13/11/19

Pandangan BPOM Soal Jajanan Kekinian...? Yes Or No...?




Bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda, mungkin ungkapan ini cocok untuk kita sematkan pada tren jajanan kekinian yang sedang digandrungi oleh para milenial kita saat ini. Tak bisa dipungkiri kalau keberadaan jajanan kekinian tersebut memang membuat adanya pergerakan ekonomi yang lumayan cepat dan cukup menguntungkan beberapa pihak, namun di sisi lain juga ada angka kesehatan yang jika dikalkulasikan hasilnya terus menurun drastis.

Nah, permasalahan inilah yang pada beberapa waktu lalu coba didiskusikan bersama oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan  dalam acara Ngobrol asyik milenial bersama BPOM dengan tajuk Makan sehat ala generasi cerdas. Dalam acara yang berlangsung di Mitra Terrace itu, Ibu Penny K Lukito, selaku kepala Badan POM RI memberi kesempatan pada perwakilan dari milenial yang hadir untuk sama-sama mencari solusi terkait masalah ini.



Menariknya, Ibu Penny tidak serta merta menyalahkan adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas itu karena telah mengandrungi jajanan kekinian yang terbukti kurang sehat. Sepengamatanku sepanjang acara, alih-alih ‘menggurui’ mereka, Ibu Penny justru mengarahkan mereka untuk berpikir cerdas dalam memilih jajanan sehatnya.

Lalu, apakah semua jajanan kekinian itu terbukti kurang menyehatkan…? Jawabannya belum tentu… lagi-lagi sebagai konsumen kita memang dituntut untuk lebih cerdas dalam memilih jajanan sehari-hari, bahkan dalam acara tersebut, Ibu Penny berulang kali mengingatkan para peserta untuk selalu berpikir kritis tiap kali memilih makanan, usahakan untuk selalu ingat dan cek apa dampak yang akan timbul jika mengkonsumsi makanan tersebut, begitu kata beliau.



Nah, dari hasil rangkumanku selama acara itu berlangsung, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita hendak jajan di luar, berikut diantaranya,

 
1.       Pilih jajanan yang dijual di lokasi ‘bersih’,


Tak harus di mall atau pusat perbelanjaan saja, yang penting lokasi tempat dijualnya jajanan tersebut bersih dan tidak berdekatan dengan sumber pencemaran seperti toilet, pabrik kimia, maupun sumber pencemaran lainnya.

 
2.       Makanan/minuman harus higienis, sehat dan aman,


Poin ini berkaitan erat dengan kandungan gizi yang ada dalam jajanan kekinian tersebut, generasi cerdas pasti akan langsung paham kalau jus buah lebih baik dibanding boba.


 
3.       Lakukan Cek KLIK


Pembahasan soal Cek Klik ini pernah aku ulas juga dalam tulisan bertajuk ‘ Yuk amankan kesehatan dan keuangan keluargamu dengan cek klik’. Secara garis besar, Cek Klik ini merupakan singkatan dari Cek Kemasan, Cek Label, cek ijin edar dan cek tanggal kadaluarsa.



Untuk mempermudah kita dalam mengeceknya BPOM telah memfasilitasi dengan aplikasi BPOM Mobile yang bisa kita download secara gratis di play store. Dengan mengunduh aplikasi ini kita bisa mendapatkan info lengkap seputar produk yang akan dibeli hanya dengan melakukan scan bacode saja.

O iya, jika sudah cerdas dalam memilih jajanan sehat, Ibu Penny juga tak lupa mengajak para peserta yang hair untuk sama-sama menyebarkan info keren ini pada orang sekitar agar lebih banyak masyarakat terutama para generasi milenial yang juga cerdas memilih pangan sehatnya.



Nah selanjutnya pilihan kembali lagi berada di tangan kita semua, mau jadi generasi cerdas yang pandai memilah makanan/minuman apa saja yang masuk ke dalam tubuh, atau malah bersikap bodo amat hanya demi kata ‘kekinian’ belaka…? Ingat selalu ya, makanan / minuman yang kita konsumsi saat ini akan menentukan masa depan kita nantinya…


0 komentar:

Posting Komentar