04/10/19

Are They Danger Or are We...? Buktikan Langsung di Live Feeding Shark Seaworld Ancol


Live feeding shark Seaworld


Taman impian jaya ancol memang tidak pernah ada habisnya memberikan keseruan pada keluarga Indonesia. Setelah beberapa waktu yang lalu aku sempat mengulas tentang keseruan di Dunia Kartun yang merupakan area terbaru di Dufan, kali ini, Taman Impian Jaya Ancol kembali mengundang perhatian masyarakat dengan menghadirkan Live Feeding Shark di Seaworld, Ancol.

Yup, kalau biasanya di Seaworld kita hanya bisa menyaksikan sesi pemberian makan ikan-ikan yang tidak begitu ganas di akuarium utamanya, sekarang kita juga bisa menyaksikan sesi memberi makan hiu di Sharkquarium, Akuarium khusus ikan hiu. Menariknya, sesi ini benar-benar dilakukan langsung secara face to face antara penyelam dengan hiu-hiu tersebut tanpa menggunakan kerangkeng seperti yang biasanya ditampilkan pada sesi ini.

Live feeding shark Seaworld


Live feeding shark ini mengusung tema ‘are they danger Or are we?’ yang kurang lebih mengandung arti pertanyaan siapakah yang lebih berbahaya, hiu atau manusia. Mau tidak mau harus kuakui, ada sedikit kesalahpahaman yang seringkali terjadi pada jawaban dari pertanyaan tersebut.

Coba saja perhatikan, jika pertanyaan tersebut dilempar ke kita semua, maka sebagian besar dari kita akan kontan menjawab bahwa hiu lebih berbahaya dibanding manusia. Namun nyatanya yang terjadi justru bertolak belakang, menurut pemaparan kakak pemandu yang ada di Seaworld saat acara live feeding shark ini berlangsung, setidaknya ada sekitar 100 juta ekor hiu yang mati akibat dibantai oleh umat manusia dengan berbagai alasan. Sementara itu bisa dicek langsung, amat sedikit sekali angka yang menunjukan peristiwa penyerangan yang dilakukan hiu terhadap manusia. Jadi, siapa yang lebih berbahaya…? Manusia atau hiu…?

Live feeding shark Seaworld


Alasan yang paling sering dikemukakan dari pembantaian hiu tersebut adalah karena sirip hiu yang (katanya)amat bermanfaat. Padahal kenyataannya manfaat  tersebut nyatanya tidak sehebat yang digembar-gemborkan, yang ada malah dampak besar rusaknya ekosistem laut akibat menipisnya populasi Hiu yang berada pada puncak rantai makanan di laut. Nah acara live feeding shark ini sengaja dihadirkan oleh Seaworld Ancol guna mengingatkan kembali pada masyarakat soal pentingnya menjaga populasi hiu di laut.   

Jujur, aku sedikit merasa ngeri saat menyaksikan langsung acara live feeding shark yang pertama kali dilakukan di Indonesia ini, tapi begitu mendapat penjelasan dari kakak pemandu bahwa sesi ini insya Allah akan aman, aku pun mulai merasa tenang. Yup, Seaworld Ancol jelas memperhatikan masalah keamanan sebagai hal utama dalam live feeding shark ini.

Live feeding shark Seaworld


Selain dilakukan oleh penyelam professional, kaka penyelam yang memberi makan hiu ini telah dilengkapi dengan pakaian khusus bernama Shark Suit. For your information, Shark Suit ini diimpor langsung dari produsennya di Amerika, terbuat dari stainless dan memiliki berat kurang lebih sekitar 15 kg. Tak hanya itu saja, kaka penyelam tersebut juga didampingi oleh satu orang kaka lagi yang menjaga di atas kolam, dan siap melakukan penyelamatan jika terjai hal-hal yang tidak diinginkan.

JIka kalian menganggap sesi live feeding shark ini sebagai sesuatu yang direkayasa, maka kalian salah besar. Alasannya karena 25 hiu yang berada dalam Sharkquarium ini merupakan perwakilan dari ekosistem hiu yang ada di laut, dan sebagian diantaranya merupakan jenis hiu ganas di kelasnya. Contohnya saja ada Hiu kepala martil yang menduduki urutan keenam hiu ganas di dunia.

Live feeding shark Seaworld


Meski dikelilingi hiu-hiu ganas tersebut, kaka penyelam yang memberi makan di dalam sharkquarium sama sekali tidak terlihat kesulitan atau terancam bahaya. Saat kaka penyelam masuk ke dalam kolam sembari membawa ember berisi makanan hiu, hiu-hiu tersebut memang menjadi sedikit lebih agresif dari sebelumnya, tapi tenang saja, insya Allah aman, karena karakteristik hiu itu aslinya tidak menyerang jika tidak ‘diganggu’.

Nah buat kalian yang juga ingin menyaksikan sesi live feeding shark ini bisa langsung ke sharkquarium yang ada di Seaworld Ancol setiap hari pada pukul 14.30 WIB. Untuk info selengkapnya bisa langsung ceki-ceki ke instagram resmi dari Seaworld aja ya…

0 komentar:

Posting Komentar