03/05/19

Strategi promosi koperasi bikin kita kenal lebih dekat dengan koperasi zaman now


Strategi promosi koperasi


Perkembangan teknologi digital belakangan ini tuh memang seolah seperti sedang berlari saling kejar-kejaran satu sama lain. Mau tidak mau kita semua dituntut untuk dapat terus mengejar kemajuan teknologi digital tersebut agar tidak tertinggal jauh dibelakang. Hal inilah yang pada akhirnya membuat Kementrian koperasi dan UKM terus berbenah terutama dalam hal strategi promosi koperasi.

Agak miris memang, semangat koperasi yang dulu selalu digaung-gaungkan oleh para tetua Indonesia itu, saat ini agak kurang terdengar di kalangan para generasi milenial yang notebene adalah penerus bangsa ini di masa depan. Kementrian koperasi dan UKM sendiri cukup menyadari hal ini, Oleh karena itu demi menemukan formula khusus soal strategi promosi koperasi ini, beberapa waktu yang lalu diadakan lah Forum diskusi yang fokus membahas permasalahan tersebut.

Strategi promosi koperasi


Agar lebih tepat sasaran, pada forum diskusi tersebut tak hanya pihak kementrian koperasi saja yang diikutsertakan, tapi juga perwakilan dari generasi milenial, blogger dan beberapa penggerak media sosial. Ya, bisa dibilang Kementrian koperasi ingin mengajak para generasi milenial yang lebih paham soal dunia digital saat ini untuk sama-sama berembuk soal harapan akan seperti apa kementrian koperasi dan UKM kelak di masa depan.

Sebenarnya, strategi promosi koperasi saat ini sudah terbilang cukup baik hanya kurang melakukan pendekatan pada dunia digital seperti sosial media. Karakteristik koperasi sekarang yang memberikan kesempatan lebih pada anak muda untuk berekspresi menunjukan kreativitasnya di berbagai event koperasi pun sudah menunjukan kemajuan. Namun tetap masih terasa kurang maksimal dan kalah jika dibandingkan dengan kementrian-kementrian lain yang sudah lebih dulu terjun di dunia digital ini.

Strategi promosi koperasi


Koperasi sendiri akan amat membantu para generasi milenial yang kekurangan modal saat membuka usahanya, jadi akan amat disayangkan jika semangat koperasi ini hilng begitu saja ditelan jaman jika kita semua tidak berperan aktif menjaga koperasi di mata masyarakat.

Strategi promosi koperasi di sosial media


Menariknya, dalam acara forum diskusi tersebut, dihadirkan pula Kak Abdalla Gifar Abisena, seorang konten kreator Dewan Film Kota Bandung yang paham betul dengan dunia digital ini. Kaka ganteng tersebut memaparkan beberapa hal penting yang juga bisa kita terapkan untuk diri sendiri, berikut diantaranya,



Buat konten kreatif yang milenial banget


Ya, kementrian koperasi disarankan untuk mengelola sosial medianya secara santai dan terbuka agr menarik perhatian para anak muda untuk cari tau lebih jauh soal perkoperasian. Hal ini dianggap sebagai strategi promosi koperasi yang terbilang ampuh.

Sebagai contoh, sebut saja akun twitter 2 brand ojek online misalnya, dalam pengelolaan akunnya tersebut sang admin terbilang santai dan terkesan nyeleneh, tapi hal inilah yang menjai daya tarik tersendiri. Bayangkan saja, andai akun sosial media dari koperasi bisa seinteraktif akun-akun tersebut, maka tidak menutup kemungkinan koperasi bisa jauh lebih dekat dengan para anak muda bukan...?!

Strategi promosi koperasi


Konten video untuk strategi promosi koperasi lebih baik daripada konten foto


Saat ini, konten video memang masih cukup diminati oleh para generasi milenial, namun para ahli teknologi digital telah memprediksikan kalau kedepannya konten video akan lebih disukai dibanding konten foto. Jadi, daripada menunggu konten foto hilang ditelan jaman, tentu akan lebih baik jika kementrian koperasi mulai menggarap konten video untuk diupload di semua sosial medianya.

Penggunaan hastag yang clickable dianggap strategi promosi koperasi yang jitu.


Selain untuk menjadi perbincangan, hastag yang unik itu seringkali berhasil menarik perhatian para anak muda dan membuat mereka cari tau ebih jauh perihal hastag tersebut. Jadi jika kementrian koperasi bisa menemukan hastag yang tepat serta clickable tadi tentu akan makin mempermudah kementrian koperasi masuk kedalam dunia anak milenial tersebut.

Kurang lebih hal-hal tersebut lah yang menjai bahan perbincangan kami dalam forum diskusi tersebut, kira-kira apakah kalian punya ide lain yang bisa diterapkan oleh kementrian koperasi...? Atau adakah hastag yang terlintas di pikiran kalian untuk menjadikan kementrian koperasi ini bahan perbincangan di kalangan para generasi milenial...? yuk di share dan kita diskusikan bareng teman....




0 komentar:

Posting Komentar