31/08/19

Mudah Kirim Uang Tanpa ke Bank, Bikin Usahamu Semakin Maju




Belakangan ini aku sedikit dibuat riweuh oleh pertanyaan demi pertanyaan dari seorang teman yang memutuskan untuk membuka usaha barunya. Ia memilih untuk bertanya langsung kepadaku jelas bukan tanpa alasan. Aku mungkin bukan seorang pakar ekonomi, tapi paling tidak, aku pernah berada dalam posisinya saat ini,  merintis sebuah usaha kuliner kecil-kecilan dan Alhamdulillah sempat mencicipi nikmat kesuksesan dari usaha tersebut.

Awalnya ia sempat mengajakku untuk bertemu langsung agar lebih enak saat berdiskusi, namun karena kesibukanku di dunia blogging, hingga saat ini aku pun belum sempat bertatap muka kembali dengannya. Sedikit demi sedikit pertanyaan seputar usaha yang pernah aku bangun itu memang telah kujawab melalui chat whatsapp, sayangnya rentetan chat tersebut kurang bisa memuaskan dahaganya, hingga akhirnya aku pun memutuskan untuk menulis artikel ini. Artikel yang kudedikasikan untuknya di sana dan untuk kalian semua yang ingin memulai usaha kecil-kecilan seperti usaha ku.


Inilah yang harus diperhatikan saat akan merintis usaha dengan bahan baku serba fresh


Kebetulan, usaha yang ingin dirintis oleh temanku ini sama dengan usaha yang pernah aku jalani, yaitu usaha tahu bulat. Kurang lebih seperti usaha kuliner lain, usaha tahu bulat pun membutuhkan bahan baku yang benar-benar dalam kondisi fresh. Jadi, jangan heran jika proses perputaran transaksinya terbilang cepat bahkan saking cepatnya bisa hanya dalam rentang waktu satu hari saja. Maksudnya adalah semua proses usaha, mulai dari membeli bahan baku, pengiriman, hingga penjualannya itu harus dilakukan dalam waktu tak lebih dari 24 jam saja.



Hal ini tentu bukan masalah besar jika bahan baku usaha kuliner tersebut berada di lokasi yang tidak begitu jauh, setidaknya masih dalam satu kota. Sayangnya dalam usaha tahu bulat, atau mungkin usaha kuliner serupa lainnya, bahan baku tersebut terpaksa harus didatangkan dari luar kota, dan ini jelas membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengiriman serta transaksi keuangannya agar tetap bisa fresh saat sampai di tangan pelanggan.

Dari sini aku pun mulai mengelompokan beberapa masalah terkait hal ini, yang mungkin akan membutuhkan perhatian khusus saat merintis usaha sejenis, diantaranya adalah sebagai berikut,

Pemilihan ekspedisi yang tepat


Sedikit gambaran singkat, aku mendatangkan tahu bulat langsung dari kota tasikmalaya yang berjarak sekitar 185km dari kota Bekasi tempatku merintis usaha tahu bulat ini. Karena berlainan kota dan harus melakukan pengiriman barang secara cepat, aku pun sepakat untuk menitipkan tahu bulat pesananku pada kondektur bus antar kota di malam hari. Paginya, aku akan menjemput pesanan tahu bulat tersebut di terminal dengan bermodalkan nomor seri bus yang telah diinfokan kepadaku melalui pesan singkat oleh sang produsen tahu bulat tersebut. Selain agar bisa sampai tepat waktu, cara ini juga berhasil memangkas biaya pengiriman yang akan amat berpengaruh pada manajemen keuangan usaha itu.

Cara tersebut juga bisa dijadikan alternatif pilihan ekspedisi yang murah meriah untuk para UMKM. Memang terkesan sedikit ribet, tapi cukup dapat diandalkan keefisienannya. Jika tidak ingin memilih cara ini untuk pengiriman, sekarang juga banyak opsi pengiriman cepat lainnya, syaratnya yang penting bisa sampai tepat waktu dengan biaya terjangkau pastinya.

Pemilihan cara transaksi yang tepat


Dalam usaha kuliner berbahan baku serba fresh seperti tahu bulat ini, tidak hanya proses pengirimannya saja yang harus cepat tapi juga proses transaksi keuangannya. Yup, karena semua hal harus dilakukan dalam waktu tak lebih dari 24 jam saja, maka kita pun akan dituntut untuk dapat melakukan transaksi keuangan dengan cepat tanpa harus terbatas jarak dan waktu.

Jangan langsung membayangkan bisa menggunakan aplikasi mobile banking sebagai sarana transaksinya, karena mobile banking itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memang memiliki saldo dalam rekening bank penyedia layanan mobile banking tersebut. Padahal kenyataannya, sebagian besar UMKM kita, termasuk aku sendiri saat itu, tidak memiliki saldo yang cukup dalam rekeningnya. Kalau sudah begitu mau tidak mau, transaksinya harus dilakukan di cabang bank terdekat.

pixabay.com

Sayangnya, bagi UMKM yang baru merintis dan masih mengerjakan semua hal seorang diri, transfer uang via teller bank guna membeli bahan baku itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang dipertaruhkan saat sang pelaku UMKM tersebut melangkahkan kakinya ke Bank. Salah satunya adalah ia harus rela mempertaruhkan waktunya yang berharga demi antri di Bank. Coba bayangkan berapa besar omset yang terpaksa melayang begitu saja karena harus merelakan waktunya untuk antri di Bank demi mendapatkan bahan baku keesokan harinya. Yup, bagaikan memakan buah simalakama, begitulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya.

