11/07/19

4 Cara bijak dalam pengajuan kartu kredit yang wajib kalian ketahui


pengajuan kartu kredit

Kalau boleh jujur, aku bukan termasuk tipe orang yang suka menggunakan kartu kredit. Mungkin hal itu pula lah yang akhirnya membuatku tidak memiliki kartu kredit hingga saat ini. Sayangnya, pekerjaanku yang begitu erat kaitannya dengan optimasi sosial media seolah menuntutku untuk mau tidak mau melakukan pengajuan kartu kredit, tepatnya untuk ‘membeli beberapa aplikasi di google playstore yang acapkali meminta kita menggunakan kartu kredit dalam sistem pembayarannya. Tak hanya itu saja, bahkan untuk sekedar mempromosikan postingan di sosial media untuk menambah traffic-nya pun lebih banyak mengandalkan kartu kredit.

Menariknya, kartu kredit ini ibarat dua sisi mata uang, kartu kredit bisa mendatangkan begitu banyak manfaat jika bisa digunakan secara bijak, namun juga bisa menjadi senjata paling ampuh untuk menghancurkan kita jika salah langkah. Seperti pada kasus yang dialami oleh seorang temanku di facebook misalnya, ia kaget begitu mendapati tagihan kartu kredit nya yang berjuta-juta hanya digunakan untuk pembelian permainan di playstore yang dilakukan oleh anaknya atau kasus lain dimana seseorang terlalu terlena ber-hedon ria menggunakan kartu kredit tanpa memikirkan tagihannya kelak.

O iya di tulisanku sebelumnya, aku pernah mengulas tentang hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengajuan kartu kredit pertama, tepatnya dalam tulisan bertajuk ‘ Mau lakukan pengajuan kartu kredit pertamamu…? Cek dulu rambu-rambu ini ya…’.   Nah kali ini, aku ingin coba untuk menulis tentang bagaimana caranya agar kita bisa lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit agar tidak terjerumus seperti kedua contoh diatas.


pengajuan kartu kredit


Sebenarnya menghindarkan diri dari jeratan kartu kredit itu bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan, berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing bersama teman, setidaknya ada hal yang harus selalu diingat dan diperhatikan, berikut diantaranya,

1.       Ingat selalu tujuan awal pengajuan kartu kredit

Di tulisanku sebelumnya, aku pun selalu mengingatkan untuk memahami terlebih dahulu tujuan dari pembuatan kartu kredit yang kita lakukan. Masing-masing orang pasti memiliki tujuan pengajuan kartu kredit yang berbeda-beda, tapi sebisa mungkin jangan sampai melenceng jauh dari tujuan awal, karena biasanya jika kita telah melenceng terlalu jauh dengan tujuan awal maka kita pun akan semakin terjerat dengan sisi negative kartu kredit itu.

2.       Perhatikan biaya tahunan dan limit kartu kredit.

Kenali lebih dalam sifat dan jenis kartu kredit yang kita miliki, selalu perhatikan biaya tahunan dan limit kartu kreditnya. Kalau boleh berbangga diri, aku sendiri sama sekali tidak pernah mencapai batas limit dari kartu kredit yang kumiliki loh, karena memang hanya digunakan untuk hal-hal yang benar-benar mendesak saja atau hal-hal yang memang hanya bisa dibayar menggunakan kartu kredit seperti saat pembelian aplikasi di playstore tadi misalnya.

3.       Cek kemampuan membayar

Dalam tulisanku yang bertajuk ‘ bijak kelola keuangan keluarga’ aku pun sempat menyinggung bahwa alokasi pengeluaran untuk membayar hutang itu diusahakan harus berada dibawah 30%. Alasannya tak lain adalah agar kondisi finansial keluarga secara keseluruhan tidak terganggu baik di masa sekarang maupun kelak di masa depan.

4.       Konsultasikan ke ahlinya

Sama seperti penggunaan system pembayaran lain, menggunakan kartu kredit pun tidak selamanya berjalan mulus, akan ada saja masalah yang mungkin kita temui sepanjang penggunaan kartu kredit tersebut. Oleh karena itu usahakan selalu konsultasikan masalah yang sedang kita alami seputar kartu kredit pada ahlinya.

O iya, untuk kalian yang baru ingin melakukan pengajuan kartu kredit, aku sarankan untuk selalu memilih tempat pengajuan yang memang sudah dijamin oleh OJK agar lebih aman, seperti di CekAja.com. Hal ini terbilang penting untuk menjga agar tak sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seputar pengajuan atau penggunaan kartu kredit yang kita miliki di kemudian hari.

For your information, Cekaja.com ini merupakan portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih bijak dalam mengambil keputusan finansialnya. Kerennya adalah, CekAja.com ini didukung oleh kecanggihan teknologi pembanding dan aplikasi kelas dunia serta tenaga professional yang ahli dibidangnya, sehingga akan lebih mempermudah kita dalam mengakses nya.

pengajuan kartu kredit



Terakhir, aku hanya ingin mengatakan kalau memiliki kartu kredit sebagai kartu sakti sama sekali bukan berarti kita bisa bebas berbelanja atau melakukan berbagai macam hal ya… Tetap perhatikan selalu rambu-rambunya, agar kita tidak terbelit hutang yang berjalan diatas kenikmatan sesaat tadi. Btw, buat kalian yang ingin tau lebih jauh soal CekAja.com bisa langsung cek ke website resminya di https://www.cekaja.com/kartu-kredit/  



sumber gambar : Pixabay

0 komentar:

Posting Komentar