18/10/23

Gerolarakan Syukur, Berbagi untuk Negeri dengan Adaro Hidupkan Hati



Ada ungkapan yang bilang kalau pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga. Keberadaan ungkapan ini di tengah masyarakat jelas bukan tanpa alasan, pengalaman yang dialami secara langsung memang menjadi pelajaran yang paling mengena di hati dan akan lebih lama melekat di memori kita. 


Agaknya hal ini jugalah yang akhinya menginspirasi PT Adaro Energy Indonesia meluncurkan gerakan Adaro Hidupkan Hati pada Mei 2023 lalu. Memang nya apa sih Gerakan Adaro Hidupkan Hati itu? Sebesar apa dampaknya untuk masyarakat dan para karyawan Adaro? Pelajaran berharga apa saja yang didapat melalui pengalaman terjun langsung di gerakan Adaro Hidupkan Hati ini? Baca tulisan ini sampai selesai yaa.


Adaro Hidupkan Hati, Gelorakan Syukur, Berbagi untuk Negeri


For your information, Gerakan Adaro Hidupkan Hati merupakan sebuah gerakan berbagi yang sengaja diluncurkan dalam rangka ulang tahun Adaro ke-31. Tujuan nya tak lain adalah untuk mengajak seluruh elemen di Adaro dan para penerima manfaat agar lebih bersemangat dan senantiasa merasa cukup dan selalu bersyukur dalam menjalani hidup.



Dalam Acara Konferensi Pers nya beberapa waktu lalu, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Okty Damayanti pun sempat memaparkan laporan terkait pembagian 31 ribu paket sembako ini. Yup, jumlah yang tidak sedikit itu memang sengaja dipilih untuk menggambarkan rasa syukur Adaro karena mampu mempertahankan kiprah nya hingga 31 tahun. 


Pendistribusian nya sendiri sudah dilakuan sejak 14 Mei 2023 diKabupaten Tabalong hingga penyaluran terakhir nya pada tanggal 21 September 2023 di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah.Total nya kegiatan pembagian 31 ribu paket sembako ini berlangsung selama 5 bulan di 200 titik di tujuh provinsi yang ada di Indonesia, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.



Tentunya Adaro tidak sendiri melakukan proses pembagian paket sembako sebanyak itu. Selain pastinya hampir semua elemen yang ada di Adaro, Adaro pun menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra kolaborasi dalam proses nya. Di tahun kedua nya ini, lagi-lagi Adaro mempercayakan Rumah Zakat untuk mempermudah pendistribusian 31 ribu paket sembako ini agar lebih tepat sasaran. 


Rumah Zakat dipilih oleh Adaro karena memang dianggap memiliki kinerja dan kredibilitas yang baik dalam hal ini. Bisa dibilang Rumah Zakat memang sudah terpercaya dalam melakukan kegiatan sosial seperti dalam program Adaro Hidupkan Hati ini. Rumah Zakat pun memiliki jejaring amil dan relawan yang memiliki list data penerima manfaat sesuai kriteria Adaro. 



Nah menariknya, Adaro tak serta merta menyerahkan proses pendistribusian itu pada Rumah Zakat begitu saja, tapi juga mengajak jajaran direksi dan para karyawan Adaro untuk ikut terjun langsung dalam kegiatan ini. Harapannya, dengan ikut langsung dalam kegiatan ini, para direksi dan karyawan PT Adaro Energy Indonesia mendapat pelajaran berharga dari pengalaman yang mereka rasakan pada kegiatan ini.


Tak hanya menyalurkan paket sembako saja, para karyawan Adaro pun diajak ikut serta dalam program Employee participant Adaro Hidupkan Hati. Program ini mengajak para karyawannya untuk berinteraksi dengan para penerima manfaat dengan merasakan langsung pengalaman tinggal dan beraktivitas bersama para penerima manfaat. 



Seperti yang tadi aku katakan di awal, pengalaman adalah pelajaran  yang paling berharga dan akan melekat lebih lama di dalam memori kita. Tak hanya soal arti penting berbagi saja, di program ini, jajaran direksi dan para karyawan PT Adaro Energy Indonesia, secara tidak langsung juga diajarkan tentang bagaimana bisa lebih bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Yup, nyatanya di luar sana masih banyak orang yang kehidupannya jauh dari kata layak.


Harapannya simpel, setelah merampungkan kegiatan ini, semua elemen PT adaro Energy Indonesia, baik dari jajaran direksi hingga para kaywannya, dapat memiliki hati yang lembut dan mampu kembali bersemangat serta ikhlas dalam menjalankan pekerjaannya. Program Adaro Hidupkan Hati ini bisa dikatakan sebagai cara yang insya Allah mampu menyentuh sanubari mereka yang ada di Adaro dan keluarga nya.Adaro Hidupkan Hati, Gelorakan Syukur, berbagi untuk negeri.

0 comments:

Posting Komentar