06/01/21

Mencari Ide Usaha di Masa Pandemi? Ga Susah kok, Cek BERGURU aja

 


 

Meski pahit, kelak akan ada saatnya dimana kita berterima kasih pada masa ini, masa yang begitu banyak memberikan pelajaran berharga.

Ungkapan yang aku baca dari caption instagram seorang teman ini terus menyesap ke relung hati dan tak henti memberi semangat untuk tetap bertahan di masa sulit ini. Pandemi memang memukul telak banyak pihak, baik dari segi kesehatan, mental, maupun ekonomi. Pahit dan sulit dilalui, itu suatu hal yang jelas. Namun sadar atau tidak, pandemi justru mengajarkan kita akan banyak hal, diantaranya soal rasa syukur dan kemampuan bertahan. Setuju kah?

Sedikit cerita, usaha kuliner suami yang bergantung penuh pada jam masuk sekolah pun ikut tergerus karena kebijakan school from home yang digalakkan oleh pemerintah. Masa-masa panik dan khawatir tak bisa bertahan sempat kami lalui, namun  mau protes atau marah pun rasanya tak sanggup karena toh ini demi kebaikan bersama. Hasil usaha yang harus hilang sementara waktu itu jelas tak sebanding dengan keselamatan para penerus bangsa kita.

Dari situ pikiranku kembali terbuka, tentu akan amat disayangkan jika waktu berharga ini hanya digunakan untuk terus berkeluh kesah saja. Harus ada cara untuk bisa kembali bangkit dan bertahan di masa pandemi, begitu pikirku. Hari-hari selanjutnya aku habiskan untuk berburu ide membuka usaha kreatif yang diminati pada masa pandemi ini.

 

Cara Mencari Ide Bisnis di Masa Pandemi ala aku

 

Ternyata kalau mau  berpikir jernih, ada banyak banget ide bisnis kreatif yang bisa kita lakukan loh. Nah berikut ini adalah rangkuman cara mencari ide bisnis di masa pandemi ala aku yang bisa kalian contek juga di rumah,

 

Cek hobi,

Kesibukan yang kita lakukan sebelum pandemi, membuat kita jarang melakukan hal yang disukai, beberapa diantaranya malah mungkin sudah terlupakan. Ya ga sih? Nah, banyaknya ‘waktu luang’ di masa pandemi ini bisa dimanfaatkan untuk kembali menekuni hobi tersebut. Siapa tau hobi itu bisa mengantarkan rejeki lebih untuk kita kaaan?!

 


Cek Keahlian,

Coba deh gali kembali keahlian atau kemampuan yang dimiliki. Mungkin keahlian itu adalah salah satu pintu rejeki yang belum dibuka.

 

Cek Peluang,

Meski banyak usaha yang terpaksa gulung tikar, ternyata masa pandemi ini juga membuka peluang bagi beberapa lini usaha loh, contohnya saja jasa pengiriman seperti NinjaXpress.co dan jual-beli online.

Nah setelah mengecek ketiga hal di atas, coba deh untuk menggabungkan dan memodifikasi nya untuk dapat ide usaha yang cocok. Aku sendiri sudah mendapatkan ide usaha yang cocok nih, hanya tinggal mempersiapkan dan menjalankannya saja. Aku dan suami sepakat untuk membuka usaha healthy food yang insya Allah akan kami jalankan secara offline dan online sekaligus.

 


Menurutku, usaha healthy food di masa pandemi ini akan cukup diminati oleh masyarakat. Alasannya ya tak lain adalah karena healthy food merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan imunitasnya di masa pandemi. Seperti kita ketahui, sejak pandemi covid-19 ini mulai ada, masyarakat pun berbondong-bondong mengkonsumsi healthy food, terutama soal pemilihan bahan-bahan yang dianggap bisa meningkatkan imun tubuh. So, bisnis healthy food ini insya Allah akan bersinar di masa pandemi.

 
Masih Belum Ketemu Juga Ide Usaha nya? Cek BERGURU di Channel Youtube Ninja Xpress aja

 

By the way, sebenarnya ide membuka usaha healthy food ini tak sepenuhnya aku dapatkan dari menggabungkan 3 hal diatas tadi, tapi juga dari konten BERGURU yang ada di Channel Youtube nya Ninja Xpress.

For your information, BERGURU atau Belajar Ragam Usaha Baru merupakan salah satu kategori konten di Channel Youtube Ninja Xpress yang berisi tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah. BERGURU ini adalah bentuk #ObsesiUntukNegeri hasil kolaborasi Ninja Xpress dan para creator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal serta para komunitas dalam menghadapi masa new normal ini.



Nah kalian bisa banget tuh memanfaatkan konten BERGURU yang ada di Channel Youtube nya Ninja Xpress untuk mendapatkan ide usaha yang cocok dan pastinya diminati masyarakat. Akan ada banyak ide bertebaran di BERGURU, karena konten ini tayang setiap seminggu sekali dengan topik yang berbeda-beda.

So, pastikan kalian tidak ketinggalan episode BERGURU lainnya dengan klik subscribe, like dan boleh loh kalau mau tulis di kolom komentar tentang saran kira-kira apa ya yang seru untuk dbahas di episode BERGURU selanjutnya. Biar gampang langsung klik link BERGURU. Yuk lah kita bangkit bersama dari masa sulit ini. Insya Allah kita bisa kok melalui semua dengan baik. Semangaaattttt…  

0 komentar:

Posting Komentar