05/06/23

Hubungan Anak Alergi Susu Sapi dengan Stunting, Emang Ada?



Jujur sampai sekarang aku masih kesal tiap ada orang yang dengan begitu gampangnya menyepelekan alergi pada anak. Please deh, alergi pada anak itu bukan sekedar perkara menghindari pemicu nya saja, tapi dampaknya bisa jauh lebih luas dari itu. Salah satu contoh alergi pada anak yang hingga kini masih jadi momok buatku dan banyak ibu di luar sana adalah alergi susu sapi. 


Alergi susu sapi pada si kecil tidak bisa disepelekan begitu saja, karena dampak negatif nya begitu besar bagi tumbuh kembang anak, mulai dari asupan gizi yang cenderung kurang hingga merembet ke masalah stunting yang akhirnya dapat mempengaruhi masa depannya juga. Sayangnya, masih sedikit sekali para ibu yang memiliki pengetahuan cukup soal alergi susu sapi ini. Alhasil, jumlah anak yang ‘terdampak’ pun tidak bisa dikatakan sedikit. 


Hal itulah yang akhirnya membuat Danone Indonesia berinisiatif untuk terus meakukan edukasi terkait alergi susu sapi ini pada sebanyak mungkin ibu di Indonesia. Harapannya simpel, makin banyak ibu yang teredukasi tentang alergi susu sapi pada anak ini, maka dampak negatif nya pun dapat semakin berkurang. Tak hanya itu saja, pengetahuan yang cukup pun dapat membuat para ibu melakukan tindakan yang tepat untuk mengoptimalisasi tumbuh kembang anak nya meski didiagnosis alergi susu sapi.





Masih dalam momen Allergy Awarness Week, 31 Mei 2023 lalu, Danone Indonesia kembali mengadakan webinar #BicaraGizi dengan tajuk “ Webinar Allergy Awarness Week 2023: Ketahui Kaitan Anak Alergi Susu Sapi dengan stunting”. Kebetulan aku berkesempatan untuk mengikuti acara itu secara langsung. Penasaran ngga sih sama paparan materi yang disampaikan? baca sampai selesai yaa.


Apa sih kaitannya anak alergi susu sapi dengan stunting?


Aku agak kaget ketika mendengar kalau ternyata angka kelahiran bayi dengan alergi susu sapi itu cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka kelahiran bayi dengan alergi susu sapi mencapai 2 - 7,5 %. Ini jelas bukan angka yang bisa kita sepelekan begitu saja, jika melihat presentase nya memang terlihat kecil, tapi jika sudah dikalikan dengan angka kelahiran setiap tahunnya jelas akan terlihat besar.


Dalam acara yang berlangsung secara online tersebut, Danone Indonesia pun menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, diantaranya ada dr. Mesty Ariotedjo, Sp,A, MPH (Dokter Spesialis Anak dan Founder Tentang Anak), Dr. dr. Zahrah Hikmah, Sp.A(K) selaku Sokter Spesialis anak, konsultan alergi imunologi dan Chacha Thaib, seorang influencer yang juga merupakan ibu dengan anak alergi susu sapi.


Mirip dengan alergi lain, alergi susu sapi merupakan kondisi menolaknya tubuh terhadap susu sapi, sang pemicu alergi, masuk ke dalam tubuh. Gejala dan tingkat keparahannya sendiri akan berbeda-beda pada masing-masing anak, namun yang paling umum akan terlihat pada saluran cerna dan gangguan pernapasan, seperti diare, dan sesak napas.





lalu apa hubungannya alergi susu sapi dengan stunting? Jelas ada hubungannya dong, ketika si kecil alergi pada sesuatu, apapun itu, artinya ada asupan makanan yang tidak bisa ia terima. Alhasil, komposisi nutrisi yang seharusnya bisa maksimal jadi berkurang. Nah kekurangan itulah yang akhirnya akan terakumulasi hingga menjadi stunting jika tidak ditangani dengan baik. 


Di blog ini aku sudah cukup banyak mengulas soal stunting ini, monggo dibaca-baca kembali jika ada yang masih kurang paham tentang stunting yaa. Gampangnya sih, stunting ini merupakan gangguan tumbuh kembang anak akibat kurang asupan gizi yang berdampak pada rendahnya kemampuan belajar, konsentrasi yang menurun, tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia nya, hingga menyebabkan si kecil jadi lebih rentan terkena penyakit kronis.





Melihat segitu banyak dampak negatif yang mungkin timbul, masalah alergi susu sapi ini jelas bukan masalah yang bisa kita sepelekan begitu saja yaa. Para ibu harus lebih cerdas memahami langkah penting untuk mengatasi alergi susu sapi pada si kecil ini. Jika sudah menemukan gejala-gejala alergi susu sapi, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan. 


By the way, Danone Indonesia ini rutin menggelar acara edukasi #BicaraGizi loh, agar tidak ketinggalan info nya, saranku sih mending langsung follow aja akun sosial media nya yaa


 

0 comments:

Posting Komentar