20/10/19

Transportasi umum di Indonesia...? Yes or no...?




Ketika melihat tayangan yang menggambarkan transportasi di beberapa Negara maju yang ada di dunia, aku sering merasa takjub, karena di sana lebih banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan transportasi umum alih-alih kendaraan pribadinya. Awalnya aku sedikit heran dengan hal tersebut, melihat kemajuan dan modernitas di Negara-negara maju itu tentu amat lah tidak mungkin jika mahalnya kendaraan pribadi menjadi alasan mereka memilih transportasi umum tersebut, namun saat melihat baiknya sistem tranportasi umum yang ada maka keheranan itu langsung otomatis terhempas begitu saja.

Yup, jika sistem transportasi umum di suatu Negara telah tersusun dan terintegrasi satu sama lain dengan baik, maka bisa dipastikan Negara tersebut tidak akan terlalu kesulitan untuk ‘menggiring’ masyarakatnya menggunakan transportasi umum. Inilah yang aku simpulkan dari gambaran keadaan tersebut. Ya logikanya jika transportasi umumnya lebih baik untuk apa kita bersusah payah menggunakan kendaraan pribadi bukan…?! Tak hanya itu saja, baiknya transportasi umum di suatu Negara akan berdampak pada banyak hal lainnya, termasuk soal kemacetan dan kemajuan pariwisatanya.

Alhamdulillah, saat ini Indonesia pun tak mau kalah dalam mengembangkan sistem transportasi yang ada. Tengok saja, pembangunan MRT dan LRT yang masih terus dikebut itu. Hampir bisa dipastikan keduanya saling terintegrasi dengan moda transportasi lain yang sudah lebih dulu ada, seperti commuter line dan trans Jakarta misalnya.



Contoh nyata yang bisa langsung terlihat adalah terintegrasinya sistem transportasi di stasiun manggarai misalnya, di sana kita bisa langsung merasakan mudahnya memilih transportasi yang cocok, mulai dari commuter line, trans Jakarta, kereta bandara, dan sebentar lagi pun akan ada MRT yang langsung terintegrasi di stasiun manggarai tersebut.

Jujur ada perasaan bangga yang terselip di hatiku, rasanya Indonesia sebentar lagi juga akan berada di posisi yang setara dengan Negara-negara maju lainnya. Aku katakan demikian karena seperti yang tadi aku sudah jabarkan, jika transportasinya sudah lebih baik, maka peluang untuk memajukan pariwisata  akan jauh lebih terbuka lebar, dan otomatis pemasukan Negara pun akan bertambah. Alih-alih mengkritik pemerintah terus-terusan, aku sih lebih memilih untuk mendukung semua kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah saat ini. Harapannya tentu agar Indonesia jadi lebih baik lagi.

Nah di tulisan ini aku ingin kembali mengingatkan teman-teman semua untuk menggunakan transportasi umum saja dalam keseharian, karena toh banyak manfaat yang bisa kita ambil. Tentu masih ingat bukan tulisan ku sebelumnya yang mengulas tentang manfaat jalan kaki  bagi kreativitas kita semua…? Tulisan tersebut juga sempat mengulas system integrasi yang saling terkait satu sama lain dalam transportasi umum di jabodetabek, tepatnya pada tulisan ku yang bertajuk ‘Seringmerasa ga punya ide tulisan…? Mungkin inilah sebabnya…



Jarak dekat antar halte transportasi umum yang sering dikeluhkan masyarakat itu ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita semua, jadi tidak bisa dijadikan alasan untuk kita menolak menggunakan transportasi umum tersebut. Terlebih lagi, saat ini system keamanan dalam transportasi umum pun terus ditingkatkan. Tingkat kriminalitas yang dulu marak pada transportasi umum pun sudah jauh lebih berkurang.

Aku sih amat bangga menggunakan transportasi umum dalam keseharian, karena langkah kecilku ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk dukunganku terhadap kemajuan system transportasi umum di Indonesia. Bismillah, insya Allah kedepannya Indonesia akan jauh lebih maju lagi.



By the way buat kalian yang ingin dapat update terkini soal transportasi umum dan semua hal yang terkait dengannya bisa langsung ceki-ceki di,

Website kemenhub:
http://dephub.go.id

Sosial media:
Twitter: https://twitter.com/kemenhub151
Facebook: https://www.facebook.com/kemenhub151
Instagram:

https://instagram.com/kemenhub151




1 komentar:

  1. Hai mbak.. Kita optimis yaa transportasi Indonesia akan semakin maju. Gk sebentar dan gk mudah, tapi sedikit demi sedikit berprogres ��

    BalasHapus