27/12/19

Satukan Empat Nilai Kearifan Dalam World of Imagination




Kasih ibu sepanjang masa, begitu ungkapan yang sering kita dengar. Tak ada yang salah dengan ungkapan ini, aku percaya, semua ibu itu secara naluriah akan mencintai semua anaknya, namun tanpa disadari, seiring dengan perkembangan digital saat ini, kasih ibu tersebut seolah mulai tak terlihat. Bukan berarti sekarang banyak ibu yang tidak sayang dengan anaknya, yang kumaksud di sini adalah banyak dari para ibu yang terlalu sibuk menyiapkan kebutuhan untuk anaknya sampai sedikit melupakan esensi dari sentuhan ibu itu sendiri.

Di sini aku sama sekali tidak ingin menghakimi satu sama lain, sekali lagi aku tekankan semua ibu itu pasti mencintai anak-anaknya, baik itu ibu yang full time di rumah, ibu bekerja, maupun ibu yang setengah bekerja setengah di rumah seperti ku ini. Perbedaannya hanya terletak pada banyaknya waktu saat bersama si kecil saja. Sayangnya, harus diakui, minimnya waktu bersama sang buah hati mau tidak mau membuat ikatan atau bonding anak dengan ibu jadi sedikit berkurang, harus ada cara jitu untuk mempertahankannya.

Nah, demi mengingatkan kembali pada para ibu tentang arti dari Sentuhan Ibu, sekaligus mempererat bonding dengan sang buah hati, Nivea pun menghadirkan World of Imagination di area Allianz Ecopark Ancol pada tanggal 21-22 Desember 2019 lalu. World of imagination ini merupakan taman bermain interaktif yang menggabungkan imaginasi dan seni digital menjadi nyata.



Acara yang sengaja dihadirkan untuk memeriahkan hari ibu tersebut dibagi menjadi dua sesi berbeda, pagi dan sore. Setiap sesinya pun masih dibagi-bagi lagi berdasarkan kapasitas dari Allianz Ecopark Ancol tersebut. Sebelum masuk ke area world of imagination, anak-anak akan dibekali sebuah ransel lucu berisi passport yang harus diisi dengan stiker pada setiap wahana.

Area pertama dalam World of imagination ini adalah gerbang imaginasi, para pengunjung diajak untuk sedikit berimajinasi sembari menonton dongeng di sebuah layar besar. Alkisah, pada jaman dulu, ada seorang ibu semesta yang memiliki empat orang anak. Sang ibu pun mengajarkan empat nilai kearifan yang wajib dipegang teguh oleh semua anaknya, yaitu kepercayaan, keberanian, kesederhanaan, dan kepedulian.

Sayangnya, keempat anaknya ini tak mampu memegang nasihat dari ibu semesta tersebut dan terjadilah perpecahan satu sama lain hingga dunia pun ikut terpecah menjadi 4 bagian, dunia air, dunia angin, dunia pasir dan dunia hutan. Nah di sinilah para ibu dan buah hatinya diajak berpetualang menyatukan kembali keempat nilai kearifan yang terpecah itu melalui berbagai rintangan seru.

Dunia Hutan


Karena keterbatasan area, para pengunjung yang masuk ke dunia hutan pun dibagi menjadi beberapa kelompok. Dunia Hutan merupakan area indoor yang disulap menjadi simulasi hutan lengkap dengan seni digital yang super keren. Di dunia hutan, para ibu dan buah hatinya diajak untuk kembali peduli terhadap alam sekitarnya, jika berhasil melalui misi di dunia hutan ini, kita pun akan mendapat stiker kepedulian yang bisa ditempel pada passport.

Dunia Air


Sesuai dengan namanya, di dunia air kita akan diajak berbasah-basah ria bermain air. Tapi tidak perlu khawatir karena sebelum masuk ke area dunia air ini kita akan dibekali dengan sebuah jas hujan. Di sini para ibu dan si kecil akan diajak untuk melawan para bajak laut dengan pistol air, dan jika berhasil menyelesaikan misi ini maka si kecil pun bisa mengoleksi stiker keberanian di passport nya.

Dunia pasir


Di dunia pasir aka nada labirin buatan lengkap dengan para monster yang akan menghalangi petualangan kita. Setelah berhasil melewati labirin tersebut, kitya bisa langsung mencari stiker diantara gundukan pasir yang ada. Di sini kita akan kembali diingatkan tentang arti kesederhanaan.



Dunia angin


Ketika memasuki area dunia angina, para ibu dan si kecil akan dibekali dengan gelang kepercayaan yang harus dijaga sampai akhir area. Ada beberapa rintangan yang harus dilewati secara bersama-sama, dan jika ingin berhasil menyelesaikan misi maka kita harus saling percaya satu sama lain. Di akhir area dunia angin ini, kita akan mendapat stiker kepercayaan yang akan melengkapi keempat stiker dalam passport.



Nah jika berhasil melewati semua misi dan tantangan di keempat dunia tersebut, nantinya para anak akan mendapat medali yang bisa langsung dikalungkan kepada ibu nya sebagai hadiah special di hari ibu. Di akhir acara, aka nada ending dari dongeng dan ucapan terima kasih dari ibu semesta karena kita berhasil menyatukan keempat nilai kearifan yang sempat terpecah belah itu.

Seru ya bermain di world of imagination itu…? Sayangnya event ini hanya berlangsung selama dua hari saja. Hmmm… andai saja event seperti lebih sering diadakan ya… Tapi tenang saja, insya Allah event serupa akan kembali hadir tahun depan kok, jadi yuk kita nantikan, dan jangan sampai terlewat ya…

0 komentar:

Posting Komentar