17/02/18

Daftar BPJS Kesehatan tanpa antri di 1500400

Sebagian besar orang berpendapat kalau kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam resolusi disetiap awal tahun. Aku pun berpendapat demikian pastinya. Sayangnya dalam menjalani kehidupan, kita tidak mungkin akan terus merasa sehat, ada masanya dimana kita harus menikmati yang namanya penyakit. Hal inilah yang menjadi alasan utama kita untuk menyiapkan suatu asuransi kesehatan sebagai antisipasi melewati masa sakit tersebut.



Bagi mereka yang berada dikalangan berada, memilih asuransi kesehatan tentu bukanlah suatu hal yang sulit. Bisa dibilang amat mudah malah, tinggal pilih saja asuransi yang memiliki fasilitas terkece. Tapi, bagi para saudara kita yang masih berada di kalangan menengah kebawah, memiliki asuransi kesehatan merupakan ‘barang mewah’ yang seringkali tidak terjangkau.

Padahal yang namanya jaminan kesehatan itu seharusnya adalah hak semua warga negara tanpa memandang status sosialnya, baik itu si kaya maupun si miskin. Nah untuk menyikapi hal ini, Alhamdulillah pemerintah sudah menawarkan BPJS Kesehatan sebagai salah satu solusi nya.

Lewat prinsip gotong royong yang diusungnya, BPJS Kesehatan ingin merealisasikan sila kelima pancasila yang berbunyi “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dengan menerapkan sistem urunan atau patungan dari yang sehat untuk yang sakit, dan dari yang kaya untuk yang miskin tanpa mengurangi pelayanan yang diberikan.

Meski tak bisa dipungkiri kalau dalam perjalanannya melayani masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan seringkali terkesan kurang baik, tapi menurutku sih masih bisa dimaklumi. Bagaimana tidak? BPJS Kesehatan ini ibaratnya seperti membuat pesawat sembari terbang. Dalam artian, BPJS Kesehatan masih dalam proses pengembangan sembari tetap berusaha untuk memberikan layanan nya yang terbaik. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, jadi bila ada sedikit trouble di sana sini seharunya kita masih bisa mentolerir dan berusaha bersama untuk memperbaikinya, bukan malah terus terusan mengkritisi tanpa ada tindakan nyata yang kita ambil.

 Pendalaman soal BPJS Kesehatan ini aku dapatkan saat aku mengahadiri acara Ngopi bareng JKN pada Rabu, 14 Februari 2018 yang lalu di Kafe The Hook. Dalam acara tersebut dihadirkan tiga narasumber , yaitu Upik Handayani selaku Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan, Charles Bonar Sirait selaku public figur ternama dan iwan setyawan selaku Inspiring people. 



Seperti yang kita ketahui bersama, diawal berdirinya BPJS Kesehatan, kita akan dihadapkan pada antrian yang sangat panjang saat melakukan pendaftaran untuk peserta mandiri di kantor cabang masing masing. Bahkan saking panjangnya antrian, terkadang kita musti stand by dari subuh. Meski saat itu sistem pendaftaran online sudah mulai diterapkan juga, tapi seingetku dulu kita tetap harus ke kantor cabang untuk melakukan pendaftaran ulang dan pengambilan kartu fisik BPJS Kesehatan milik kita.

Antrian yang panjang saat akan melakukan pendaftaran peserta mandiri ini lah yang menjadi kendala tersendiri bagi kita yang juga ingin merasakan manfaat gotong royog dari BPJS Kesehatan. Menanggapi hal ini BPJS Kesehatan pun sedang dan akan terus berbenah diri agar dapat melayani masyarakat dengan lebih maksimal lagi, Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Layanan tersebut tidak lagi hanya sebagai pusat informasi dan pengaduan saja, tapi juga berbagai layanan keren lainnya, seperti sebagai kanal pendaftaran peserta mandiri, Tanya dokter, dan survey singkat soal pelayanannya.

Jadi sekarang masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta mandiri BPJS Kesehatan, bisa dilakukan cukup lewat telepon ke 1500400 saja. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti Nomor KArtu Keluarga, Nomor induk Kependudukan (NIK), Nomor rekening tabungan  (BRI/BNI/Mandiri), Nomor Handphone, Alamat Email, dan alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu). Setelah persyaratan tersebut siap, kita bisa langsung menghubungi 1500400 untuk nantinya dilayani oleh Agent Care Center.



Pendaftaran via BPJS Kesehatan Care Center ini terjamin aman karena akan ada rekaman pembicaraan antara kita sebagai calon peserta dan Agent Care Center sebagai bukti pendaftaran kita. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengakhiri pembicaraan sebelum ada konfirmasi dari Agent Care Center yang menyatakan bahwa proses pendaftaran telah selesai dilakukan.

Nah selanjutnya, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirimkan ke nomor handphone atau email kita. Setelah itu jangan lupa untuk sesegera mungkin menyelesaikan proses pembayaran iuran pertamanya paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Oiya selain itu, jika kita melakukan pendaftaran via BPJS Kesehatan Care Center ini, kita juga diwajibkan untuk menandatangani persetujuan auto debet pembayaran selanjutnya.

Dengan adanya fasilitas pendaftaran melalui BPJS Kesehatan care Center ini, diharapkan masyarakat akan semakin bersemangat untuk saling bergotong royong dalam lingkar BPJS ini. Jadi, kalian sudah punya kartu BPJS belum teman...? Hayuk atuh cepet bikin, wong bikinnya juga gampang kok... Tinggal telepon aja 1500400... *pssstt pastikan pulsa kamu terisi sebelum telepon ya...



2 komentar:

  1. Aku ada BPJS tpi kayaknya udah mati gara2 lupa bayar iurannya. Padahal manfaatnya bnyk bgt.

    BalasHapus
  2. Kalau pakai telp rumah yg perlu khawatir pulsa habis. Btw itu bebas pulsa gak

    BalasHapus