17/08/21

Kolaborasi Keren #SemangatIndonesia dari Rumah Zakat

 


Jujur, aku salut dengan kedermawanan masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Di masa-masa sulit saja, semangat berbagi nya sama sekali tak kendor loh, yang aku lihat justru semakin berkobar. Coba saja tengok di sosial media, berapa banyak yang akhirnya viral karena mendapat bantuan dengan jumlah yang lumayan fantastis.  Wajar sih jika akhirnya dunia mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat paling dermawan nomor 1 di dunia.  

Alhamdulillah, hal ini patut kita syukuri. Bisa dikatakan ini merupakan modal utama kita untuk bisa bangkit dari masa-masa sulit ini. Sepert kata pepatah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, itulah yang saat ini harus kita lakukan bersama. Sudah bukan saatnya lagi untuk saling bertentangan satu sama lain. Inilah saat nya kita bergandengan tangan untuk bisa bangkit dari pandemic dan membuat kehidupan kembali normal seperti biasa.

Yup, siapa sih yang tak ingin kehiudpan kembali normal lagi? Jalan-jalan di luar tana masker, bisa saling berjabat tangan bahkan berpelukan tanpa rasa khawatir. Semua pasti ingin  bukan?! Tapi semua itu tak akan pernah bisa tercapai jika kita hanya terus saling ardu argument tanpa ada tindakan nyata. Ya, kita semua harus saling bersinergi dan berkolaborasi bersama untuk bankit.

Pemahaman inilah yang akhirnya menginspirasi Rumah Zakat, untuk menginisiasi peluncuran kampanye #SemangatIndonesia pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia  yang ke-76 ini. Harapan nya simpel, semoga dengan #SemangatIndonesia, lebih banyak masyarakat yang terinspirasi untuk saling berkolaborasi seperti halnya Kampanye #SemangatIndonesia yang diluncurkan oleh Rumah Zakat ini.

 

Rumah Zakat Resmikan Crisis Centre, hasil kolaborasi keren

 

Anggap saja, ini merupakan hadiah di hari ulang tahun, karena bertepatan dengan  Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia ke-76, Rumah Zakat meluncurkan gerakan #SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona, tepatnya pada hari Senin, 16 Agustus 2021. Acara peluncuran tersebut dilakukan secara daring melalui layar zoom dengan dihadiri oleh para sponsor yang terlibat dalam kolaborasi ini serta tak ketinggalan pula para awak media dan blogger, termasuk aku pastinya.

#SemangatIndonesia merupakan sebuah gerakan membangun optimisme masyarakat bahwa suatu hari nanti Indonesia pasti bisa bebas dari Corona. Iyes. Dalam hal ini Rumah Zakat dan kita semua berharap, masyarakat Indonesia tidak berputus asa dan tetap mengobarkan semangat nya untuk bisa bangkit kembali. Dengan #SemangatIndonesia kita pasti bisa hadapi Corona bersama.

Alhamdulillah, kita memang sudah melewati masa-masa kritis atau puncak pandemi pada Juli 2021 lalu. Ini ditandai dengan turunnya grafik penularan yang mulai melandai, terutama di area Jawa-Bali. Contohnya saja pada update paparan virus per tanggal 16 Agustus lalu, tercatat ada 17384.orang yang terkonfirmasi positif, menurun jauh jika dibandingkan dengan masa-masa puncak pada Juli lalu Turunnya grafik ini merupakan hasil usaha kita bersama di masa PPKM Darurat.



Peluncuran gerakan ini juga ditandai dengan peresmian Crisis Centre Rumah Zakat yang bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Cara untuk mengakses Crisis Centre Rumah Zakat  ini cukup mudah, hanya tinggal mengakses linktr.ee/CrisisCentreRZ.

Ada lima layanan yang diberikan oleh Crisis Centre Rumah Zakat, diantaranya ambulans gratis, pinjam tabung oksigen, Sembako Isoman, telekonsultasi, dan bantuan UMKM. Kelima layanan ini bisa dikatakan sebagai layanan krusial yang saat ini amat diperlukan oleh masyarakat Indonesia untuk bisa bangkit dari pandemi.

Crisis Centre ini hadir berkat dukungan dari para donatur dan mitra kolaborasi. Sayangnya, untuk saat ini Crisis Centre Rumah Zakat baru melayani masyarakat terdampak pandemi di 10 kota. Semoga ke depannya bisa hadir  di lebih banyak kota di Indonesia, agar lebih banyak juga yang dapat merasakan manfaatnya.

Selain Crisis Centre, Rumah Zakat juga turut  merilis program Santunan Yatim Dhuafa. Istimewanya adalah karena program ini diutamakan untuk yatim yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19. Program utamanya memberikan paket bantuan keluarga, santunan, dan atau beasiswa. Seperti kita ketahui bersama, ada banyak anak Indonesia yang terdampak akibat pandemic. Tak sedikit dari mereka yang terpaksa harus kehilangan orang tua nya karena terpapar Covid-19.

Tak hanya itu saja, ada juga program pemberdayaan dan stimulus ekonomi (UMKM) dengan menyediakan sembako keluarga, borong berbagi, dapur berdaya, hingga bantuan modal. Sampai saat ini, setidaknya ada 1.204 UMKM yang didamping dan juga ada 2.243 UMKM penerima manfaat program Borong Berbagi.



For your information, program borong berbagi ini adalah program membantu masyarakat dengan cara memborong dagangannya untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Siapa sih yang tidak bahagia kalau barang dagangannya diborong habis dalam satu waktu?! Hingga saat ini bersama mitra kolaborasinya, Rumah Zakat sudah membantu 967.248 penerima manfaat program respon Covid-19 di 250 kota/kabupaten di 27 provinsi dengan menurunkan 3.948 relawan. 

Harapan terbesar dari adanya kolaborasi keren ini tak lain adalah membangkitkan kembali semangat Indonesia yang mungkin sempat kendor akibat masa pandemi ini. Seperti kita ketahui bersama pandemi memang berlangsung tak sebentar.Sudah hampir dua tahun kita berada di masa sulit ini. Untuk masyarakat yang juga ingin donasi melalui rumah zakat bisa langsung aja yaa. 

Kalau sebelumnya kita bisa bertahan, lalu kenapa saat ini kita harus menyerah? Yuk kembali semangat Indonesia ku. Insya Allah kita bisa melalui masa sulit ini. Tetap semangat, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan sehat-sehat selalu yaa

0 komentar:

Posting Komentar