25/11/21

KlikA2C, Tinggal 'Klik Untuk Memperoleh Access to Credit'

 


Masalah terbesar yang sering dialami oleh para UMKM itu ya modal. Setuju ga? Menurutku sih iya. Sedikit cerita, aku pernah ada dalam posisi harus merelakan orderan yang lumayan besar hanya karena terkendala modal saat masih mencoba berwiraswasta. Terbayang ga sih, saat orderan sepi kita mati-matian promosi, tapi begitu ada orderan besar malah tidak bisa tertangani. Itulah definisi sakit tapi tak berdarah, huhuhu.

Sampai sekarang pun aku masih sering berandai-andai, jika saat itu ada bantuan modal yang bisa kudapatkan mungkin usaha yang kurintis bersama suami itu akan lebih berkembang. Toh orderan dengan nominal lumayan itu sudah ada di depan mata, hanya tinggal mengeksekusi nya saja. Sayang, kenyataan tak sesuai dengan harapan, saat itu kami terpaksa harus merelakan kesempatan emas tersebut.

Faktanya, aku tak sendiri, ada sekitar 60 % penduduk Indonesia yang belum memiliki akses keuangan untuk mendapat bantuan modal usaha. Padahal modal usaha bisa dibilang tonggak utama bagi para UMKM untuk bisa terus maju. Terlebih lagi di masa pandemi ini, bantuan pembiayaan seperti itu mungkin tak lagi hanya sekedar untuk memajukan usaha, tapi juga untuk bisa bertahan di masa yang tak tentu.



Mirisnya, keadaan ini banyak ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Saat banyak UMKM yang membutuhkan bantuan modal usaha, beberapa pihak justru ‘menjerumuskan’ mereka pada bunga pinjaman yang besar. Iming-iming syarat pinjaman yang mudah, kecepatan cair hingga besar nya limit membuat banyak orang tak memperhatikan  bunga besar yang harus dibayar. Seperti yang terjadi pada kasus pinjaman online illegal misalnya.

Kalau tidak hati-hati, niat ingin mendapat untung, bisa berujung terlilit utang berkepanjangan. Oleh karena itu, penting bagi para UMKM untuk lebih mencermati perjanjian saat melakukan pinjaman serta kredibilitas dari fintech P2P lending nya.

 

Pembiayaan KlikA2C ke UMKM meningkat 8 kali lipat


Alhamdulillah, kabar baiknya KlikACC yang saat ini sudah berganti nama menjadi KlikA2C tak lelah untuk terus berkomitmen menghadirkan pembiayaan berbasis fintech P2P lending kepada sektor produktif UMKM. For your information, Klik A2C adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi atau fintech peer to peerlending yang telah berijin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.



Di masa pandemi seperti saat ini saja, KlikA2C tetap fokus memperluas jangkauan pembiayaan ke UMKM bahkan hingga ke pelosok daerah. Percaya atau tidak, KlikA2C telah membukukan peningkatan pencairan pinjaman sebesar 8 kali lipat sepanjang 2 tahun terakhir yakni periode Januari- September 2019 hingga Januari-September 2021 dengan kualitas kredit yang terjaga yakni TKB 90 mencapai 99,54 %.

Sedikit bocoran saja, total penyaluran pinjaman sejak berdirinya perusahaan sebesar Rp 529,87 miliar kepada total 3014 peminjam dan outstanding pinjaman Rp 86,65 miliar. Wow jelas bukan angka yang sedikit yaa. Nah perubahan nama dari KlikACC menjadi KlikA2C ini bisa dibilang jadi momentum perusahaan menuju pencapaian selanjutnya.

Uniknya, ada filosofi keren dibalik perubahan nama baru nya ini loh. KlikA2C mengandung harapan agar para UMKM hanya tinggal ‘klik untuk memeroleh access to kredit’. Jadi saat ada UMKM yang membutuhkan bantuan pembiayaan modal bisa langsung mendownload aplikasi KlikA2C atau mengakses laman website www.klika2c.co.id saja untuk memperoleh akses kredit.



Susah kah pengajuannya? Tenang saja, pengajuannya tak susah kok, serius deh! Aku memang belum membuktikannya langsung tapi saat acara peluncuran re-branding KlikA2C beberapa waktu lalu, ada Kak Aziz, seorang petani tembakau dari lereng Gunung Perahu, Klaten, Jawa tengah yang membagikan pengalamannya.

Kak Aziz merasakan manfaat pembiayaan dari KlikA2C ketika musim tembakau selesai, saat itu, ia beralih menanami lahannya dengan jagung untuk sementara waktu. Nah KlikA2C ini membantunya dalam proses pengajuan KUR. Semua serba cepat, begitu katanya. Selain syarat-syaratnya mudah dan bisa diakses secara online, pencairan nya pun cepat, hanya dalam hitungan jam saja.

Aaahhh kenapa baru sekarang aku kenal dengan KlikA2C ini yaa, huhuhu. Yo wis lah, yang sudah ya biarkan saja berlalu. Nah sekarang untuk kalian yang sedang berjuang memajukan UMKM milikmu, bisa banget nih memanfaatkan semua kemudahan dari KlikA2C ini. Langsung download dan ajukan pinjaman modal mu saja.



Mungkin saat ini kita semua memang sedang sama-sama melalui masa sulit, tapi insya Allah perekonomian Indonesia akan segera bangkit kok. Tetap semangat untuk memajukan usaha mu ya. Urusan pembiayaan modal usaha mah, serahkan saja ke KlikA2C, hehehe.

0 komentar:

Posting Komentar