06/10/23

Pahlawan Cilik Bijak Air, Ajak si Kecil Jaga Siklus Air

 


Aku yakin berita tentang kota Bekasi mengalami krisis air bersih sudah sampai ke pelosok nusantara. Yup, kabar ini memang sudah diberitakan oleh media nasional dan jadi perbincangan di berbagai platform sosial media. Krisis air bersih yang terjadi di kota tempat tinggalku ini disebabkan oleh pencemaran limbah pabrik yang tidak dikelola dengan baik, dan makin diperparah karena el nino yang terjadi.

Kalau belum melihat langsung dampak kekeringan yang terjadi belakangan ini, mungkin sampai sekarang aku dan keluarga masih semena-mena melakukan pemborosan air. Harus diakui kejadian ini membuat kami sekeluarga jadi makin memahami arti penting air bersih bagi kita semua.

Tanpa sadar, selama ini sebagian besar dari kita memang menganggap air akan selalu ada untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Namun faktanya, air bukanlah sumber daya tak terbatas, ada siklus yang harus dijaga demi keberadaan air tersebut. Sampai saat ini ketersediaan air bersih memang masih menjadi peer besar bagi kita semua.




For your information, berdasarkan laporan USAID tahun 2021, permintaan air sudah melebihi pasokan air. Bahkan sumur-sumur yang ada di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi kering lebih awal pada musim kemarau. Parahnya lagi, tantangan pun diperberat dengan kualitas air yang semakin memburuk dari hari ke hari.

Alhamdulillah, hal ini pun menjadi perhatian Danone Indonesia yang terus aktif mendorong berbagai lapisan masyarakat untuk sama-sama melestarikan Sumber Daya Air. Tak hanya orang dewasa saja, Danone Indonesia bahkan mengajak anak-anak untuk ikut serta mengambil peran dalam program Pahlawan Cilik Bijak Air yang digaungkan nya. Penasaran dengan program Pahlawan Cilik Bijak Air dari Danone Indonesia ini? Baca tulisan ini sampai selesai yaa.

Pahlawan Cilik Bijak Air, si Kecil pun Bisa!

Alasan Danone Indonesia mendorong anak-anak beraksi untuk melestarikan Sumber Daya Air melalui program ini tak lain adalah karena ingin menanamkan kebiasaan baik pada calon pewaris bumi ini sedini mungkin. Selain itu, menjaga siklus air ini nyatanya bisa juga dilakukan dengan cara-cara mudah untuk anak-anak loh, mulai dari membiasakan gaya hidup hemat air, hingga mengajak si kecil untuk menanam pohon di sekitar rumah.




Cara-cara mudah melestarikan dan menjaga siklus air inilah yang masih suka diabaikan banyak orang. Terbayang ngga sih kalau setiap anggota keluarga di rumah bisa menerapkan gaya hidup hemat air atau menggunakan air seperlunya saja, Insya Allah kelestarian air pun akan lebih terjaga. .

Nah untuk menanamkan pemahaman ini pada anak-anak Danone Indonesia pun berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Lingkungan Departemen Teknik Sipil, fakultas Teknik, Universitas Indonesia dan Sekolah.mu untuk mengembangkan program Pahlawan Cilik Bijak Air ini. Program edukasi air ini sengaja didesain untuk siswa-siswa Sekolah Dasar (SD) dengan cara yang pastinya akan mudah dipahami oleh mereka.




Melalui program Pahlawan Cilik Bijak Air ini, Danone Indonesia menggandeng guru-guru tingkat SD untuk mengikuti pelatihan dalam bentuk Training of Trainer (ToT). Pada saat ToT inilah nantinya para guru akan dibekali materi-materi tentang edukasi air dan bagaimana cara menyampaikannya pada anak-anak. Harapannya, setelah menyelesaikan pelatihan ini, para guru tersebut bisa mengedukasi anak didik di kota asalnya.

Tak tanggung-tanggung, direncanakan akan ada 60 guru dari 60 sekolah di 30 provinsi yang akan mengikuti pelatihan ToT tentang edukasi air ini. Para guru yang mengikuti pelatihan ini pun akan dibekali modul edukasi air yang bisa digunakan untuk memberikan pengarahan pada anak-anak di sekolah asalnya.


Lagi-lagi Danone Indonesia kembali membuktikan komitmennya dalam menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang ada, termasuk sumber daya air. Aku sendiri sudah melihat langsung modul edukasi air yang resmi dilaunching beberapa waktu lalu. Menurutku, modul ini akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak karena memang disusun oleh para ahli yang memang kompeten di bidang tersebut.

Tenang, dalam waktu dekat, modul edukasi air ini pun akan bisa diakses oleh kita semua di Sekolah.mu yang memang menjadi salah satu mitra kolaborasi Danone Indonesia dalam program ini. Jadi, udah nggak ada alasan lagi ya untuk kita berdiam diri begitu saja, ingat selalu, air bukanlah sumber daya tak terbatas, ada siklus yang harus kita jaga bersama. Yuk semangat ajak si kecil jadi Pahlawan Cilik Bijak Air.


0 comments:

Posting Komentar