15/02/22

Pengalaman Membuat Akte Kelahiran Online di Kota Bekasi

 

membuat akte kelahiran online bekasi

Anak ketiga tak berarti membuatku jadi lihai dalam hal pengurusan dokumen administratifnya. Terlebih lagi sekarang sebagian besar prosesnya sudah dilakukan secara daring, yang artinya jelas berbeda dengan proses yang pernah kulalui. Inilah yang akhirnya membuat pengalaman membuat akte Nada, agak sedikit berkesan. Hehehe. Semoga tulisan kali ini bisa membantu para orang tua yang juga ingin membuat akte si kecil yaa.

Seharusnya akte kelahiran ini dibuat tak lebih dari 14 hari sejak si kecil dilahirkan. Namun, ada saja orang tua yang terus menunda nya dengan berbagai alasan, sepertiku ini misalnya. Sedikit cerita, proses pembuatan akte kelahiran Nada sudah termasuk dalam biaya persalinan. Jadi sesaat setelah melahirkan aku diminta menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan. Sayangnya, saat Nada lahir, ada dokumen yang belum  selesai, hingga akhirnya proses pembuatan akte kelahiran  ini pun terpaksa harus ditunda dulu.

Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa Nada pun sudah berusia 5 tahun. Di sini lah aku dan suami mulai panik, karena sebentar lagi Nada harus masuk SD dan jelas membutuhkan akte kelahiran sebagai syaratnya. Saat itu, suamiku langsung menghubungi bidan tempat dulu Nada dilahirkan untuk melanjutkan proses pembuatan akte kelahiran yang sempat tertunda ini.

Sayangnya, karena masih dalam masa pandemi, bidan tersebut tutup atau tidak memberikan layanan sementara hingga batas waktu yang tak bisa ditentukan. Oleh karena itu, akhirnya kami pun sepakat untuk mengurus sendiri pembuatan akte kelahiran Nada ini.

Berbekal info dari Google, aku mulai download aplikasi e-open yang merupakan aplikasi layanan virtual dari Disdukcapil Kota Bekasi. Selanjutnya aku pun memasukkan semua data yang diperlukan sesuai dengan instruksi di aplikasi tersebut.

membuat akte kelahiran online bekasi


Bayanganku ya prosesnya selesai, nanti tinggal mengambil akte kelahirannya di waktu yang sudah ditentukan itu. Namun ternyata tak ada kelanjutannya blas pemirsah, status di aplikasi e-open tak ada perubahan sama sekali. hmmm…

Penasaran dengan hal ini, aku lanjut mendatangi langsung kantor disdukcapil Kota Bekasi. Barulah di sana aku mendapat pencerahan terkait proses pembuatan akte kelahiran ini, makanya tulisan ini bisa kubuat dengan percaya diri. Jadi, sebenarnya proses pembuatan akte kelahiran di Kota Bekasi ini tidak sulit sama sekali, asal tau alurnya.

Biar gampang, aku bagi aja jadi dua yaa, proses pembuatan akte lahir untuk anak dibawah usia 5 tahun, dan proses pembuatan akte lahir untuk anak diatas usia 5 tahun.

 

Proses pembuatan akte kelahiran bayi baru lahir sampai usia 5 tahun Online di Kota Bekasi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat akte kelahiran anak bayi baru lahir sampai usia 5 tahun adalah mendownload dulu aplikasi e-open dan melakukan registrasi di sana. Aku sarankan download e-open dulu ini adalah untuk melihat syarat-syarat apa saja yang diperlukan, khawatir ada perubahan.

Kalau sudah bisa langsung menyiapkan dokumen yang diperlukan dulu, agar tidak kesulitan pada saat pendataan. Fyi, aplikasi e-open ini tidak memiliki fitur save dulu, jadi tidak bisa dicicil saat mengisi data nya, hehehe. Semoga kedepannya ini bisa jadi catatan sih ya untuk disdukcapil kota bekasi, coba atuh dibuat kan fitur save nya jadi kan isi data nya bisa dicicil gitu, hehehe.

membuat akte kelahiran online bekasi


Beberapa persyaratan yang diperlukan, diantaranya adalah sebagai berikut,

1.   Surat Keterangan lahir dari dokter/ bidan atau bisa diganti dengan SPJTM kebenaran data kelahiran yang bisa didapat di kelurahan setempat.

2.     Form F-2.01 lengkap dengan tanda tangan dan cap basah dari kelurahan. Form ini juga bisa didapat di kelurahan setempat yaa.

3.       Foto buku/akta nikah asli

4.       Foto kartu keluarga asli

5.       Data diri saksi lahir

Melihat syarat diatas, jelas yaa, tempat pertama yang harus didatangi dalam proses pembuatan akta kelahiran ini adalah kelurahan setempat. Setelah semua syarat di atas sudah dipegang, barulah mulai membuka aplikasi e-open dan mulai proses pembuatan akte kelahirannya.

Sedikit kisi-kisi, saat akan memulai, sebaiknya siapkan semua dokumen tadi dalam bentuk foto yang sudah disimpan. Foto harus jelas yaa, kalau mau di-scan tak apa, asal dalam bentuk image seperti JPG atau PNG. Sebaiknya foto-foto tersebut dikompres dulu, karena kalau terlalu besar biasanya aka nada kendala saat proses upload berkasnya.

Cara paling simpel untuk mengkompres dokumen yang biasa kulakukan adalah dengan mem-pingpong melalui whatsapp. Jadi kirim saja dokumennya ke salah seorang teman, lalu minta kirim balik dokumen tersebut. Hasil pingpong itulah yang nantinya diupload pada berkas di e-open.

Hati-hati saat memasukkan data nya, jangan sampai ada kesalahan. Untuk lokasi pengambilannya, pilih dukcapil kota bekasi saja yaa. Kalau tak ada hambatan, seharusnya dalam 3 hari kerja akte kelahiran sudah bisa diambil.

 

Proses pembuatan akte kelahiran anak dengan usia di atas 5 tahun Online di Kota Bekasi

 Proses pembuatan nya hampir sama dengan anak di bawah 5 tahun yang sudah aku jelaskan tadi, yang membedakan hanya biodata anak/NIK dan tempat pengambilan nya saja. Jadi selain syarat-syarat diatas, dalam proses pembuatan akte kelahiran anak diatas 5 tahun, kita harus memproses biodata anak/ nik di dukcapil kota bekasi dulu baru kemudian melanjutkan proses nya ke mall pelayanan public yang ada di BTC Mall 2 Kota Bekasi.

membuat akte kelahiran online bekasi


Karena harus melalui beberapa proses yang dilakukan di dua tempat berbeda, saranku dari awal langsung datang saja ke lokasi. Tanpa melalui aplikasi e-open lagi. Biasanya proses pencatatan biodata anak/NIK ini berlangsung 1 hari kerja, dan proses pembuatan akte kelahirannya 3 hari kerja saja.

Selama pandemi kota bekasi memang meminimalisir pelayanan tatap muka, jadi akan lebih baik jika terus memantau sosial media dari lembaga pemerintahan yang ada di kota Bekasi agar tidak ketinggalan info yaa.  

 

0 komentar:

Posting Komentar