23/03/24

Layanan BPJS Kesehatan Selama Libur Lebaran yang Wajib Kalian Tahu

 


Untung tak dapat diraih dan malang tak dapat ditolak, kurang lebih inilah bunyi peribahasa yang menggambarkan kalau sebesar apapun usaha kita menghindari, ada kalanya kita tetap harus mengalami musibah. Begitupun saat mudik lebaran nanti, semua pasti ingin perjalanan mudik nya lancar tanpa kendala tapi yang namanya musibah memang tidak bisa kita terka kapan terjadinya. Oleh karena itu, hal yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan semua nya sebaik mungkin, termasuk urusan perlindungan diri.


Yup, tak hanya perlengkapan mudik dan oleh-oleh untuk orang tua di kampung saja, perlindungan diri atau jaminan kesehatan pun wajib masuk dalam list persiapan mudik. Jangan sampai ketika diperlukan justru tidak bisa digunakan hanya karena kita belum mempersiapkan nya. Berkaitan dengan hal ini, BPJS Kesehatan selaku penyedia layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pun telah mempersiapkan berbagai hal untuk tetap bisa memberikan layanan selama libur lebaran.





Selama periode cuti bersama dan libur lebaran nanti, kita sebagai peserta JKN tidak perlu khawatir berlebih karena BPJS Kesehatan sudah berkomitmen untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan sesuai dengan prinsip portabilitasnya. Info ini aku dapatkan langsung dari Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, di acara press conference bersama BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu.


Prinsip Portabilitas tersebut akan diwujudkan dalam bentuk jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.  Gampangnya, kalau kita sedang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, maka kita tetap dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan. 


Tak hanya itu saja, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan lain selama periode cuti bersama dan libur lebaran tersebut, diantaranya adalah pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 sampai 12.00 waktu setempat, layanan non tatap muka melalui pelayanan administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) mulai pukul 08.00-12.00 WIB, serta layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN.



Asyiknya lagi, BPJS Kesehatan juga ikut menyediakan posko mudik di beberapa titik strategis di jalur mudik. Posko mudik BPJS Kesehatan ini tersebar di Terminal Pulo Gebang, Pelabuhan Merak, Rest Area Tol Travoy KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno -Hatta di Kota Makassar. Posko mudik BPJS Kesehatan dibuka mulai dari tanggal 5-9 April 2024. 


Saranku, kalau kalian sedang mudik dan kebetulan menemukan posko mudik BPJS Kesehatan ini, lebih baik mampir sebentar deh, karena ada berbagai layanan yang bisa kita dapatkan secara gratis di posko tersebut. Posko-posko itu melayani konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. 


Untuk lebih mempermudah, saat ingin menggunakan layanan BPJS Kesehatan dimanapun kita berada, hanya perlu menunjukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP saja, tanpa perlu fotokopi berkas lagi. Selama berobat sesuai prosedur, kita semua akan dilayani setara tanpa ada diskriminasi saat akan mengakses layanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.


Makanya, penting banget buat para peserta BPJS Kesehatan mendownload aplikasi Mobile JKN. Alasannya tak lain adalah karena hampir semua layanan JKN bisa diakses di aplikasi tersebut, termasuk untuk mencari posisi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saat kita berada di luar FKTP terdaftar. Dan pastinya yang tak kalah penting adalah memastikan kepesertaan kita selalu aktif dengan rutin membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan yaa.





0 comments:

Posting Komentar