Aku ingat betul bagaimana riweuhnya saat terpaksa harus menungu lapak usaha kami sembari menggendong si kecil ketika suami harus berangkat ke Bank untuk kirim uang ke produsen tahu bulat di Tasikmalaya. Oleh karena itu, jangan heran jika akhirnya aku menyarankan untuk mempersiapkan sarana transaksi yang tepat saat akan memulai usaha kecil-kecilan kalian.

TrueMoney, Solusi tepat mengirim uang tanpa ke Bank bagi pelaku UMKM


Kabar baiknya, sekarang kita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini lagi, karena sudah ada TrueMoney yang bisa membantu kita mengirim uang tanpa ke Bank. For your information, TrueMoney merupakan layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan kita melakukan transaksi melalui aplikasi di handphone dan EDC. Nah, hebatnya TrueMoney ini telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang yang dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh Indonesia.



Ada tiga layanan utama yang diberikan oleh TrueMoney untuk kita semua, diantaranya adalah, pengiriman uang tanpa ke Bank, pembayaran berbagai macam tagihan seperti Listrik, BPJS, telpon, PDAM, pembayaran cicilan kredit dan berbagai tagihan lainnya, serta pembelian voucher elektronik seperti untuk pulsa, token listrik dan game online.

Ketiga layanan tersebut jelas akan membantu kita semua terutama untuk para pelaku UMKM yang baru merintis usahanya, tapi yang ingin aku tekankan dan jelaskan lebih jauh adalah terkait kemudahan dalam mengirim uang. Layanan ini bisa dikatakan sebagai poin utama dari TrueMoney yang akan mempermudah kemajuan usaha kita.

Alasan penggunaan TrueMoney untuk kemajuan usaha


Dengan TrueMoney, kita bisa melewatkan opsi antri di Bank dan menggantinya dengan melakukan transaksi di Alfamart atau Alfamidi dan agen TrueMoney bertanda khusus saja. Ini jelas akan amat membantu para pelaku UMKM, karena dapat memangkas banyak waktu yang biasanya harus terbuang percuma untuk antri dan kirim uang di Bank.

Selain itu, jarak antara gerai Alfamart dan Alfamidi satu sama lain yang terbilang dekat juga ikut meminimalisir waktu yang harus terbuang itu. Ya wajar saja, karena sudah ada lebih dari 13.000 gerai Alfamart dan Alfamidi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini jelas masih lebih besar dibanding cabang bank, terbukti kita akan lebih mudah menemukan gerai Alfamart/Alfamidi dibanding cabang Bank. Menariknya lagi, transaksi kirim uang tanpa ke Bank melalui TrueMoney ini bisa dilakukan tanpa harus memiliki rekening di bank tertentu.  

doc: TrueMoney

Cara mudah kirim uang tanpa ke Bank melalui TrueMoney 

Cara kirim uangnya pun terbilang cukup mudah, kita hanya perlu mendatangi Alfamart/Alfamidi terdekat, lalu sampaikan pada kasir kalau kita ingin melakukan kirim uang melalui TrueMoney. Setelah itu kita akan diarahkan untuk mengisi formulir pengiriman serta menunjukan identitas diri yang masih berlaku. Terakhir, serahkan uang yang akan dikirim tersebut lengkap dengan biaya aministrasinya dan kita pun akan menerima struk atau bukti transaksi berisi kode MTCN. Nah kode MTCN inilah yang harus kita infokan ke calon penerima, dan nantinya digunakan untuk melakukan penarikan di Alfamart/ Alfamidi terdekat dari lokasi penerima.



Selain cara tersebut, ada cara mudah lain untuk kita kirim uang tanpa antri di Bank melalui TrueMoney, yaitu transfer melalui aplikasi TrueMoney yang bisa diunduh di PlayStore secara gratis. Jika sang penerima uang memiliki rekening BRI, cara ini lebih mudah dibanding cara yang tai telah aku jelaskan. Hal pertama yang harus kita lakukan setelah mengunduh aplikasi TrueMoney adalah mengisi saldo TrueMoney kita di Alfamart/Alfamidi terdekat. Untuk kepraktisan, sebaiknya isi saldo dengan nominal yang cukup untuk transaksi beberapa hari saja. Setelah saldo di TrueMoney kita terisi, selanjutnya kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi tersebut untuk melakukan kirim uang secara langsung.

O iya, besaran biaya administrasi yang dibebankan pada pengirim uang melalui TrueMoney adalah sebesar Rp 15.000,- untuk transaksi pengiriman maksimal Rp 1.000.000 dan Rp 25.000 untuk transaksi pengiriman maksimal Rp 5.000.000. Mahal kah…? Menurutku angka ini jauh lebih kecil dibanding omset yang mungkin akan melayang begitu saja akibat terlalu lama antri di Bank.



Dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh TrueMoney dalam hal transaksi kirim uang tanpa harus ke Bank ini, aku sih yakin, kita semua bisa sama-sama terbantu dan sukses merintis usaha masing-masing. So, tetap semangat untuk memulai usaha mu ya teman, ingat selalu, sekecil apapun jenis usaha yang kamu rintis, disitu lah kamu akan menyandang status sebagai bos besar. Bismillah, insya Allah usaha kita akan terus maju dan semakin berkembang.







22 komentar:

  1. Memudahkan banget ya, Saya termasuk orang yang bete banget kalau harus ke bank.
    Udah antri, ngabisin waktu banget.

    Dengan True Money ini, beneran praktis dan memangkas ongkos ke bank hanya untuk kirim mengirim uang.

    Keren deh True Money :)

    BalasHapus
  2. Gampiiilll banget buat kirim duit ya Mbaaaa
    Ini sih memudahkan siapa aja (terutama para pebisnis online) dalam hal transaksi keuangan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Jadi mudah ya kalo mau kirim uang lewat TrueMoney, tinggal ke Alfamart yang dekat rumah aja. Aku kadang juga malas pergi ke Bank karena selain agak jauh dari rumah juga harus antri.

    BalasHapus
  4. Cateeet ah, aku lagi pengin latihan bisnis juga nih, ada info keren begini mesti dicatet. Efisien ya gunakan TrueMoneey ini, waktu enggak terbuang harus ke luar rumah. Mana sekarang jalanan akin macet lagi, wah habis waktu.

    BalasHapus
  5. Bikin usaha harus bikin tabungan . Mahal buat buka rekening. 500 ribu Hal ini sangat merepotkan apalagi harus antri saat daftar

    BalasHapus
  6. baru aj aku dari bank kmrn, emang kalau g pake m banking atau apss buat transfer, ke bank itu makan waktu banget, belom antri, belom nunggu prosesnya juga, yg praktis2 keknya wajib punya buat zaman skrg apalagi buat usaha

    BalasHapus
  7. Saya gak suka ke bank. Antreannya suka gak nahan panjangnya hehehe. Enakan yang kayak begini. Lebih praktis dan bisa sekalian belanja :D

    BalasHapus
  8. Semakin mudah nih kirim mengirim uang kalau pakai TrueMoney ya. Aku pun paling malas kalau harus antri di bank. Pernah ngabisin waktu sampai 2 jam dan ini buang waktu banget.

    BalasHapus
  9. Efektif dan efisiensi banget yaaa aplikasi True Money ini!
    Jadi bisa menghemat waktu & tenaga. Bye Bye deh antri yang bikin bete & ngantuuuuuk hihi

    BalasHapus
  10. Swkarang memang enak karena banyak pilihan yaaa mba dan makin praktis pastinya

    BalasHapus
  11. Memudahkan banget pakai truemoney ya mbak, jadi enggak perlu repot kalau mau transfer uang dan sebagainya. Jadi mau download aplikasinya mbak hihi

    BalasHapus
  12. Waah baru tau secara detail ttg TrueMoneny selama ini cuma liat iklannya aja, ternyata membantu banget pelaku usaha UMKM yah mba

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu dengan True Money ini. Bisa aku rekomendasikan nih ke temen-temen yang bisnis.

    BalasHapus
  14. Mudah banget ya, Alfamart ada dimana-mana. Semoga pengusaha umkm terbantu.

    BalasHapus
  15. Ini solusi buat orang-orang yang gak punya rekening, atau gak bisa cara transfer uang ya bisa lewat True Money ke Alfamart, pratkis banget

    BalasHapus
  16. Wah makin banyak alternatif pilihan aja nih..baru tau yg truemoney ini..hidup jd makin praktis nih..

    BalasHapus
  17. Bener banget, lebih gampang nemuin Alfamart dan Alfamidi dibandingkan bank di lokasi tempat tinggal kita. Makin praktis ya bisa kirim-kiriman uang pake True Money.

    BalasHapus
  18. Save time banget ya mba pakai true money ini. Daripada harus antri di bank, belum kalau macet di jalan.

    BalasHapus
  19. Enak ya jadinya kalau mau kirim uang, belanja ke Alfamidi sekaligus kirim uang juga, bener2 memudahkan.

    BalasHapus
  20. Keren nih, sekarang sudah ada True Money yang memudahkan kita buat kirim uang tanpa ke perlu ke Bank. Saya juga lebih suka ada aplikasi kayak gini jadi praktis banget ya nggak perlu rempong2 lagi datang ke Bank.

    BalasHapus
  21. TrueMoney it's so True yaa...
    Simple dan memudahkan bagi yang punya sanak saudara tinggal di luar negeri dan ingin kirim uang.

    BalasHapus
  22. Eh, baru banget ini ya? baru tahu dari tulisan ini. Jadi penasaran buat mencoba deh. thx ya

    BalasHapus