02/09/19

Yuk Asah Kemampuan Menulis di Kompetisi PRAJA 2019




Dalam tulisanku sebelumnya, tepatnya tulisan yang bertajuk strategi promosi koperasi bikin kita kenal lebih dekat dengankoperasi jaman now, aku sempat menyinggung bagaimana usaha koperasi di Indonesia yang diwakili oleh Kementrian Koperasi dan UKM untuk terus meng-upgrade diri agar bisa selaras dengan perkembangan jaman. Koperasi memang masih dipandang sebelah mata oleh para generasi milenial karena sebelumnya terkesan sedikit kaku dan kolot. Oleh karena itu, berbagai usaha pun akhirnya dilakukan demi mengubah sudut pandang masyarakat jaman sekarang terhadap koperasi.

Yup, pandangan masyarakat terhadap koperasi ini terbilang cukup penting agar nilai gotong royong yang tersirat pada koperasi terus ada dan tumbuh di benak masyarakat Indonesia. Tentunya kita masih ingat bagaimana koperasi-koperasi di Indonesia tetap bertahan dalam gejolak krisis moneter yang pernah menimpa Indonesia pada tahun 1998 lalu, dan kabar baiknya dalam 5 tahun terakhir ini menunjukan gejala peningkatan kualitas yang luar biasa berkat kerja sama berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun pihak swasta.



Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan PDB koperasi terhadap PDB nasional. Kalau pada tahun 2014 lalu, PDB koperasi hanya sebesar 1,71%, pada tahun 2018 lalu PDB koperasi meningkt menjadi 5,1%.  Peningkatan yang cukup signifikan, tapi tidak boleh menjadi alasan untuk berpuas diri dan berhenti sampai di sini saja. Penyelarasan terhadap perkembangan jaman harus terus dilakukan pastinya.

Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, yang mendorong kegiatan perekonomian berbasis teknologi (digital economic) harus dijawab dengan mengubah paradigma bisnis nya jika koperasi masih ingin dipertahankan di era digital ini. Kabar baiknya, hal ini telah dijawab dengan pengembangan aplikasi finansial bagi koperasi secara online yang bernama coopRASI. Melalui aplikasi ini anggota dapat melihat simpanan, pinjaman hingga Sisa Hasil Usaha (SHU) melalui smartphone. Harapannya dengan adanya aplikasi ini operasional koperasi dapat dilakukan secara digital dan praktis.



Keberhasilan koperasi melakukan digitalisasi ini jelas harus bisa sampai ke masyarakat luas. Alhamdulillah lebih dari 400 karya tulis jurnalistik pernah terkumpul dari puluhan media massa di Indonesia dalam ajang Kompetisi PRAJA 2018 yang diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Grup (MIS Grup), sebuah kelompok usaha yang juga memiliki komitmen mendorong tumbuhnya koperasi digital di Indonesia.

Menariknya, kali ini kompetisi PRAJA 2019 kembali hadir untuk menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia. Pada kompetisi PRAJA 2019 ini ada lima kategori yang dikompetisikan diantaranya adalah sebagai berikut Karya Tulis Jurnalistik, Karya Foto Jurnalistik, Karya Video Kreatif, Karya Tulis Blog, dan Ide Bisnis Koperasi. Karya yang diikutsertakan harus dipublikasikan selama periode 1 November 2018 – 20 Oktober 2019. Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai sejak 28 Agustus hingga 22 Oktober 2019 melalui microsite praja2019.multiintisarana.com.



Tak tanggung tanggung, hadiah yang ditawarkan untuk kompetisi PRAJA 2019 ini mencapai angka Rp 204 jt. Nantinya mereka yang berhasil menyabet gelar juara dalam kompetisi ini akan diumumkan langsung pada semua media sosial PRAJA 2019, diantaranya sebagai berikut,

Instagram : @praja.misgroup
Twitter : @prajamisgroup
Facebook : PRAJA MIS GROUP
Website : multiintisarana.com

Demi menyukseskan kompetisi PRAJA 2019 ini, pihak panitia pun mendaulat dewan juri yang kompeten di dunia perkoperasian di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut,

