01/08/19

Pentingkah Pemberian Vaksin Influenza pada Aanak..? Cek dulu di sini...




Pada tulisanku sebelumnya, tepatnya di tulisan yang berjudul ‘ Masih ragu imunisasi anak…? Cek dulu statuskehalalannya di sini…’, aku sempat mengulas berbagai hal tentang pentingnya imunisasi bagi anak kita lengkap dengan status kehalalannya yang sempat diragukan oleh beberapa pihak. Nah kali ini aku akan coba mengulas tentang salah satu vaksin yang belum dinyatakan wajib oleh pemerintah namun cukup bagus manfaatnya bagi tubuh kita. Vaksin yang kumaksud itu tak lain adalah vaksin influenza.

Mungkin sebagian besar masyarakat kita masih menganggap vaksin influenza tersebut belum penting untuk dilakukan karena gejala yang ditimbulkan ringan-ringan saja. Namun coba bayangkan jika anak kita sering terserang Influenza, bukankah pelajaran di sekolah serta aktivitas sehari-harinya juga akan ikut terganggu…?



Sekedar informasi saja, berdasarkan hasil survey, setidaknya ada sekitar 7000-26000 anak dibawah 5 tahun yang telah dirawat di Rumah Sakit karena influenza setiap tahunnya. Ini jelas bukan angka yang sedikit. Alasan terbesar kenapa anak-anak lebih rentan terkena influenza tersebut adalah karena sistem imun mereka yang belum terbentuk sempurna, bahkan tak jarang virus Influenza yang menyerang itu menimbulkan komplikasi lain seperti Pneumonia, bronchitis, serta Infeksi sinus dan telinga.

Jadi, menurutku sih jangan pernah meremehkan virus yang satu ini, karena meski sering dianggap sebagai penyakit ringan namun ternyata bisa beresiko tinggi terhadap anak. Paling tidak kita harus mengenal lebih jauh dulu tentang segala hal yang berkaitan dengan Influenza tersebut. For your information, Influenza atau Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan terinfeksinya hidung, tenggorokan dan paru-paru oleh virus Influenza.



Gejala-gejala yang ditimbulkan kurang lebih seperti meriang biasa saja, diantaranya adalah sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, merasa kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, demam 39,4 oC – 40 oC, serta nyeri badan. Kalau kita saja yang sudah dewasa akan merasa tidak nyaman saat terserang flu, maka apa jadinya jika anak kita yang terserang. Duuuh rasanya tidak sampai hati deh melihat tubuh mungilnya itu harus merasakan Influenza tersebut.

Nah sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menghindarkan si kecil dari penyakit flu ini, salah satunya adalah dengan memberikan perlindungan vaksin Flu tahunan yang bisa diberikan mulai usia 6 bulan keatas. Dengan pemberian vaksin flu ini, insya Allah anak kita akan terhindar sepenuhnya dari virus influenza selama masa vaksin tersebut.

Sesuai dengan namanya, imunisasi atau vaksin ini akan menghasilkan kekebalan terhadap suatu jenis penyakit, bisa dalam bentuk infeksi alamiah yang akan menimbulkan kekebalan ataupun suatu usaha ‘meniru’ kejadian infeksi alami tersebut. Karena sifatnya yang merupakan tindakan pencegahan, maka bisa diartikan kalau imunisasi ini termasuk juga dalam salah satu hak anak yang wajib kita penuhi sebagai orang tua.



Untuk vaksin Flu ini telah dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang ketat dan terbukti telah ada jutaan orang yang mengaku aman aman saja saat menerima vaksin flu selama beberapa dekade. Kalaupun ada kejadian bawaan atau efek samping setelah proses vaksinasi berlangsung, gejala amat ringan sehingga kecil kemungkinannya akan mengganggu aktivitas harian kita.

Menurutku sih ya, Selain bisa melindungi keluarga secara langsung dan nyata dari virus Influenza, penggunaan vaksin Influenza ini juga membantu kita memutus mata rantai penyebaran virus nyebelin itu di tengah masyarakat, sehingga bisa dikatakan kalau vaksin yang digunakan oleh keluarga kita juga akan melindungi orang lain yang ada di sekitar kita gitu deh…

Jadi, masih ragu kah untuk melakukan vaksin Influenza…? Atau masih betah menerima tamu tak diundang bernama influenza itu…? Pilihan ada di tangan kita masing-masing. By the way buat kalian yang ingin tau lebih lanjut tentang vaksin secara umum atau vaksin influenza secara khusus kalian bisa langsung aja cari tau di akun instagram @kenapaharusvaksin ya…









1 komentar:

  1. Iya kalau saya lihat - lihat anak anak jaman sekarang kok rentan sekali ya terhadap penyakit nya? Terlebih anak sekarang habis waktunya dipakai memainkan Tutorial android,

    BalasHapus