17/03/23

Apakah Aku Adalah Seorang Blogger yang Kredibel?

Hampir 6 tahun menjalani profesi sebagai seorang blogger, nyatanya tak lantas membuatku bisa memahami sepenuhnya tentang apa yang dimaksud dengan 'blogger yang kredibel'. Oleh karena itu, jujur, ketika aku ditantang oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia untuk menulis tema ini di Lomba blog BloggerDay 2023, aku mengalami sedikit kesulitan. Alhasil bisa ditebak tulisan ini pun baru bisa aku selesaikan di waktu-waktu yang amat mepet dengan deadline. 

Lalu, haruskah aku minder karena masalah ini? apakah karena aku tidak bisa memaparkan apa yang dimaksud dengan blogger yang kredibel ini berarti aku tidak layak menjadi seorang blogger? Jawabannya ya belum tentu dong. Menurutku, kata 'kredibel' ini sendiri memiliki arti yang relatif kok, makna nya akan berbeda-beda bagi masing-masing orang. Bagi kamu yang sedang membaca blog ini mungkin aku memang bukan siapa-siapa, tapi bagi pembaca lain bisa jadi aku masuk dalam kategori blogger yang kredibel.

Dulu, di awal-awal membangun blog ini, aku memang terkesan agak terburu-buru. Rasanya semua ingin aku selesaikan dalam waktu singkat, mulai dari meningkatkan DA/PA, pageview, followers sosial media, hingga yang terbaru soal urusan DR. Tujuan nya tidak lain untuk bisa menambah penghasilan, tapi sayangnya ketika semua itu aku lakukan secara tergesa-gesa aku justru tidak mendapatkan apa yang aku mau. 



Sebaliknya, saat aku mulai mengikhlaskan semua itu, Alhamdulillah perlahan tapi pasti semua yang aku kejar tersebut bisa aku raih. Contoh simpel nya soal DA/PA, selama hampir 5 tahun berbagai usaha sudah aku lakukan untuk meningkatkan DA/PA tapi tidak membuahkan hasil. DA ku tetap di angka 15. Namun, ketika aku mulai legowo, secara ajaib DA ku pun meningkat drastis menjadi 53, nilai DA yang belum pernah aku bayangkan bisa aku raih. 

Jujur, aku sendiri tidak tau kapan tepatnya kenaikan DA itu berlangsung, karena sudah lama sekali tidak mengecek nya lagi. Tapi satu hal yang aku yakini saat ini adalah ketika kita meluruskan kembali niat menjalani suatu profesi maka selalu ada jalan terbaik yang diberikan oleh Nya. 

Alhamdulillah dari awal membangun blog ini hingga sekarang, aku berada di jejaring positif yang terus membantuku, salah satunya di Komunitas Bloggercrony. Buatku, Bloggercrony bukan hanya tempat mencari cuan semata tapi benar-benar berasa seperti mendapat keluarga baru. Saat aku butuh ilmu tentang dunia blogging, Bloggercrony dengan sigapnya memfasilitasi Blogger Indoensia untuk Skill Set Up, bahkan ketika ada teman blogger yang sedang kesulitan pun, Bloggercrony siap dengan BloggerCare nya. 

Yup, Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. Jadi jangan heran jika aku makin jatuh hati dengan komunitas blogger yang satu ini. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia ini bisa dibilang adalah salah satu jalan yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger untuk berkembang, baik dari segi Skill Set Up, maupun dari segi finansial. Jadi, untuk kamu yang baru belajar dan merintis sebuah blog, saranku coba ikut gabung di komunitas ini, insya Allah kita bisa berkembang bareng.

Saat ini aku memang sedang membenahi mindset pribadi tentang apa yang ingin aku lakukan di dunia blogging ini dan belum bisa memaparkan dengan jelas soal blogger yang kredibel. iyes, mungkin sekarang aku  hanya ingin melakukan yang terbaik dan tidak terus berkutat pada kata 'kredibel' itu. Apakah kedepannya aku akan tetap seperti Natara yang sekarang atau menjadi Natara yang lain? aku sendiri belum tau pasti, yang jelas aku ingin menjadi versi terbaik diri sendiri. 

Semoga kedepannya aku bisa terus berjalan beriringan dan berkembang bersama  dengan teman-teman di Komunitas Bloggercrony Indonesia. Bismillah aja, insya Allah niat baik ini akan sampai pada-Nya dan benar-benar terwujud. Aamiin

0 comments:

Posting Komentar