Langsung ke konten utama

Mari Lanjutkan Aksi Tolak Penyalahgunaan Obat

Beberapa waktu yang lalu aku sempat bercerita soal adanya penyalahgunaan salah satu obat batuk. Obat batuk yang sedianya digunakan untuk meringankan gejala tersebut malah digunakan untuk merasakan efek nge fly. Dan ini benar benar terjadi di daerah rumahku.
Belum lagi kisah seorang artis yang tanpa sadar telah mengkonsumsi obat terlarang yang tadinya hanya ia ketahui sebagai obat penenang saja. Dan menambah deretan kasus penyalahgunaan obat hanya karena ketidaktahuan soal obat ilegal.

Sadar atau tidak kasus kasus penyalahgunaan obat seperti ini memang banyak terjadi disekitar kita. Oleh karena itu kita harus menggali lebih jauh soal obat obatan ilegal serta dampak dampaknya agar kita dapat terhindar dari penyalahgunaan obat ini. Alhamdulillah pada minggu 22 oktober 2017 lalu, aku berkesempatan untuk belajar lebih banyak soal obat, dampaknya serta penyalahgunaan nya dalam acara CFD di daerah bundaran HI.


Acara CFD kali ini agak istimewa karena diadakan oleh BPOM sebagai kelanjutan dari pencanangan aksi nasional tolak penyalahgunaan obat yang dilakukan langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu di Buperta Cibubur.

Seperti kita ketahui bersama kalau pada hari minggu masyarakat jakarta memang seakan tumpah ruah ke area CFD ini. Melalui acara CFD ini, BPOM bersama berbagai kalangan yang ikut serta mendukung acara ini berharap agar aksi nasional tolak penyalahgunaan obat ini dapat tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat luas.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Bapak Sobri, selaku Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional, Ibu Azizah Wati, selaku ketua IAI Jakarta, Ibu Nuning Siregar, selaku Ketua Bidang Umum Kowani, dan ibu Hikam selaku wasekjen Kowani ini ada mobil BPOM yang siap melayani semua pertanyaan kita soal obat obatan, dari mulai yang legal, ilegal sampai yang sudah ditarik dari peredaran karena banyaknya kasus penyalahgunaan obat tersebut.


Di mobil tersebut aku dijelaskan bahwa obat yang legal harus memiliki kelengkapan penandaan obat, berikut diantaranya..
1. Nama Obat dan Zat aktif yang terkandung didalamnya,
2. Logo obat yang berbentuk lingkaran sebagai identitas obat. Seperti Lingkaran hijau untuk obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. 
3. Nomor izin edar
4. Batas kadaluarsa
5. Kemasan obat harus dalam kondisi baik seperti segel tidak rusak, warna dan tulisan pada kemasan tidak luntur
6. Efek samping atau efek yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi setelah minum obat dalam takaran lazim
7. Indikasi atau khasiat atau kegunaan obat
8. Nama dan alamat industri farmasi

Dengan memperhatikan penandaan penandaan obat tersebut diharapkan kita dapat terhindar dari penyalahgunaan obat akibat minimnya pengetahuan kita soal obat obatan tersebut. Paling tidak diharapkan kita sudah tau mana obat yang bisa dibeli secara bebas dan mana obat yang memang harus dibeli dengan menggunakan resep dokter.

Setelah puas bertanya tanya pada si mbak di mobil BPOM tersebut kami pun melakukan jalan sehat dari mulai bundaran HI sampai ke Sarinah Thamrin sambil membawa beberapa spanduk berisi pesan pesan aksi nasional tolak penyalahgunaan obat ini. Tentu agar masyarakat luas yang tengah ber CFD ria ini pun bisa teredukasi dengan baik soal aksi ini dan bisa ikut mendukung aksi ini diwilayah nya masing masing.


Dalam acara yang juga turut mengundang perwakilan pelajar SMA dan mahasiswa dari perguruan tinggi farmasi di Jakarta, Ikatan Apotek Indonesia, Anggota Kongres Wanita Indonesia, Perwakilan BNN, serta kepolisian RI ini kami pun diajak untuk senam bareng didepan panggung loh... Selain itu ada juga pagelaran pagelaran seni seperti tari dan permainan alat musik tradisional yang memanjakan para peserta CFD.

Dan acara pun ditutup dengan jingle tolak penyalahgunaan obat yang dinyanyikan oleh para pelajar SMA sebagai perwakilan generasi muda yang memang merupakan sasaran utama dari para oknum penyalahgunaan obat yang tidak bertanggung jawab. 
Para pelajar SMA ini diharapkan dapat menjadi contoh teman teman sebayanya di belahan Indonesia bagian manapun untuk sama sama memerangi penyalahgunaan obat. Karena generasi muda akan lebih berprestasi tanpa penyalahgunaan obat ini.


Saya Cinta Indonesia, Saya Tolak Penyalahgunaan Obat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…