28/03/24

Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Inovasi Terbaru Prosesor Mobile dan CPU Data Center AMD

 



Gara-gara Chat GPT yang viral itu, sepertinya kita jadi lebih sering mendengar kata AI atau Artificial Intelligence, iya nggak sih? Jujur, aku pribadi pun baru menyadari keberadaan AI saat Chat GPT itu viral di sosial media. Yup, aku sendiri termasuk orang yang rajin menggunakannya untuk membantu beberapa pekerjaanku di dunia digital. Dan, aku yakin kamu yang sedang membaca blog ini pun adalah salah satunya.


Nah sayangnya, nggak banyak yang tau kalau ternyata kita semua tuh sebenarnya sudah sejak lama bersinggungan dengan teknologi AI jauh sebelum keberadaan Chat GPT itu. Hampir semua sektor bisnis telah menggunakan teknologi AI sebagai salah satu pendorong dalam transformasi industri nya. Mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik sudah menggunakan teknologi AI. Harus diakui belakangan ini teknologi AI memang sudah memberikan dampak yang signifikan di Indonesia.


Alhamdulillah, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk mengikuti acara Buka Puasa sekaligus mengulik lebih jauh soal teknologi AI Bersama AMD. Dari Bapak Brando Lubis, selaku Commercial Lead AMD Indonesia, aku pun bisa menyimpulkan keseriusan komitmen AMD dalam berinovasi, khususnya untuk implementasi teknologi yang sejalan dengan kebutuhan pasar saat ini. 




Ketika tau masyarakat saat ini lebih membutuhkan teknologi AI yang memang dapat mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan operasional, maka AMD pun kembali mengembangkan teknologi AI di setiap teknologi yang ditawarkannya. 


Tak tanggung-tanggung, dalam acara Buka puasa bersama AMD yang berjalan secara intimate tersebut, kami pun diajak berkenalan dengan teknologi prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis. 


Sebagai orang awam, aku pun sempat dibuat takjub dengan paparan dari Pak Brando Lubis yang menjelaskan soal kehebatan dari  teknologi prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile yang baru itu. Bagaimana tidak? Arsitektur Zen 4, grafis terintegrasi AMD RDNA™3, teknologi AMD PRO, dan Ryzen™ AI pada model tertentu, prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series terlihat memang dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. 





Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series untuk Mobile dengan Ryzen™ AI ini dibuat dengan teknologi 4nm terdepan di Industri dan membuat tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis. Gampangnya, setiap pelaku bisnis pasti ingin efisiensi di berbagai sektor dalam lini bisnis nya, termasuk soal prosesor yang digunakannya. Kalau bisa dibuat seefisien mungkin ya kenapa tidak kan?!


Dari paparan Pak Brando Lubis pun aku mendapat pencerahan kalau teknologi ini memang lebih efisien jika dibandingkan dengan produk kompetitornya. Sebagai contoh, teknologi terbaru AMD ini memiliki kinerja per watt hingga 29% lebih baik dibandingkan kompetitor saat menjalankan benchmark Procyon Overall, dan secara bersamaan menggunakan Microsoft Teams. 


Bahkan, saat melakukan konferensi video dengan Microsoft Teams, teknologi yang ada dalam prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 series ini mampu menawarkan ketahanan baterai hingga 70% lebih lama dibanding kompetitornya. Sekilas angka-angka ini memang tidak terlalu besar, tapi percaya deh, dalam dunia bisnis akan amat berpengaruh pada profit yang nantinya didapat.




Pokoknya, mesin AI yang ada di prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 series tertentu ini benar-benar merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium. Ngga cuma itu aja, teknologi ini juga menawarkan pengalaman kolaborasi  yang immersif pada platform Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Harapannya teknologi ini akan mampu membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktifitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI. 


Sepanjang acara buka puasa bareng AMD kemarin itu aku benar-benar dibuat terpesona sama kehebatan teknologi AI yang dipaparkan itu. Rasanya semua pekerjaan akan jauh lebih mudah jika menggunakan teknologi AI di prosesor-prosesor AMD ini. Jadi nggak sabar deh, menunggu gebrakan lain dari AMD soal teknologi AI kedepannya nanti. Kamu juga penasaran ngga sih? kalau iya, pantengin terus aja blog ini ya, insya Allah aku akan terus update soal teknologi terbaru dari AMD di sini.

0 comments:

Posting Komentar