21/07/19

Film Koboy Kampus, Buka-bukaan soal Masa Muda Pidi Baiq


film koboy kampus


Jujur, aku sempat bingung dengan apa yang ada dalam pikiran para koboy kampus yang seolah hanya membuang-buang waktu dan uang saja tanpa memikirkan masa depannya. Koboy kampus ini bisa dikatakan sebagai istilah yang sering disematkan pada para mahasiswa yang tak kunjung menyelesaikan kuliahnya karena berbagai macam alasan. Ada banyak sekali mahasiswa seperti ini di kampus-kampus ternama, bahkan orang sekelas ayah Pidi Baiq, sang penulis novel best seller Dilan, pun pernah menyandang gelar Koboy Kampus itu.  

Pandangan negatif terhadap mereka yang menyandang gelar tersebut jelas tak bisa dihindarkan, namun keberhasilan ayah Pidi Baiq saat ini seperti membuktikan pada dunia bahwa seorang koboy kampus pun bisa meraih kesuksesan yang diinginkan. Dari situlah ayah Pidi pun berinisiatif untuk membagikan kekonyolan masa mudanya saat menjadi koboy kampus di Institut teknologi Bandung tempatnya berkuliah dalam film berjudul Koboy Kampus yang akan tayang serentak di bioskop pada tanggal 25 Juli 2019 nanti.

Kurang lebih sama dengan sosok ayah Pidi saat ini yang humble dan berselera humor tinggi, ternyata masa mudanya pun tak jauh-jauh dari kedua sifat tersebut. Dalam film bergenre drama musical ini,  Pidi yang diperankan oleh Jason Ranti, mengajak teman-teman se-genk nya di jurusan seni rupa ITB untuk membuat sebuah Negara sendiri bernama Negara Kesatuan Republik The Panasdalam.

film koboy kampus


Alasan dibuatnya Negara baru ini tak lain adalah karena Pidi merasa tidak puas dengan teman-temannya sesama mahasiswa yang berdemo menentang pemerintah Indonesia kala itu. Menurutnya, daripada harus lelah berdemo tapi tidak mendapat apa yang diinginkan ya lebih baik buat saja negara sendiri. Terdengar agak bernuansa politik ya, namun tenang aja di film ini kita tidak akan melihat urusan-urusan politik yang njelimet itu, karena sepanjang penayangan film ini kita akan dimanjakan dengan kekonyolan demi kekonyolan para warga Negara The Panasdalam tersebut.

O iya meski dikatakan sebagai Negara baru, Negara kesatuan republic the panasdalam ini hanya memiliki luas sebesar ruang seni rupa di ITB saja, lucunya mereka bahkan menyediakan tempat untuk (ceritanya) kedutaan besar Inggris yang dipimpin oleh salah satu teman bule mereka. Ada ada saja memang kekonyolan warga Negara binaan ayah Pidi ini..

O iya, buat kalian yang pada tahun 1998 sedang menyandang status sebagai mahasiswa, kalian bisa sekaligus bernostalgia dengan film ini loh, karena memang setting waktu nya berada di era tersebut. Tapi tenang aja, buat yang pada saat itu tidak menjadi mahasiswa pun tetap bisa menikmati alur ceritanya kok, contohnya saja aku yang pada tahun 1998 itu masih duduk di bangku sekolah dasar, harus diakui sih ada beberapa part yang tidak kumengerti, tapi sama sekali tidak menggangu alur ceritanya.

film koboy kampus


For your information, film ini diproduksi oleh 69 Production dan MNC Pictures dengan dibintangi actor-aktor ternama yang pastinya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, seperti Jason Ranti ( Pidi Baiq ), Ricky Harun ( Ninuk ), Bisma Kharisma ( Deni ), David John ( Erwin ), Miqdad Auddasy ( Dikdik ), dan masih banyak lagi actor lainnya.

Aku sendiri sudah menonton film Koboy kampus pada saat berlangsungnya Press Screening nya beberapa waktu yang lalu, dan aku memberi rating 7/10 untuk film ini. So, buat kalian yang memang ingin tau kisah masa muda dari ayah Pidi Baiq, kalian wajib nonton film Koboy Kampus ini pada tanggal 25 Juli 2019 nanti ya…

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar