24/12/19

Ada Masalah di RS Saat Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan...? BPJS Satu Solusi nya...

Pic : BPJS Kesehatan



Menyambung curhatan ku beberapa waktu lalu tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan, jujur jika pembaruan yang dilakukan BPJS Kesehatan hanya berupa Mobile Customer Service nya saja, mungkin akan terasa amat kurang dan jauh dari harapan. Alhamdulillah, ternyata perbaikan layanan BPJS Kesehatan tak sampai di situ saja, di pertemuan berikutnya dengan para blogger, BPJS Kesehatan memperkenalkan layanan BPJS Satu yang merupakan salah satu penyesuaian yang dilakukan BPJS terkait kenaikan iuran.

For your information, BPJS Satu ini adalah kepanjangan dari BPJS Siap Membantu. BPJS Satu ini adalah re-branding dari Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PPIP). Sebelum melakukan re-branding dan perbaikan layanan ini, BPJS Kesehatan telah melakukan survey kepuasan peserta terhadap layanan FKRTL tahun 2018.  Survey ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja layanan yang membutuhkan perhatian lebih demi memuaskan para peserta BPJS Kesehatan.

Pic : BPJS Kesehatan


Awalnya, aku sedikit ragu melihat hasil survey tersebut, karena kebanyakan yang diketahui oleh masyarakat awam sepertiku hanya bagian yang jelek-jelek saja, tapi kenyataannya tidak demikian. Indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan BPJS Kesehatan cenderung bagus dan meningkat dari tahun sebelumnya, tepatnya sekitar 79,8 %.

BPJS Kesehatan memang belum sepenuhnya dapat memuaskan masyarakat, tapi BPJS Kesehatan amat menyadari hal tersebut dan melakukan evaluasi tersendiri. Dan hasil dari evaluasi tersebut adalah layanan BPJS Satu ini.

BPJS Satu merupakan optimalisasi peran petugas Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit melalui re-branding pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit.  

Pic : BPJS Kesehatan


Simpelnya, BPJS Satu ini seperti ‘super hero’ yang akan selalu siap membantu kita secara sigap di rumah sakit. Jadi, di beberapa rumah sakit akan ada kakak dari BPJS Kesehatan yang ditugaskan. Kakak kakak itu akan menggunakan rompi berwarna kuning lengkap dengan logo BPJS Satu agar mudah kita temukan saat mendapat masalah terkait layanan BPJS Kesehatan.

Ada beberapa layanan BPJS Kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kakak kakak petugas BPJS Satu tersebut, diantaranya adalah,

1.       Memberikan layanan informasi dan pengaduan peserta di rumah sakit baik secara langsung maupun melalui petugas RS.
2.       Melakukan customer visit kepada peserta JKN-KIS dan meminta feedback kepuasan peserta melalui format berbasis digital ( dilakukan dengan metode sampling) atau melakukan customer visit kepada peserta yang menyampaikan pengaduan.
3.       Melakukan sosialisasi kepada petugas RS terkait kebijakan dan regulasi kepesertaan peserta JKN-KIS
4.       Melakukan koordinasi dengan petugas RS maupun kantor cabang dalam penanganan pengaduan peserta.
5.       Memonitor eskalasi permintaan informasi atau pengaduandari dan untuk kantor kantor cabang melalui aplikasi SIPP.

Pic : BPJS Kesehatan

  
Dalam bahasa awam, jika pada saat kita menggunakan layanan BPJS Kesehatan di sebuah rumah sakit mengalam kendala, maka kita bisa langsung mencari kakak-kakak dari BPJS Satu ini. Contohnya saja untuk melakukan pengecakan status kepesertaan, pendaftaran bayi baru lahir atau sekedar pengaduan jika tidak mendapat kamar perawatan misalnya.

Selain menemukan langsung kaka BPJS Satu yang ber-rompi kuning, kita juga bisa mencari poster yang bberisi informasi nama dari petugas BPJS Satu yang bertugas di rumah sakit tersebut lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi. Jadi andaikata kita mengalami kendala di luar jam kerja si kaka petugas BPJS Satu ini, kita tetap bisa menghubunginya secara langsung.

Pic : BPJS Kesehatan


Layanan BPJS Satu ini akan terus dioptimalkan, terutama pada rumah sakit-rumah sakit besar di Ibu kota. Bukan mau mendiskreditkan suatu daerah, tapi karena memang masalah yang ditemukan di rumah sakit besar lebih banyak dan lebih kompleks dibanding rumah sakit yang ada di daerah. O iya, demi mempermudah mobilisasi dari kakak BPJS Satu ini, nantinya mereka juga akan dibekali dengan alat khusus yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing di lapangan.  

Sudah mulai puas dengan penyesuaian layanan terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan atau belum…? Jika masih kurang puas, tidak perlu khawatir, BPJS Kesehatan akan terus melakukan perbaikan di semua lini agar para peserta nya bisa lebih dimanjakan lagi. Mau tau apa aja update terbaru dari penyesuaian layanan BPJS Kesehatan ini…? Nantikan aja tulisan terbaru dari Blog ini ya….


0 komentar:

Posting Komentar