04/03/22

Ga usah debat, tim cuci atau tim langsung buang, Yuk Kumpul!

 


Kamu termasuk ‘tim cuci’ atau tim ‘langsung buang’ pembalut saat sedang menstruasi nih? Hehehe aku pikir pedebatan ini sudah berakhir sekian abad yang lalu, tapi ternyata masih saja ada yang mempertanyakannya di lini masa media sosial seperti ini. Iyes, beberapa waktu lalu aku masih menemukan konten viral yang memperdebatkan hal ini di tiktok. Jadi, sebenarnya lebih baik dicuci dulu atau langsung dibuang saja sih? Yuk lah kita bahas bareng.

Sedikit info, mereka yang memilih untuk membuangnya langsung beranggapan kalau pembalut memang sudah didesain disposable atau diperuntukan untuk sekali pakai saja. Jadi ya tidak harus dicuci dulu sebelum dibuang. Sementara itu, tim cuci pembalut pun paham betul soal sifat disposable dari pembalut. Mereka mencuci pembalut bukan untuk dipakai lagi kok, semata karena kebersihan saja.

Aku sendiri bisa dikatakan termasuk tim cuci pembalut sebelum dibuang. Walaupun sering di-cap ‘kuno’, aku merasa lebih nyaman saja saat mencuci dulu pembalut yang sudah kupakai sebelum membuangnya dengan kantong plastik hitam. Aku melakukan ini bukan karena  percaya dengan hal-hal mistis tapi rasanya risih dan tidak nyaman aja. Bayanganku, kok ya ga tega dengan mereka yang bekerja di tempat pembuangan sampah kalau aku membuangnya dalam kondisi seperti itu.

Sebenarnya, alih-alih memperdebatkan soal mencuci pembalut atau langsung membuangnya, ada banyak hal seputar menjaga kebersihan saat menstruasi yang wajib kamu tau loh, berikut diantaranya,

 

Buang pembalut yang sudah dipakai dengan cara yang benar

 

Jika kamu termasuk tim cuci pembalut, cuci lah pembalut tersebut dengan air mengalir dan masukkan ke kantong plastik hitam sebelum dibuang ke tempat sampah yaa. Tak perlu sampai harus memakai sabun, cukup pastikan sudah bersih saja. Nah jika kamu termasuk tim langsung buang, sebaiknya tetap memasukkan pembalut yang sudah dipakai itu ke dalam kantong plastik hitam kedap air untuk meminimalisir adanya perpindahan bakteri keluar.  

 

Ganti pembalut setiap 4-5 jam sekali

 

Sebenarnya angka 4-5 jam sekali ini bukan patokan dasar banget sih, hanya berupa kisaran waktu saja. Biasanya setelah 4-5 jam ini pembalut yang dipakai sudah ‘pebuh’ dan memang disarankan untuk diganti.

 
Mandi dua kali sehari


Mandi dua kali sehari saat sedang menstruasi ini bisa membantu kamu untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh.

 

Rajin cuci tangan pakai sabun


Jangan pernah lupa untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah membersihkan area kewanitaan mu yaa. Ini penting untuk menjaga kebersihannya.

 

Bersihkan area kewanitaan dengan cara yang benar

 

Gunakan air bersih yang mengalir saat membersihkan vagina dan pastikan arah membersihkannya itu dari depan ke belakang, bukan sebaliknya, untuk menghindari perpindahan bakteri. Bila ingin menggunakan cairan pembersih vagina pilih cairan pembersih yang memiliki pH normal vagina, seperti rangkaian produk perawatan area kewanitaan dari Betadine.

For your information, rangkaian produk perawatan area kewanitaan dari Betadine ini terbilang lengkap, mulai dari untu kebutuhan harian, gatal area kewanitaan, bau tak sedap area kewanitaan, saat menstruasi, sampai saat terjadinya infeksi atau iritasi area kewanitaan.

Contohnya, saat menstruasi ada Betadine Feminine Hygiene yang siap menemani kita melalui masa-masa tersebut. Saat menstruasi risiko infeksi kuman meningkat, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra untuk mengatasi infeksi kuman. Betadine Feminine hygiene mengandung antiseptic 10% yang ampuh mengatasi gejala infeksi kewanitaan seperti keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap, dan gatal.

Nah, buat yang mau tau info selengkapnya soal produk perawatan dari Betadine ini biasa langsung kunjungi aja laman website https://www.betadine.co.id/

 


Jadi, udah deh stop yuk beradu pendapat soal cuci pembalut atau langsung buang saat menstruasi, lebih baik fokus ke hal lain untuk menjaga kebersihan diri saat menstruasi yaa. Tetap semangat jaga keersihan dan kesehatan diri yaa.

0 komentar:

Posting Komentar