28/02/22

Selain Pakai Jasa di MediaKomen, Ini Dia 1001 Cara Menaikan Enggagemet Rate Instagram!

 

1001 cara menaikkan enggagement rate instagram

Awalnya aku pikir kalau mau laman instagram kita ramai dikunjungi seperti layaknya para selebgram, konten yang dibuat pun harus sekeren mereka. Ini jelas tidak salah, namun faktanya hal tersebut hanyalah satu dari sekian banyak cara untuk menaikkan engagement rate di instagram. Loh kok bisa? Emang ada cara lain yang harus dilakukan? Jelas ada dong, yuk lah kita sama-sama belajar bareng tentang 1001 cara menaikkan engagement rate instagram.

Pertama, kita samakan dulu persepsi tentang apa itu engagement rate instagram yuk! Jadi gampang nya, engagement rate instagram ini adalah semacam parameter yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar kinerja konten dan pengaruhnya pada followers yang dimiliki. Biasanya konsep perhitungan yang digunakan adalah dengan mengambil presentase dari jumlah like dan komen dari  9 postingan teratas jika dibandingkan dengan jumlah followers.

Tenang, kamu nggak perlu pusing untuk menghitungnya sendiri kok, karena sekarang sudah banyak tools gratis untuk menghitung enggagment rate yang bisa kamu search di google. Kamu hanya perlu memasukkan akun instagram yang ingin di-cek pada tools tersebut, dan voila… engagement rate nya pun akan terlihat. Semakin besar followers maka akan semakin kecil enggagemet rate nya. Ini wajar! Jadi saat kamu melihat akun instagram dengan jumlah pengikut hingga jutaan dengan engagement rate yang kecil, jangan langsung men-cap nya ‘beli followers’ yaa, hehehe.

1001 cara menaikkan enggagement rate instagram dengan mudah

Lalu, gimana cara nya agar engagement rate instagram mu tetap di angka yang cantik agar bisa menarik perhatian brand untuk kerja sama? Nah ini dia 1001 cara menaikkan engagement rate instagram yang bisa kamu lakukan, berikut diantaranya,

 
Buat konten keren sesuai niche

Iyes, walau bukan satu-satunya, konten keren sesuai niche adalah cara pertama dari 1001 cara menaikkan engagement rate instagram. Biar bagaimana pun konten inilah yang menjadi pusat perhatiannya. Semakin keren konten instagram yang kamu buat maka peluang untuk mendapatkan engagement rate tinggi pun akan semakin besar.

Konten keren yang dimaksud ini memang relatif bagi setiap orang, namun saranku coba buat konten yang sesuai dengan niche akun instagrammu.

 

Manfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram

Tanpa disadari, instagram sebenarnya banyak memberikan fitur-fitur yang bisa membantu untuk jadi salah satu dari 1001 cara menaikkan engagement rate instagram loh! Contohnya pada instagram story, kamu bisa memanfaatkan fitur tag lokasi, music, pertanyaan, polling, hingga kuis. Dengan menambahkan satu atau lebih fitur-fitur itu, maka peluang followers ‘betah’ melihat story mu sampai akhir akan lebih besar.

Tak hanya itu saja, fitur seperti tag lokasi dan music pun memberi peluang kontenmu dilihat dari sisi lain. Jadi, jika ada yang mencari lokasi atau music yang kamu pakai itu, konten mu pun akan terlihat dari sana.

Asyiknya lagi, sekarang instagram juga sudah memiliki Reels yang merupakan ‘jembatan’ untuk mendistribusikan konten video pendek mu pada mereka yang bukan pengikut mu. Nah coba deh manfaatkan juga Reels ini untuk menambah followers.

 

Posting di ‘jam rame’

Setiap akun instagram pasti memiliki jam-jam tertentu dimana sebagian besar pengikut nya sedang online. Ibaratnya, kalau kamu mau buka took di pasar, tentu kamu buka nya ya di jam-jam ramai orang ke pasar kan? Nah instagram pun demikian, saat kamu posting di jam yang sebagian besar pengikut mu online, maka peluang kontenmu didistribusikan atau dilihat oleh mereka tentu akan lebih besar.

Jam rame pada setiap akun instagram ini akan berbeda-beda. Kamu bisa melihat pada insight di akun instagram mu masing-masing yaa. Berdasarkan pengamatanku, jam rame ini biasanya ada di jam 07.00-09.00, jam 12.00-13.00, dan di jam 18.00-20.00. Alasannya simple, karena di jam-jam tersebut adalah waktu santai kebanyakan orang dan saat santai biasanya mereka akan membuka laman instagramnya.

 

Kelola komen di jam pertama posting

Jam-jam pertama postingan mu tayang adalah waktu paling penting. Gampangnya, kalau di jam-jam pertama ini kontenmu dilihat dan dikomen oleh orang lain, maka instagram akan ‘membacanya’ sebagai konten yang disukai dan akan mendistribusikannya ke lebih banyak pengikut.

Oleh karena itu, setelah posting jangan langsung ditinggal begitu saja. Jika ada yang memberikan komentar, langsung balas secepatnya. Kalau perlu balas dengan pertanyaan yang ‘memancing’ mereka untuk kembali memberikan komentarnya.

Lalu bagaimana kalau tidak ada yang memberikan komentar? Nah ini dia rahasianya, hehehe. Saranku, coba minta tolong pada orang terdekat dulu. Kalau masih tidak ada juga, kamu bisa tuh memanfaatkan mediakomen.com. Fyi, mediakomen.com ini adalah web penyedia jasa komentar media sosial seperti Youtube, instagram, facebook, tiktok, detik.com, kompasiana, rating dan review di Gmaps/ google my business.

Dengan menggunakan layanan jasa komentar ini, maka engagement rate instagrammu pun akan berpeluang meningkat. Tapiii, yang harus diingat, saranku ini hanya dimaksudkan untuk ‘memancing’ instagram dalam membaca kontenmu saja yaa. Please bijak menggunakan layanan jasa komentar ini, jangan sampai ada yang merasa dirugikan atau ditipu. Oke?!

 

Share di social media lain yang dimiliki

Aku yakin, sebagian besar dari kamu memiliki laman social media yang lebih dari satu. Taka da salahnya jika memanfaatkan laman social media mu yang lain loh. Coba deh promosikan konten yang kamu posting di instagram di twitter, facebook atau social media lainnya.

 

Selalu update info terkini dari instagram

Instagram selalu melakukan berbagai pembaruan jadi pastikan untuk selalu update dalam hal ini yaa.

 

Nah itulah 1001 cara menaikkan engagement instagram ala aku yang bisa kalian lakukan. Tetap semangat menginspirasi dengan konten-konten berkualitas mu yaa!

 

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar