04/11/17

Turunkan Risiko Jantung Koroner Melalui Gerakan Jantung Sehat

Beberapa waktu yang lalu, dunia hiburan tanah air sempat digegerkan oleh berita meninggalnya penyanyi muda berbakat, Mike Mohede karena serangan jantung mendadak.  tidak ada yang menyangka hal ini akan menimpa penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol tersebut, sebab dari segi usia pun ia masih terbilang muda dan sebelum kejadian tersebut mike mohede pun dikabarkan dalam keadaan sehat dan baik baik saja. Ya... Begitulah sifat dari penyakit jantung, bisa menimpa siapa saja secara mendadak, seolah tanpa gejala... Padahal kalau kita mau lebih perhatian sedikit terhadap warning warning yang diberikan oleh tubuh kita mungkin kita bisa mencegah terjadinya serangan jantung mendadak seperti yang dialami oleh penyanyi muda berbakat tersebut. 


Penyakit jantung ini amat erat kaitannya dengan kolesterol yang merupakan suatu komponen penting bagi sel sel tubuh agar dapat beregenerasi dan tubuh secara keseluruhan dapat berfungsi dengan normal. Kolesterol ini dibagi menjadi dua jenis, kolesterol baik  dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang tinggi akan mempersempit dan mengencangkan arteri sehingga membuat seseorang dapat terserang penyakit jantung. Gaya hidup masyarakat  yang masih minim kesadaran akan pentingnya menjaga kolesterol dalam tubuh ini yang kemudian menjadikan penyakit jantung sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Indonesia Tangkal Kolesterol yang digagas oleh Nutrive Benecole mengajak kita untuk menurunkan risiko jantung koroner melalui Gerakan Jantung Sehat  dengan tag line " Yuk Ubah gaya hidupmu dan turunkan risiko jantung koroner "

Dalam acara yang diadakan pada Sabtu, 4 november 2017 itu, kita diajak mengenal lebih jauh dengan kolesterol dan penyakit jantung koroner melalui talkshow  Healthy Heart Talk oleh dr. Kabul Priyantoro, SpJP, FIHA, Practical Cooking Show oleh Fitria Andriyani, S.Gz dan aksi senam B-Fit 2.0 oleh Zin Ipunk serta cek kolesterol langsung di lokasi acara. 


Menurut dr Kabul Priyantoro SpJP, FIHA, saat ini penyakit jantung tidak melulu  hanya terjadi pada orang berusia lanjut saja, tapi juga bisa saja menyerang mereka yang masih terbilang muda.tentu ini diakibatkan gaya hidup tak wajaf yang sering kita lihat disekitar kita.

Sebenarnya agak kurang tepat kalau penyakit jantung dikatakan sebagai serangan mendadak, karena Selalu ada gejala yang seharusnya bisa kita rasakan sebelum terjadi serangan jantung mendadak tersebut, hanya saja kadang kita terlalu menyepelekan gejala gejala tersebut. Gejala gejala seperti perasaan mual, sering pusing, mati rasa pada bagian dada, dan detak jantung tidak teratur yang merupakan gejala awal penyakit jantung ini pun sering dianggap sekedar masuk angin atau kecapean belaka.


 Hal ini lah yang pada akhirnya menginspirasi  Nutrive Benecole  mengajak masyarakat Indonesia untuk turunkan risiko jantung koroner melalui gerakan jantung sehat yang terangkum dalam TANGKAL

T
=> Teratur periksa kolesterol

Pemeriksaan kolesterol paling tidak sebulan sekali untuk memantau kadar HDL, LDL, VLDL dan TGL. 

A => Awasi asupan dan pola makan

Menu makan sesuai porsi sehat ala My Cholesterol Free Plate Oleh Nutrive Benecole yang dipraktekan langsung oleh Fitria Andriyani seorang ahli gizi terbilang cukup mudah dilakukan. Hanya dengan mengikuti takaran sesuai kotak makan yang merupakan hadiah dari pembelian nutrive benecole dalam jumlah tertentu itu saja.


 Kira kira porsi nya adalah sebagai berikut... 
Porsi Karbohidrat selebar tangan
Porsi sayuran selebar genggaman tangan
Porsi ikan laut selebar tangan 
Porsi buah buahan selebar genggaman tangan 

N => Nikmati Hidup tanpa merokok dan minuman ber alkohol

Karena merokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung koroner dan stroke.

G => Giat berolahraga senam B-Fit 2.0 

Dalam acara yang diadakan di area Kal Care Grand Metropolitan Mall Bekasi ini, para peserta pun diajak melakukan latihan senam B-Fit 2.0 dengan dipandu oleh Zin Ipung. Senam yang dapat dilakukan di area kerja ini bermanfaat untuk melepaskan stress, memperbaiki postur,dan meningkatkan metabolisme. 
Secara umum gerakan senam ini hanya memerlukan kursi sebagai alat bantu nya.

K => Kendalikan Berat badan dan hindari stress

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan berlebihan yang mengandung lemak jenuh seperti, daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur. Jadi dengan mengendalikan pola makan agar berat badan terkendali maka kolesterol pun otomatis akan ikut teriendali.

A => Awasi tekanan darah 

Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko penyumbatan du pembuluh darah dan kolesterol akan mudah menyimbat pembuluh darah jika tekanan darah terlalu tinggi. Maka perlu dilakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan jaga agar tetap normal.

L => Lengkapi dengan Nutrive Benecole

Nutrive Benecole mengandung Plant Stanol Ester yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga 7-10% hanya dalam waktu 2-3 minggu saja.


Plat Stanol Ester ini sebetulnya terdapat secara alami pada sayuran dan buah buahan yang kita konsumsi sehari hari, namun jumlahnya terkadang terlalu sedikit dan amat jauh dari kandungan yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol. 
Dua sajian Nutrive Benecole mengandung 3,4 gr Plant Stanol Ester yang setara dengan 6 mangkuk Oat, 30 buah apel dan 30 buah pisang. 

Melihat kandungan serta manfaat yang bisa kita rasakan dari Nutrive Benecole ini, tentu harga yang tadinya terkesan mahal justru menjadi lebih ekonomis ya...

 Coba bayangkan berapa uang yang harus kita keluarkan untuk 6 mangkok oat, 30 buah apel dan 30 buah pisang, apakah lebih murah dibanding 2 sajian Nutrive Benecole ini...?? Pastinya tidak ya... Karena itu cara enak turunkan kolesterol ya Nutrive Benecole jawabannya...







2 komentar:

  1. Duhhh waspada banget ya sama kolesterol tinggi.Btw aku suka banget sama Nutrive Benecol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus waspada tingkat tinggi ya... dampaknya nyeremin banget si kolesterol ini...

      Hapus