06/07/22

Mau capai Kebebasan Finansial? Cek Rahasia nya dulu yuk!


 

Siapa sih yang tidak mau mencapai kebebasan finansial, aku yakin semua pasti mau banget yaa. Rasanya asyik aja gitu, mau apa-apa nggak perlu bingung memikirkan budget. Sayangnya, untuk mencapai kebebasan finansial itu jelas tidak mudah. Jangankan untuk yang berasal dari keluarga biasa, bagi sebagian orang yang berasal dari keluarga berada pun hal itu masih sulit digapai loh.

Jika tidak diatur sedemikian rupa, penghasilan yang didapat saat ini bisa jadi tidak akan pernah mencapai tahap kebebasan finansial tersebut. Belum lagi saat ini ada ‘kedok’ berupa self love yang menghantui kita semua. Ngaku nya sih mau memberi apresiasi pada diri sendiri atas apa yang telah diraih, namun kebanyakan malah justru berakhir pemborosan dan membuat cita-cita meraih kebebasan finansial pun semakin jauh.

Nggak mau dong ya? Oleh karena itu penting banget untuk kita mengetahui beberapa rahasia agar bisa meraih kebebasan Finansial tersebut. Nah pas banget nih, aku punya bocoran langsung dari PT FWD Insurance Indonesia. Kalau kalian ‘jalan-jalan’ di blog ini, pasti akan banyak menemukan tulisan yang berkaitan dengan FWD Insurance, karena memang FWD Insurance selalu peduli dengan pengembangan literasi keuangan para nasabah nya.

Nah ini dia beberapa rahasia mencapai kebebasan finansial yang aku dapat dari FWD Insurance, berikut diantaranya,

 

1. Sisihkan pendapatan, bukan sisa!



Sebagian besar masyarakat akan menabung uang sisa dari penghasilannya. Hal tersebut tidak dapat disalahkan sih yaa, tapi akan lebih tepat jika kita menyisihkan pendapatan terlebih dahulu untuk menabung sebelum mengalokasikan sisa nya untuk kebutuhan lainnya.

Percaya deh, trik ini akan membuat kita lebih konsisten dalam menabung, karena kalau hanya menggunakan uang sisa saja akan membuat kita kesuliatan menabung. Iya kalau ada sisa nya, kalau tidak bersisa bagaimana? Tabungan tak terisi dong, hehehe. Makanya alih-alih menggunakan uang sisa, coba deh sisihka dulu pendapatan mu untuk tabungan yaaa.

Jangan lupa juga untuk membuat target besaran uang yang wajib disisihkan dari penghasilan rutin mu dan pisahkan dari besaran yang perlu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biar lebih gampang, coba gunakan 2 rekening tabungan yang berbeda, satu untuk arus keluar masuk uang atau untuk dipakai kebutuhan, dan satu rekening lagi untuk tabungan.

Jika belum ada bayangan, paling tidak sisihkan sebesar minimal 10% setiap bulannya dari penghasilan yang kamu dapat. Kalau kamu bisa konsisten melakukan nya, 10 % yang kamu sisihkan tersebut bisa jadi langkah menuju impian kebebasan finansial loh!

2. Susun Anggaran dan Prioritas Pengeluaran

Jujur, untuk yang satu ini aku pun masih suka malas sih, hehehe, tapi ngga ada salahnya untuk dicoba kok. Yuk mulai rutin membuat anggaran keuangan pribadi dan tentukan prioritas bulanannya. Anggaran ini penting untuk menjaga agar penghasilan yang tadi sudah kita sisihkan di awal untuk tabungan, tidak terpakai di akhir bulan.

Kalau suka dengan hal tertentu, boleh kok mengalokasikan penghasilan mu, contohya anggaran untuk staycation di hotel. Anggarkan saja 5-10% untuk hal tersebut. Tapi pastikan pengeluaran nya sesuai dengan anggaran yang telah kamu susun tiap bulannya  itu yaa.

 


3. Lakukan Pencatatan Keuangan

Kalau anggaran sudah berhasil disusun, langkah selanjutnya kita nggak boleh malas untuk mencatat semua pengeluaran yang dilakukan. Ini penting untuk selalu tau apakah pengeluaran untuk suatu hal sudah melebihi batas atau tidak.

 

4. Perkuat Pondasi Keuangan

Nah kalau tiga hal tadi sudah berhasil kita lakukan secara konsisten, maka langkah selanjutnya adalah memperkuat pondasi keuangan. Kita harus mulai membangun pondasi keuangan yang kuat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan dana darurat dan proteksi diri, paling tidak dalam bentuk asuransi kesehatan.

Saran ku sih jangan pernah mempercayakan perlindungan diri mu hanya dari satu asuransi saja. Contohnya untuk kamu yang sudah memiliki asuransi dari perusahaan tempat mu bekerja, sebisa mungkin tetap memiliki asuransi pribadi.

By the way, dalam rangka merayakan tahun ke-30 hadir di Indoensia, FWD Insurance memanjakan kita dengan program #FWDUnstoppable30 Lucky Draw yang dapat diikuti oleh nasabah baru dan existing. Dengan penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022 kita akan mendapatkan nomor undian. 

Ada  56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan Rupiah. Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Januari 2023 mendatang. Wuiih lumayan banget kaaan!

Nggak Cuma  itu aja, FWD Insurance juga memiliki program Promo Lebaran Haji  pada tanggal 6 – 10 Juli 2022.  Kita bisa mendapatkan diskon 20% untuk setiap pembelian atau kepesertaan premi tahun pertama produk AsuransiBebas Handal, FWD Cancer Protection, diskon 30% untuk setiap pembelian premi tahun pertama untuk produk asuransi Bebas Rencana, dan Bebas Aksi.

Untuk info selengkapnya seputar  program Promo Lebaran Haji serta syarat dan ketentuan undian berhadiah #FWDUnstoppable30, langsung kunjungi aja laman fwd.co.id atau langsung menghubungi FWD Customer Care di 1500 525. Semangat meraih mimpi mencapai kebebasan finansial yaa. Insya Allah kita semua bisa kok!Bismillah aja.

0 komentar:

Posting Komentar