22/11/22

KBA Telaga Murni Bekasi, 'Mutiara' di Dekat Kawasan Industri

 


“Kok mau sih tinggal di Bekasi?” bukan sekali-dua kali saja aku mendapat pertanyaan seperti ini. Mungkin kalau dihitung bisa sampai ratusan kali. Iyes memang hampir semua teman baru yang kukenal dan mendapat info soal tempat tinggal ku, pasti akan langsung mempertanyakan hal tersebut. Bekasi tuh kan jauh kemana-mana, panas dan masih banyak lagi keluhan lain yang mereka utarakan tentang Bekasi, dan aku hanya bisa tersenyum kecil menanggapinya.

Wajar saja jika orang di luar Bekasi menganggap demikian, karena kebanyakan yang tampak dari Bekasi memang semua hal itu. Padahal jika mau ditelisik lebih jauh lagi, sebenarnya ada banyak ‘mutiara’ di Bekasi yang bisa mengundang decak kagum mereka dan membuatku makin betah tinggal di Bekasi ini.

Salah satu contohnya ada di wilayah RW 05 Telaga Murni yang dinobatkan sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) Telaga Murni Bekasi. Jika ada warga luar Bekasi mampir ke KBA Telaga Murni mungkin tidak akan menyangka kalau mereka ada di wilayah administrative kabupaten Bekasi yang ‘katanya’ panas dan kumuh. Kok bisa? Emang ada apa aja sih di KBA Telaga Murni Bekasi? Yuk aku certain di tulisan ini, baca sampai selesai yaa.

 

KBA Telaga Murni Bekasi, Perkampungan hijau di Kawasan industri

For your information, KBA Telaga Murni Bekasi ini terletak tak jauh dari Kawasan industri di Kabupaten Bekasi yang memiliki luas  mencapai 1700 hektar. Terbayang nggak sih lahan seluas 1700 hektar itu dipenuhi oleh pabrik-pabrik industri semua. Kawasan industri tersebut memang sudah menerapkan konsep Kawasan hijau di wilayah nya, tapi sedikit banyak pasti akan berdampak pada wilayah sekitar nya, seperti wilayah RW 05 Telaga Murni Bekasi.

Arus perpindahan masyarakat yang ingin tinggal lebih dekat dengan Kawasan industri itu mau tidak mau membuat wilayah di RW 05 Telaga murni Bekasi menjadi lebih padat dan area hijau pun berkurang. Keadaan diperparah dengan jalanan rusak serta sistem drainase yang masih belum memadai. Semua hal itu akhirnya membuat wilayah RW 05 Telaga Murni Bekasi pun menjadi wilayah yang kurang layak untuk ditinggali.



Melihat dan merasakan langsung semua masalah itu, akhirnya menggugah Rohdian, ketua RW 05 saat itu untuk melakukan pembenahan di beberapa lini. Pembenahan ini dilakukan agar masyarakat di wilayah nya dapat tinggal dengan nyaman di wilayah yang layak huni. Ada beberapa gebrakan yang beliau lakukan, diantaranya yaitu cornisasi, gotnisasi, greenisasi, dan gornisasi. Lucu ya nama gebrakan yang dibuatnya itu, hehehe. Aku menebak keempat nama program gebrakannya itu sengaja dibuat biar keliatan keren dan menambah minat masyarakat nya agar lebih tertarik dengan program yang diusung nya tersebut.

Cornisasi sepertinya diambil dari kata cor yang biasa digunakan oleh warga Bekasi untuk mengatakan adukan semen saat dilakukan perbaikan jalan. Jadi program Cornisasi yang ada di RW 05 Telaga Murni Bekasi ini merupakan program perbaikan jalan rusak. Gampangnya kalau jalanan yang merupakan akses keluar masuk warga sudah bagus dan rapih, maka aktivitas warga pun jadi lancer.

Gotnisasi pun diambil dari kata got atau saluran pembuangan. Program Gotnisasi di wilayah RW 05 Telaga Murni Bekasi merupakan program untuk pembuatan saluran air yang baik dan rapih. Saluran air yang tidak terawat dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi warga, jadi program Gotnisasi ini diharapkan dapat membuat kesejahteraan warga jadi jauh lebih baik.

Senada dengan kedua program tadi, greenisasi dan gornisasi pun diambil dari kata green atau hijau dan gor atau Gedung olahraga. Kedua program ini merupakan Langkah untuk penghijauan dan pembuatan gelanggang olahraga di wilayah RW 05 Telaga Murni Bekasi.

Dengan keempat program gebrakan itu, wilayah RW 05 Telaga Murni Bekasi yang tadinya terkesan panas, berantakan dan kotor pun berubah wajah menjadi wilayah yang jauh lebih baik hingga dinobatkan sebagai salah satu dari Kampung Berseri Astra. Kalau sekarang kalian mampir ke wilayah ini, maka dijamin kalian akan takjub melihat suasanya, terutama untuk yang sebelum tahun 2012 pernah mengunjunginya juga.

KBA Telaga Murni Bekasi ini hanya satu dari banyak ‘mutiara’ lain yanga da di Bekasi. Jadi, jangan lagi menyudutkan Bekasi dengan berbagai stigma negatif yaa. Daripada berkeluh kesah terus kan lebih baik kalau kita sama-sama bangkit Bersama, setuju?

 


Sumber foto : Buku inspirasi kampung berseri Astra

0 komentar:

Posting Komentar