20/05/20

Fokus Jaga Diri Sendiri dan Keluarga di Masa Pandemi

pic : Halodoc.com



Di tulisanku sebelumnya aku sempat mengungkapkan tentang kegelisahan soal kapan kiranya pandemi ini akan berakhir. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu kegelisahan tersebut pun mulai mereda, ya mungkin aku sudah mulai mengikhlaskan semua yang saat ini terjadi dan mulai berdamai dengan keadaan. Marah pun percuma, mengutuk mereka yang tidak mematuhi himbauan pun tak ada gunanya.

Jujur, aku sempat merasa dikhianati oleh saudara sendiri kala melihat berita soal padatnya bandara dan pusat perbelanjaan di beberapa tempat. Bagaimana tidak ? di saat para petugas medis sedang berjuang di garda terdepan dan kami sebisa mungkin patuh terhadap himbauan dengan tetap diam di rumah sepanjang waktu selama 2 bulan lebih ini, mereka justru dengan asyiknya menambah kemungkinan penyebarannya semakin cepat.

Kalau alasannya ingin merasakan suasana hari raya seperti biasa, kami pun sama, kami ingin sekali merayakan hari raya idul fitri seperti tahun-tahun lalu, lengkap dengan semua tradisinya. Sedih rasanya, saat kami bersusah payah mengikhlaskan semua hal tersebut, di luar sana malah banyak saudara kita yang justru melanggar nya. Jadi wajar kalau aku, para tenaga medis dan semua yang telah mematuhi himbauan untuk stay at home ini merasa dikhianati.  

Sayangnya, seperti yang tadi sudah aku katakan, mau marah pun percuma, mengutuk pun tak ada gunanya jadi sekarang yang aku pikirkan adalah fokus menjaga diri sendiri dan keluarga terdekat saja. Setidaknya ada beberapa hal yang aku terapkan dalam keseharian demi menjaga kewarasan lahir dan batin di tengah masa pandemi ini, beberapa hal yang sebenarnya sudah sering digaungkan oleh pemerintah namun masih banyak yang tidak melakukannya.

 
1.      Meningkatkan daya tahan tubuh


Aku mewanti-wanti sekali pada seluruh anggota keluarga untuk tidak sakit di masa pandemi ini. Insya Allah jika daya tahan tubuh terjaga, virus pun tak akan mampu menembus nya. Tak ada cara khusus yang kami lakukan, hanya meningkatkan disiplin diri untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian saja, contohnya seperti menjaga pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik meski hanya dilakukan di rumah saja.

 
2.      Menjaga kebersihan diri.


Sama seperti himbauan pemerintah yang sudah amat sering kita dengar, menjaga kebersihan diri merupakan cara yang saat ini paling dianjurkan untuk mencegah paparan virus. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik, menjai hal wajib yang kami lakukan setiap beraktivitas

 
3.      Meminimalisir kegiatan di luar rumah


Kalau tidak penting, aku dan keluarga sebisa mungkin tidak keluar rumah. Jika terpaksa harus keluar rumah, seperti untuk membeli bahan makanan pokok, biasanya hanya suami saja yang keluar, itu pun dengan ‘persenjataan’ yang lengkap.

 
4.      Jaga jarak


Selalu berusaha untuk menjaga jarak satu sama lain saat terpaksa harus kelua rumah juga merupakan hal wajib bagi kami.

 
5.      Melakukan Tes Corona online


Untuk antisipasi aku dan keluarga pun melakukan test corona secara online di Halodoc. Ini kami lakukan untuk mengetahui seberapa besar risiko terpapar virus covid-19 tersebut. Kenapa tidak melakukan rapid test atau swab test secara langsung ? alasannya ya karena setauku kedua tes tersebut masih terbatas untuk mereka yang memang berada di zona merah atau mereka yang memiliki kecenderungan lebih besar terpapar virus karena sudah kontak langsung dengan pasien positif.

For your information, saat ini Halodoc menyediakan tes online untuk membantu skrining awal dalam mendeteksi Covid-19 di masyarakat. Tes ini berisi beberapa pertanyaan seputar gejala atau resiko penularan Covid-19. Di akhir tes nya, kita bisa langsung mengetahui seberapa besar kemungkinan kita terpapar virus tersebut. Simpel bukan…?!

Kalau dilihat sekilas memang kelima hal yang kami lakukan ini sudah sering digaungkan oleh pemerintah, namun sayangnya di masyarakat sendiri penerapannya masih belum maksimal. Nah lewat tulisan ini aku mau kembali mengingatkan lagi ke semua tentang pentingnya menjaga diri sendiri dan keluarga di masa pandemi ini. Tetap semangat dan sehat selalu yaaa, insya Allah pandemi ini akan segera berakhir dan semua akan kembali normal seperti biasa. Aamiin… Aamiin… Aamiin…

0 komentar:

Posting Komentar