26/12/19

Kenalkan Idola Anak yang Sesungguhnya di Jelajah Nussa


Jelajah Nussa


Bagi seorang anak, idola mereka seolah telah menjadi role model yang paling berperan dalam kesehariannya. Ini tentu akan menjadi suatu hal positif jika sang idola tersebut adalah sosok yang memang benar-benar pantas untuk diidolakan oleh mereka. Sayangnya, fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini tidak seperti itu, kebanyakan tokoh-tokoh tersebut seolah kurang pantas untuk menyandang gelar idola itu.

Sebagai contoh, saat ini amat sedikit dari anak-anak yang tidak mengenal superhero seperti Hulk, Superman, serta batman dan kebanyakan dari mereka begitu mengidolakan para tokoh fantasi tersebut. Tapi pernahkah terbersit dalam pikiran kita kalau mereka tidak pantas dianggap sebagai idola anak-anak…? Tengok saja sosok Hulk yang baru mendapat kekuatan saat ia marah, apa jadinya jika buah hati kita beranggapan kalau ‘marah itu baik’ karena bisa memunculkan kekuatan super…? Ini jelas patut kita waspadai.

Jelajah Nussa
Ustadz Cahyo 


Jujur, hal ini pun baru singgah dalam pikiranku ketika aku mendengar dongeng dari Ustadz Cahyo Ahmad Irsyad dalam acara grand launching Jelajah Nussa beberapa waktu lalu di Pusat perfilman Usman Ismail, Jakarta. Pikiran tentang sosok idola untuk anak-anak ini terus berkecamuk dalam diriku. Dalam hati aku membenarkan apa yang coba disampaikan kak cahyo melalui dongeng interaktif di salah satu sesi acara tersebut.

Ya, harus ada tindakan nyata yang bisa menggiring mindset anak-anak tentang idola tersebut ke arah yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Karena sejatinya kita telah memiliki sosok-sosok superhero keren yang lebih layak menjadi idola buah hati kita, contohnya seperti ke-25 Nabi dan Rasul. Agaknya hal ini pula lah yang menjadi latar belakang diluncurkannya program Islamic Edutainment Festival yang bertajuk Jelajah Nussa.

Jelajah Nussa


For your information, Jelajah Nussa ini merupakan Festival edutainment pertama untuk keluarga Indonesia yang memberikan pengalaman petualangan dengan menampilkan art installation, story telling, Medina Market dan play park. Semua hal ini sengaja didesain sedemikian rupa untuk mengajak anak lebih mengenal sosok-sosok idola yang sesungguhnya dengan cara menyenangkan.

Pengenalan tokoh idola tersebut dimulai dari Art Installatian yang sengaja dihadirkan berdasarkan  kisah nabi dan keajaiban Allah SWT. Nantinya Art Installation ini akan dibuat secara massive dan menarik dengan tujuan dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak khususnya dalam suri tauladan, tentunya selain juga bisa menjadi wahana bermain yang menyenangkan. Beberapa Art Installation yang insya Allah akan hadir di Jelajah Nussa diantaranya adalah sebagai berikut,

·         Kisah Nabi Adam
·         Kisah Nabi Musa
·         Kisah Nabi Nuh
·         Kisah Nabi  Ibrahim
·         Kisah Nabi Ismail
·         Kisah Nabi Yunus
·         Kisah Nabi Isa
·         Kisah Nabi Sulaiman
·         Kisah Nabi Muhammad
·         Isra Mi’raj
·         Khulafaur Rasyidin
·         Keistimewaan tanah haram
·         Keajaiban Al-Quran

Jelajah Nussa


Menariknya lagi, di Jelajah Nussa juga akan ada area bermain anak Play Park Area serta area bazzar dalam Medina Market yang didalamnya juga terdapat Halal Food Corner. Nah yang membuat ku tertarik adalah karena Medina Market ini didesain dengan nuansa timur tengah yang menawan sehingga cocok untuk dijadikan tempat bersantap bersama keluarga.

Tak hanya itu saja, untuk menguatkan apa yang ingin disampaikan pada anak-anak, nantinya sepanjang acara Jelajah Nussa ini berlangsung, para pengunjung yang hadir juga akan selalu diingatkan jika waktu sholat mulai tiba. Akan ada suara adzan yang dikumandangkan dari menara-menara buatan di sekeliling area Jiexpo International Convention & Theatre Jakarta, yang merupakan lokasi acara Jelajah Nussa tersebut. Tenang saja, kita pun tidak akan terlalu kesulitan mencari tempat sholat karena pihak penyelenggara akan menyediakannya dan bisa kita gunakan secara bergantian dengan pengunjung lain.  

Jelajah Nussa


O iya, acara Jelajah Nussa ini akan diselenggarakan pada tanggal 28-29 Maret 2019, namun tiketnya sudah bisa didapatkan di www.eventholic.com. Jangan lupa perhatikan ketentuan pembelian tiketnya juga, anak dengan tinggi badan di atas 60 cm sudah harus membeli tiket ya, sementara untuk anak dengan tinggi badan di bawah 60 cm dan lansia berusia di atas 60 tahun bisa masuk secara gratis tanpa memerlukan tiket.

So, yuk sama-sama siapin jadwal untuk bisa hadir dan seseruan bareng di Jelajah Nussa agar anak lebih mudah mengenal sosok idola mereka yang sesungguhnya. Buat kalian yang ingin tau loebih jauh seputar Jelajah Nussa ini bisa langsung ceki-ceki akun instagram resmi Nussa di @jelajahnussaofficial dan @nussaofficial



0 komentar:

Posting Komentar