06/05/19

#PunyaSimpenan Emas lebih aja agar prioritas mu tercapai



Pada tulisanku sebelumnya, aku pernah membahas soal mengatur keuangan keluarga dengan menggunakan sistem alokasi pengeluaran berdasarkan acuan presentase, tepatnya pada tulisan Bijak kelola keuangan keluarga. Sistem pegaturan keuangan tersebut jelas tidak salah jika diterapkan pada keluarga yang memang memiliki keuangan sehat, namun akan menjadi sedikit bermasalah jika digunakan oleh keluarga lain yang keuangannya belum baik.

Aku katakan demikian karena pemasukan yang diterima masing-masing keluarga pasti berbeda, jadi tidak bisa langsung di-sama-rata-kan begitu saja dengan sebuah presentase. Hal ini sempat mengendap cukup lama dalam pikiranku hingga pada beberapa waktu lalu aku mendapat sebuah insight baru dalam hal pengelolaan keuangan keluarga ketika menghadiri acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Treasury di South Quarter Tower beberapa waktu lalu.



Kak Melvin Mumpuni, seorang Financial Planner sekaligus founder Finansialku yang kala itu didaulat sebagai pembicara dalam acara tersebut pun sempat memaparkan tentang perbedaan yang mungkin  akan terjadi di setiap keluarga saat akan mengatur keuangan keluarganya. Ada banyak faktor yang memunculkan perbedaan-perbedaan tersebut, namun yang ditekankan oleh Kak Melvin adalah kebutuhan apa yang menjadi prioritas bagi sebuah keluarga, nantinya prioritas inilah yang akan menjadi pedoman dalam pengelolaan keuangan keluarga secara keseluruhan.

Sebagai contoh, misal nya saja, pada keluarga A ingin memprioritaskan pendidikan anaknya yang saat ini sudah memasuki masa SMA. Dengan begitu, pengelolaan keluarganya akan otomatis berpusat pada cara-cara untuk mencukupi prioritas tersebut, seperti dengan mengurangi alokasi dana untuk kebutuhan lain demi mencukupi dana pendidikan itu.



Nah untuk dana besar yang harus disiapkan oleh sebuah keluarga agar prioritas nya bisa tercapai, Kak Melvin menyarankan untuk menabung dengan besaran yang sudah dihitung dari pembagian besarnya dana tadi dengan waktu menabungnya.Namun mengingat inflasi yang pasti akan terjadi seiringberjalannya waktu, maka Kak Melvin pun kembali memberi tips sederhana untuk mengatasinya, yaitu menabung di tempat aman yang pastinya memiliki kemungkinan kecil untuk tergilas inflasi.

Adakah tempat menabung seperti itu...? sebenarnya tanpa kita sadari, sudah sejak dahulu kala para orang tua kita sudah memberi nasehat soal menabung aman ini, yup aplagi kalau bukan dengan memiliki emas sebagai tabungan jangka panjang. Meski nilai emas tersebut akan naik turun setiap waktu, namun jika dibuat grafik, maka akan langsung terlihat bahwa nilai emas itu memang cenderung naik sesuai inflasi yang terjadi. Dari sinilah banyak yang menyarankan untuk memiliki emas sebagai tabungan aman jangka panjang.



Namun meski begitu, jangan beranggapan kalau emas itu adalah investasi ya, karena keuntungan yang didapat dari memiliki emas ini hanya sebatas menjaga nilai uang saja, tidak sebesar investasi jenis lain.  Jadi jika kita ingin menabung jangka panjang agar dapat mencapai prioritas keluarga maka menabung emas adalah pilihan yang tepat.

Menabung emas di era digital seperti saat ini pun terbilang cukup mudah, bisa dengan cara offline seperti yang biasa dilakukan para orang tua jaman dulu dengan membelinya di toko emas terdekat, atau bisa juga menabung emas secara online, seperti menabung emas di Treasury misalnya.



For your information, Treasury merupakan situs perdagangan serta penyimpanan emas batangan dan perhiasan secara daring melalui website dan mobile apps. Untuk menjamin keamanan, Treasury pun telah bekerja sama dengan   UBS sebagai penyedia emas dengan sertifikat ISO serta telah mencatatkan diri di OJK dan telah melengkapi semua persyaratan agar dapat terdaftar di OJK tersebut.

Menariknya, ada satu fitur di Treasury yang bernama teman Treasury dimana kita bisa ikut andil dalam mempromosikan aplikasi ini pada orang terdekat dan mendapatkan tabungan emas dari hal tersebut. Nantinya kita akan mendapatkan sebuah kode referensi yang bisa lagsung disebarkan, dan kabar baiknya adalah bukan hanya kita saja yang mendapatkan bonus emas tersebut tapi orang yang memakai kode referensi kita itu pun akan mendapat tabungan emas juga, yah istilahnya simbiosis mutualisme gitu deh...



Jadiiii... kira-kira apa aja nih prioritas keuangan keluarga mu...? Udah siap #PunyaSimpenan emas lebih di Treasury demi mewujudkan prioritas mu itu...? Psssttt... kalau kalian ingin download Treasury boleh kali pakai kode referensi TRS-natara aja... hehehe...

0 komentar:

Posting Komentar