18/10/23

Khawatir Resesi di 2023? Upgrade 5 Digital Skill Ini Yuk!

 


Kalau kalian termasuk salah satu dari sekian banyak masyarakat yang overthinking akibat mendengar isu tentang resesi 2023, toss kita sama. Jujur, aku pun sempat mengalami overthinking parah memikirkan bayang-bayang resesi itu. Bagaimana tidak? kondisi ekonomi keluargaku ini bisa dibilang masih jauh dari kata “aman” untuk menghadapi resesi yang mungkin saja benar-benar terjadi. 


Ditambah lagi, statusku sebagai mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan membuatku sedikit paham akan dampak resesi tersebut bagi keuangan suatu negara. Sayangnya, alih-alih membuat tenang, pemahaman tersebut malah membuatku jadi tambah overthinking. 


Sedikit info, berita tentang resesi ini bisa jadi bukan sekedar isu belaka loh, terbukti dengan adanya berita tentang kebangkrutan bank besar yang ada di Amerika itu. Gambaran gampangnya begini, jika negara adidaya seperti Amerika saja mengalami guncangan ekonomi pasca pandemi, lalu apa kabar dengan negara berkembang seperti Indonesia? Sedikit banyak pasti akan terpengaruh juga.


Saat ini mungkin kita semua yang ada di Indonesia masih bisa santai berbelanja, tapi tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan dampak resesi itu akan terasa oleh kita. Oleh karena itu harus ada cara untuk bisa mengamankan keuangan keluarga di tengah bayang-bayang resesi ini, salah satunya adalah dengan meng-upgrade skill atau kemampuan kita. 


Yup, jangan lagi berpuas diri dengan kemampuan yang sudah dimiliki saat ini. Sebelum dampak resesi itu benar-benar terasa di Indonesia, nggak ada salahnya kok buat kita terus meng-upgrade diri agar nanti bisa bertahan dalam berbagai situasi.    


Upgrade Skill? di GreatNusa aja!


Asyiknya, jaman sekarang itu udah serba mudah, termasuk saat kita ingin meng-upgrade skill atau kemampuan. Saat ini kita tak perlu bersusah payah mencari dan mendatangi tempat kursus hanya untuk meng-upgrade skill, semua sudah bisa dilakukan secara online di GreatNusa.



Buat yang belum tau, GreatNusa merupakan platform pembelajaran online yang memiliki berbagai materi pembelajaran berkualitas. Karena dilakukan secara online, pembelajarannya jadi bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dari mana saja. Menariknya, GreatNusa ini tuh menyediakan berbagai kursus mulai dari yang gratis sampai yang berbayar melalui website dan aplikasi. 


Nah untuk menghadapi bayang-bayang resesi 2023 ini ada beberapa kursus digital marketing online yang bisa dipelajari di GreatNusa nih, diantaranya adalah sebagai berikut,


  1. Langkah sukses membangun dan mengembangkan bisnis

Di kursus ini, nantinya kita bisa mempelajari berbagai hal tentang bagaimana caranya mengembangkan bisnis. Kursus yang satu ini memang dirancang untuk para pelaku bisnis yang ingin membangun dan mengembangkan bisnisnya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kita yang baru mau mulai berbisnis juga. 


  1. Pengantar CrowdFunding

Materi ini memang terdengar agak asing di telinga masayrakat awam seperti kita, tapi cukup layak dijadikan pilihan untuk meng-upgrade skill. Di kursus ini, nantinya kita akan diajak untuk mempelajari tentang berbagai hal terkait pembiayaan melalui internet.


  1. Toys R Us dalam perspektif Project Management

Kalau di kursus lainnya kita disajikan dengan contoh sukses para pebisnis, di kursus ini kita justru diajak menggali lebih dalam tentang kebangkrutan yang dialami oleh Toys R Us, perusahaan ritel terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 1600 toko di seluruh dunia. Dari kegagalan yang dialami itulah nantinya kita bisa mempelajari tentang bagaimana menjalankan proyek manajemen yang baik untuk keberhasilan bisnis. 


  1. English for Successful Meetings

Walaupun kita menjalankan bisnis di Indonesia, tapi tak jarang bahasa inggris juga masih diperlukan. Nah kursus ini sengaja dihadirkan buat kita yang ingin mengembangkan kemampuan berbahasa inggris dalam konteks bisnis baik secara lisan maupun tertulis. 


  1. Young Enterpreneurs Talk: How Creative Industries Statups Adapt with the Current Situation

Asyiknya, kita bisa mengikuti kursus ini secara gratis loh. dikemas dalam bentuk webinar, di kursus ini kita akan diajak untuk lebih memahami bagaimana industri kreatif dapat bertahan dan bangkit dari pandemi. 



Selain 5 kursus di atas, masih ada banyak kursus lain di GreatNusa yang bisa diikuti. Kita tinggal pilih aja kursus yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Semoga dengan terus meng-upgrade skill, kita bisa bertahan di tengah bayang-bayang resesi yang mungkin terjadi ini. Tetap semangat dan bismillah aja!


0 comments:

Posting Komentar