun memiliki peran penting dalam kesuksesan online shop- mu. Alasannya simpel, jangan sampai keuntungan mu harus banyak terpotong biaya-biaya perbankan yang seharusnya bisa dihindari jika kamu memilih Bank yang tepat.

Hal yang paling aku sarankan untuk kalian para pemilik online shop adalah memiliki OCTO Mobile dari Bank CIMB Niaga di hp, karena OCTO Mobile ini memiliki berbagai fitur serta keunggulan yang #Beneran membantu online shop kita.  OCTO Mobile App ini #BeneranNgebantu Apapun kebutuhanmu, termasuk saat menjalankan online shop kita. Contohnya saja saat melakukan pembukaan rekening, karena bisa dilakukan secara online, jadi kita tidak perlu repot mengantri di Bank hanya untuk membuka rekening.



Tak hanya itu saja, transaksi cashless menggunakan scan QRIS OCTO Mobile pun begitu feksibel, bisa pilih sumber dananya, dari saldo tabungan, kartu kredit, rekening ponsel, maupun dari Poin Xtra. Jika kita ingin melakukan transaksi kepada supplier, banyaknya pilihan sumber dana ini tentu akan memudahkan kita.

Kerennya lagi, jika ingin menginvestasikan hasil keuntungan online shop mu, di OCTO Mobile bisa berinvestasi reksadana mulai dari Rp 100.000,- saja. Dengan begitu, kita pun bisa mendapat untung dobel deh, hehehe.

Selain keempat keunggulan tersebut, ada satu lagi fitur yang pasti akan disukai para pelaku Online Shop deh, yaitu transfer antar bank bebas biaya hingga 20 x / bulan. Tak perlu khawatir lagi saat harus mentransfer pembayaran ke supplier yang beda bank. Oleh karena itu, buat kalian para pemilik Online shop yuk buka rekening di CIMB Niaga dengan cara download OCTO Mobile di Play Store, App Store, dan App Gallery

 

5. Siapkan packaging yang cantik dan kelola waktu dengan baik

 

Siapkan packaging yang cantik namun tetap aman selama pengiriman. Packaging yang cantik ini pun bisa menambah nilai jual produk mu loh. Alih-alih hanya membungkus produk mu dengan plastik, coba ganti pacakgingnya jadi lebih manis dengan menambah beberapa aksesoris. Dalam hal ini memang dibutuhkan kreativitas mu, tapi tenang saja, kamu bisa cari inspirasi di media sosial seperti pinterest.

rekening bank untuk online shop


The last but not least, persiapkan diri mu sematang mungkin untuk bisa mengelola waktu dengan baik. Mungkin saat ini online shop mu memang belum terlalu ramai, tapi tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri. Jika suatu saat online shop mu sudah mulai ramai, jangan memaksakan diri yaa, kalau sudah merasa tidak sanggup menangani semuanya sendiri, ada baiknya kamu mulai mengangkat pegawai untuk membantu.

Menurutku, ini terbilang penting untuk dilakukan, jangan sampai karena kamu terlalu memaksakan diri, akhirnya malah membuat orderan jadi telat terkirim dan membuat customer kecewa. Pahami, kapan saat nya untuk mengegas dan mengerem yaa.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kuberikan untuk kalian semua, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yaa. Harapan ku sama dengan kalian kok, aku berharap online shop yang sedang kalian rintis ini kelak bisa maju dan menambah pundi-pundi kalian. Jangan pernah menyerah, tetap semangat dan jaga kesehatan selalu yaaa.

1 komentar:

  1. aku banget ini, pengen punya olshop tapi nggak ada action
    pengen mulai tapi takut duluan

    BalasHapus