14/09/19

Yuk Amankan Kesehatan dan Keuangan Keluargamu dengan CEK KLIK


Ayo Cek Klik


Dalam beberapa tulisanku sebelumnya, aku sering menekankan posisi ibu sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga. Aku katakan demikian karena hampir semua keputusan soal keuangan keluarga memang ada di tangan ibu, termasuk untuk urusan belanja kebutuhan rumah. Oleh karena itu seorang ibu mau tidak mau dituntut untuk bisa paham seluk beluk hal tersebut.

Sayangnya, kebanyakan dari para ibu itu, termasuk aku, hanya memusatkan pikiran pada bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarganya saja, padahal sebenarnya ada satu hal penting yang wajib diperhatikan terkait hal tersebut, yaitu teliti saat berbelanja. Tidak akan ada gunanya barang belanjaan yang kita beli jika pada akhirnya tidak bisa dipakai atau malah membuat anggota keluarga sakit karenanya. Yup, teliti saat berbelanja ini bisa dikatakan sebagai sebuah langkah nyata dalam mengatur keuangan keluarga.

Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Aman


Nah bicara soal teliti saat berbelanja, beberapa waktu yang lalu aku sempat menghadiri sebuah acara yang sengaja dihelat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM RI). Dalam acara talkshow yang bertajuk ‘Ayo Cek Klik, Pilih Obat dan Makanan yang Aman’, DR. IR. Penny K Lukito, MCP, selaku kepala BPOM RI menghimbau kepada masyarakat untuk selalu teliti saat berbelanja dengan melakukan CEK KLIK agar belanjaan yang dibeli terbukti aman untuk dipakai atau dikonsumsi. Cek KLIK ini merupakan akronim dari Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa.


 
v  Cek Kemasan


Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dll. Hal ini terbilang penting karena pada beberapa produk makanan, kemasan akan amat berpengaruh pada kualitas makanan itu sendiri.

 
v  Cek Label


Baca Informasi produk yang tertera pada label dengan cermat. Pada produk makanan biasanya akan disertai label gizi serta komposisi yang terkandung di dalamnya, ini bisa kita jadikan acuan saat akan memilih barang belanjaan. Bahan kandungan yang terletak paling atas dalam label komposisi merupakan bahan dengan kandungan tertinggi, jadi pastikan anggota keluarga tidak ada yang memiliki riwayat alergi dengan bahan tersebut.

 v  Cek Ijin Edar


Pastikan memiliki ijin edar dari Badan POM. Ijin edar ini tertulis di kemasan, tapi tidak bisa dijadikan acuan, karena saat ini banyak sekali pengusaha nakal yang mencantumkan ijin edar palsu dalam kemasannya. Nah untuk memastikan keaslian ijin edar tersebut, akan lebih baik jika kita mengeceknya langsung ke aplikasi Cek BPOM

 
v  Cek Kadaluarsa


Pastikan tidak melebihi masa kadaluarsanya. Tanggal kadaluarsa juga ada dalam label kemasan, namun seringkali ‘dinakali’ oleh para penjual dengan cara menghapus tanggal tersebut jika telah melewati batas, Jadi baiknya sebagai konsumen kita harus lebih bijak menyikapinya, aku sendiri tidak akan membeli barang tanpa ada tanggal kadaluarsa.

Cek KLIK


Sebenarnya keempat hal ini bukanlah hal baru bagi kita para ibu, hanya sering terlupakan saja. Nah acara ini sengaja diselenggarakan untuk mengingatkan masyarakat kembali agar tidak ada yang dirugikan. Barang-barang yang tidak lolos Cek Klik ini biasa dijual dengan harga yang murah meriah sehingga mudah mengecoh para ibu yang begitu concern mengatur keuangan keluarganya, padahal kenyataannya pembeli malah akan dirugikan oleh dampak yang timbul akibat mengkonsumsi barang tersebut. Jangan sampai niat hati ingin hemat malah jadi terjerumus deh…

BPOM Mobile Mempermudah Kita Melakukan Cek KLIK


Agar lebih mempermudah CEK KLIK ini, BPOM juga mempermudah masyarakat dengan meluncurkan sebuah aplikasi bernama BPOM Mobile yang bisa didownload secara gratis di Playstore. Dengan BPOM Mobile kita bisa langsung mengecek keseluruhan informasi terkait suatu produk yang akan kita beli hanya dengan men-scan barcode nya saja.