1.    Prof. Dr. Rully Indrawan – Sekretaris Kementerian Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI
2.    Asnil Bambani – Ketua AJI Jakarta & Redaktur Tabloid Kontan
3.    Hariyanto Boejl – Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia
4.    Irsyad Muchtar – Pakar Koperasi & Pemred Majalah Peluang
5.    Ita Luthfia – Head of Corporate & Marketing Communication MIS Group
6.    M Kh. Rachman – Pakar Koperasi dan Kewirausahaan & CMO Sygma Innovation
7.    Saptono Soemardjo – Senior Photo Editor ANTARA
8.    Sheila Timothy – Produser Film, Pendiri Lifelike Pictures
9.    Subroto – Redaktur Pelaksana Republika

Para blogger seperti kita pun bisa ikut andil dalam kompetisi ini loh, ada kategori karya tulis blog dalam kompetisi PRAJA 2019 ini, Yuk kita sama-sama mengasah kemampuan menulis blog kita di kompetisi ini teman…

18 komentar:

  1. Blogger bisa ikutan juga nih di kategori karya tulis blog, aku kepoin syaratnay dulu ya. Natara ikutan juga dong:)

    BalasHapus
  2. Whoaaa, bloggers bisa ikutan ya Mbaaaa
    cuss ah ke websitenyaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Waahhhh hadiahnya bikin teruwowwww hahaha

    Jadi kepo nih, waktunya juga masih lumayan panjang ya.
    Wajib ikutan nih, hitung2 beneran mengasah kemampuan menulis :)

    BalasHapus
  4. wohoo jurinya mantep mantep banget yaa, semoga bisa ikutan nih, masih lumayan lama ya DL nya

    BalasHapus
  5. Aduh langsung salfok lihat hadiahnya wadidaw banget mba guede euy jadi pengen ikutan dan sekalian mengasah kemampuan menulis ya mba :)

    semoga bisa berpartisipasi aamiin

    BalasHapus
  6. Kalau lihat hadiahnya bikin ngiler ya mbak. Ikut kompetisi apa saja tuh bikin kita jadi terlatih. Kalau belum menang juga seneng aja. Tapi aku tetap pilih2 tema. Kalau kurang menguasai biasanya jadi penonton dulu

    BalasHapus
  7. Barisan jurinya kelas kakap semua kayaknya, nih! Mupeng sama hadiahnya. Tantangan banget deh ini buat saya :)

    BalasHapus
  8. Wah ada kompetisi blog juga ya..kepoin syaratnya dulu ah...

    BalasHapus
  9. Itu hadiahnya kenapa bikin ngiler dan tergoda gitu sih mbak.
    Apa ikutan aja gitu yah?
    *anaknya mudah tergoda dengan hadiah hehehe*

    BalasHapus
  10. Begitu liat rewardnya mataku langsung berbinar. Haha..
    Langsung bergegas ngepoin syarat dan ketentuan nih😘

    BalasHapus
  11. Jadi pengen ikutan nih... ntar kepoin website-nya dulu deh. moga kekejar, lagi banyak urusan di dunia nyata. wkkwkwkwk

    BalasHapus
  12. Wew, baru tahu ada aplikasi untuk member koperasi coopRASI. Berarti koperasi sekarang makin kekinian ya, mengikuti perkembangan zaman.

    BalasHapus
  13. Ya ampunnn itu hadiahnyaaaaa bikin mupeng berat huhu. Btw dati total hadianya kira2 dubagi berapa pemenang ya kak?.

    BalasHapus
  14. Mbak aku mau ikutan hehe. Semoga bisa berpartisipasi dan belajar lagi mengenai Koperasi dan UKM soalnya skripsi aku dulu membahas ini.

    BalasHapus
  15. Lumayan berat juga ya temanya. Ajang untuk menampilkan kekuatan tulisan nih bagi para blogger. Pengin ikutan juga aahh.. siapa tau ya bisa beruntung dilirik juri.

    BalasHapus
  16. Koperasi mesti dihidupkan lagi harusnya tapi dengan sisten yang lebih kekinian. Di masa lalu, koperasi punya peran besar loh dalam kehidupan banyak orang, termasuk saya, itu loh koperasi sekolah yang bantu banget buat bisa beli buku sekolah. Ada yang pernah alami? Atau cerita ini ditulis untuk lomba blog aja kali ya, hadiah lombanya wow banget.

    BalasHapus
  17. Keren sekali hadiahnya. Jadi penasaran buat ikutan ini mbaa. Kegiatannya pun menarik :)

    BalasHapus
  18. Hwaoww, hadiahnya banyak bangettt. Kepoin ah syaratnya, siapa tau sanggup ikutan, hehe. Makasih infonya mba

    BalasHapus