10/07/19

Start Up ini Bisa Buat Liburan Jadi Low Budget Sambil Memajukan Perekonomian Daerah




Jujur, aku merasa agak sedikit miris ketika melihat postingan para seleb saat memamerkan liburannya yang mewah ke masyarakat luas. Alasannya tak lain adalah karena postingan tersebut seolah menggiring opini publik bahwa liburan itu hanya berlaku bagi kaum menengah ke atas saja. Bahkan tak jarang banyak yang akhirnya berpendapat jika tak punya tabungan lebih ya tidak usah pergi berlibur.



Padahal kenyataannya, tekanan hidup serta rutinitas harian yang membosankan dan hanya bisa diatasi dengan liburan itu juga bisa saja dialami oleh mereka yang berada di kalangan menengah ke bawah. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa pekerjaan yang memang mewajibkan para pekerjanya untuk senantiasa memiliki pikiran fresh agar bisa menelurkan ide-ide kreatifnya tanpa harus melirik isi dompet atau jumlah uang di rekeningnya.





Dari situ saja seharusnya sudah bisa langsung kita simpulkan bahwa liburan dibutuhkan oleh semua orang. Namun aku juga tidak bisa memungkiri kalau liburan memang membutuhkan budget khusus yang bagi sebagian orang tidak bisa dianggap kecil. Kalau boleh jujur, aku pun cukup perhitungan soal budget liburan ini, contohnya saja saat beberapa waktu yang lalu aku memilih berlibur ke daerah Bogor.

Ada segudang alasan kenapa akhirnya aku memilih kota Bogor yang notabene tidak begitu jauh dari tempat tinggalku, selain karena aku tetap harus stand-by ketika ada tawaran job di ibu kota, budget yang lebih hemat pun menjadi salah satu alasanku pastinya.




Nah trik yang paling mudah aku terapkan untuk menekan budget liburan itu adalah dengan `memilih akomodasi yang sesuai budget. Menurutku, saat berlibur ke luar kota sebenarnya kita tidak membutuhkan hotel bintang 5 dengan segala fasilitasnya itu. Logikanya begini, saat kita berkunjung ke luar kota, sedekat apapun kota itu, maka hal utama yang pasti ingin dilakukan adalah meng-eksplore habis-habisan tempat wisata di kota tersebut, dan kamar hotel hanya sebagai tempat singgah untuk beristirahat saja, jadi tentu akan amat disayangkan jika kita membayar hotel bintang 5 yang hanya dipakai untuk tidur saja bukan?

Tenang saja, tak perlu malu untuk blak-blakan bilang kalau kita perhitungan soal budget hotel, karena berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Katadata.co.id, 91% wisatawan Indonesia memang mempertimbangkan harga kamar saat berlibur, jadi bisa dikatakan aku tuh hanya 1 diantaranya.




Bicara soal memilih kamar hotel yang sesuai budget itu sekarang tidaklah terlalu sulit karena sudah ada Airy , salah satu virtual hotel operator yang berani menyediakan jaminan kenyamanan terstandarisasi dengan low budget. Setiap kali akan berlibur, aku selalu memilih akomodasinya di aplikasi Airy yang bisa di-download secara gratis di Play store atau apps store. Selain kepastian mendapatkan kamar hotel yang aku butuhkan, kisaran harga sewa kamarnya yang amat low budget itu pun jelas membantuku menekan biaya liburan.

Menariknya, dalam sebuah diskusi panel yang aku hadiri beberapa waktu lalu, aku mendapati beberapa fakta keren seputar Airy yang membuatku semakin jatuh hati pada aplikasi ini. Diantaranya adalah misi Airy dalam memajukan pariwisata Indonesia serta peranannya mengurangi angka pengangguran di Ibu pertiwi tercinta ini.




Sungguh akan amat disayangkan jika Indonesia yang begitu indah ini tidak dikenal luas oleh masyarakatnya sendiri dan dunia hanya karena kurangnya fasilitas akomodasi yang memadai. Aku sendiri cukup mengapresiasi misi dari Airy ini, tak terbayang berapa budget yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke luar pulau jika tidak bisa menemukan hotel budget yang sesuai, mengingat biaya transportasinya saja sudah cukup mahal.

Kabar baiknya lagi, dengan bangkitnya perhotelan di daerah, jelas akan membuat perekonomian di daerah tersebut pun otomatis ikut menggeliat. Terlebih lagi, saat ini Airy telah menerapkan teknologi 4.0 yang memiliki kualitas kelas dunia dengan full property management system yang memudahkan pemilik hotel di masing-masing daerah.




O iya ada satu hal terkait pemilihan tenaga kerja di Airy yang aku acungi jempol. 51% pegawai mitra Airy itu ternyata berasal dari latar belakang pendidikan SMA/SMK non pariwisata yang biasanya sama sekali tidak dilirik oleh perhotelan. Pemilihan ini sama sekali bukan karena Airy tidak berkualitas tapi semata-mata karena memang ingin mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Meski mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang perhotelan, namun 9 dari 10 pegawai mitra Airy tersebut mengaku ketrampilannya meningkat dan bermanfaaat untuk pekerjaannya di Airy setelah mengikuti Airy Community.




Dengan adanya hotel budget yang ditawarkan Airy ini, liburan pun makin nyata untuk semua orang tanpa memandang status sosialnya, isi dompet atau saldo di rekening. Jadi, sudah tidak ragu lagi dong untuk menyiapkan liburanmu…? Psttt… kalau butuh teman liburan boleh kali ah kita liburan bersama.

3 komentar:

  1. sebagai pecandu traveling, aku slalu nyisihin 60% gaji masuk ke tabungan jalan2 :D. secinta itu memang ama jalan2. tp kalo utk urusan hotel, akh liat sikon dulu mba. so far sih, aku cndrung milih tiket pesawat promo drpd hotel budget. tp memang semua tergantung sikon. kalk liburan kayak kemarin ke jepang, ith aku cari hotelnya pasti budget :D. krn hotel berbintang di jepang, hrgnya kdg nyaingin hrg motor :D. jd pasti aku pilih budget.

    cm pas di negara2 asia tenggara, aku seringnya coba hotel yg berbintang, krn budgetnya msh masuk :D. trutama indonesia, hotel berbintangnya msh terjangkau banget. itu yg aku suka kalo liburan msh sekitaran asia tenggara.

    tp ga harus selalu gitu. krn kalo sdg jalan ama temen, ya aku ikut maunya mereka :D. krn bbrp di antara mereka pgnnya cari hotel murah utk nekan budget. yo wiiis, akh manut :D. esensi liburan toh supaya bisa menikmati bersama ;). pernah coba airy sekali, pas liburan ke solo. iseng aja nyobajn aplikasinya apalagi krn sda voucher wkt itu. not bad lah akomodasinya... utk hitungan budget, mereka mah udh sangat lumayan fasilitasnya. std kamar dan perlengkapan juga oke . aku pribadi ga masalah kalo booking penginapan dr airy lagi

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing, sukses terus..

    BalasHapus
  3. Thanks to Airy ya, yang bikin hotel budget jadi terjangkau juga nyaman. Dan yang saya suka, pilihannya makin banyak yaaa...

    Eh... tapi Airy ngga cuma memoles hotel budget ya, tapi meningkatkan kemampuan SDMnya dengan membentuk Airy Community ya.

    Good luck Airy, tambah sukses dan tambah banyak jaringan hotelnya yaa....

    BalasHapus