Menariknya, informasi yang didapatkan saat kita melakukan scan barcode tersebut benar-benar lebih dari cukup untuk kita merasa aman saat membeli, diantaranya adalah nomor ijin edar, nomor identitas produk yang berlaku, kode produksi, tanggal kadaluarsa, dan nomor serialisasi.

Selain itu, di aplikasi BPOM Mobile kita juga bisa mendapatkan info-info terkini seputar Badan POM RI, dan bisa juga melakukan pengaduan secara langsung jika menemukan ada kejanggalan pada produk yang ditemui di pasar.    



Bayangkan jika semua produk yang kita beli untuk kebutuhan rumah tersebut merupakan produk yang jelas keamanannya, duh pasti keuangan keluarga pun tidak perlu diganggu dengan dampak buruk dari barang-barang illegal tadi. So, Cek Klik sebelum berbelanja agar kesehatan dan keuangan keluarga mu tetap aman terkendali.



14 komentar:

  1. Nah bener banget kadang ga nyadar ya fokus hanya pada kebutuhan dan mengelola keuangan, padahal belanja smart pun mesti teliti sebelomnya.
    Maacih sharingnya, aku langsung mo instal app ini biar lebih afdol ngepoinnya .

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk infonya, mbak. Aku baru tau nih ada aplikasi ini. Mau coba install ahhh, supaya lebih teliti lagi saat berbelanja. :)

    BalasHapus
  3. Aku pun sering banget lalai loh saat berbelanja untuk cek tanggal kadaluarsa dan kandungan yang ada di dalam makanan. Butuh membiasakan diri nih mulai sekarang ya karena bahaya banget dampaknya kalau sampai keracunan makanan kadaluarsa

    BalasHapus
  4. Saya kalau beli makanan kemasan selalu cek ada nomer BPOM atau gak. Lebih tenang kalau sudah terdaftar di BPOM

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah diingatkan, sejujurnya aku hanya ngecek expire date, kadang kalau gak sempat kelewat juga ngecek. Informatif sekali artikelnya dan mesti waspada lain kali untuk kesehatan memang wajib ada BPOM

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sejak anak anak kecil, saya selalu mengajak mereka untuk cek makanan atau cemilan yang mereka beli. Dari ingridieingre halal atau tidak. Ada label halal atau tidak, tanggal kadaluarsa kapan. Alhamdulillah sampai sekarnag anak anak terbiasa cek and ricek. Kadang kalau terlepas akhirnya kebeli juga, mereka rela ga jadi mengkonsumsi. Karena sudah jadi konsekuensi nya demikian.

    Btw skrg udah ada ya cek klik gitu. Kudu punya aplikasinya dong yaa.

    BalasHapus
  7. setuju mba keempat hal ini bukan hal baru tapi selalu terlupakan hahaha entar pas udah belanja ngomel2 pas tahu produknya misalnya kadaluarsa padahal kini ada aplikasi mantap yah bisa cek KLIK

    BalasHapus
  8. Yuk jadi smart customers biar kita tidak di rugikan dan aman tentunya. Enak ya udah ada aplikasi BPOM Mobile gini kita bisa cek produk saat belanja.

    BalasHapus
  9. Wah iya nih jd diingetin supaya lebih teliti setelah baca ini tuh..

    BalasHapus
  10. Harus waspada ya jangan asal beli, cek KLIK dulu supaya gak bahaya. Jadi customer haru spintar juga gak mengandalkan petugas medis aja

    BalasHapus
  11. kita kalua belanja suka lupaaa ya mba ngga dicek lagi. Untung ada aplikasi yang sangat membantu iniii

    BalasHapus
  12. Jadi emak2 emang harus jeli yaaa. Sebaiknya kalau mau beli2 tetep kudu cek baik secara manual maupun bisa manfaatin aplikasi BPOM. Yg penting teliti sebelum membeli.

    BalasHapus
  13. Pas belanja dan Ceklik ini asiknya kalo belanja sendiri, ga sama anak-anak.
    Hahaha...soalnya kecepatan anak-anak ngambil barang kalah sama kecepatan mama CeKlik.

    Tapi kita coba di belanja bulanan berikutnya...

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ada aplikasi BPOM
    Jadi aman ya kalo mau beli beli ragu akan keamanan kehalalalan bisa langsung klik. Terjamin deh

    BalasHapus