24/02/21

5 Tanda Awal Hamil yang Sering Tak Disadari

 


Masa paling ajaib, menurutku itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan saat-saat hamil. Bayangan ada manusia kecil lain yang hidup dan bergantung sepenuhnya padaku membuat batin ini jadi campur aduk dibuatnya. Ada rasa syukur yang teramat sangat karena dikaruniai sang buah hati, ada rasa takut tak bisa menjadi orangtua yang baik untuknya kelak serta ada rasa takjub dan penuh Tanya ‘ kok bisa ya‘. Semua rasa itu hadir bersamaan dengan testpack dua garis biru yang kugenggam.

Sedikit cerita, aku memang sudah merasakan adanya beberapa perubahan pada tubuh jauh sebelum akhirnya memutuskan untuk mengecek nya dengan testpack tersebut. Namun karena kurang peka dan terlalu banyak kata ‘ah mungkin ini.. mungkin itu…’, akhirnya berita baik itu terlambat aku terima. Kehamilan pertama tersebut baru aku ketahui setelah usia nya menginjak hampir 4 bulan.

Ada penyesalan yang menyusup ke relung hati karena sebelum mengetahui keberadaannya itu, aku memang kurang memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Padahal saat ia ‘terbentuk dan hadir’ dalam rahimku itu sudah termasuk dalam hitungan 1000 hari kehidupan yang amat krusial untuk nya. Tentu akan lebih baik jika aku sudah mempersiapkan kehadirannya jauh sebelum itu.



Memang terlambat tapi ada yang lebih penting kulakukan dari sekedar menyesali hal tersebut. Ya, hari-hari selanjutnya memang aku lalui dengan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik padanya. Nah agar semua itu tak terulang lagi, aku mulai mencatat beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil. Berikut hasil catatan tanda awal hamil yang kurangkum,

 
Terlambat menstruasi

 

Memang tidak semua perempuan yang mengalami terlambat menstruasi pasti positif hamil, namun ini bisa jadi indikator awal loh, terlebih untuk ku yang memang memiliki siklus menstruasi teratur. Keteraturan siklus menstruasi ini pun bisa digunakan untuk mengetahui masa subur untuk menghindari atau mengusahakan kehamilan.  

Untuk menghitungnya, aku sarankan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Biasanya kita hanya tinggal memasukkan tanggal terakhir menstruasi dan berapa lama siklus saja.  

 
Indra penciuman sensitif


Di awal hamil, indera penciuman ku jadi terasa lebih sensitif, terutama untuk aroma yang cenderung berbau tidak sedap. Bahkan yang paling aneh adalah saat aku tidak kuat mencium aroma bumbu di tukang nasi goreng dekat rumah.

 
Pusing, mual, ga enak badan


Gejala-gejala ini sempat aku kira hanya masuk angin biasa, karena memang perbedaannya begitu tipis. Ternyata gejala tersebut adalah hal wajar saat hamil. Nutrisi yang tadinya full untuk diri sendiri, jadi harus dibagi dua dengan janin. Itulah yang membuat daya tahan tubuh sedikit berkurang.  

 
Perubahan mood

 

Perubahan mood yang hampir mirip dengan saat sedang PMS atau premenstrual syndrome itu membuat banyak orang menyepelekan tanda awal hamil yang satu ini. Aku pun keliru mengira perubahan mood ini sebagai PMS biasa.

 

Perubahan bentuk badan

 

Jujur aku kurang memperhatikan perubahan bentuk tubuh di awal masa kehamilan. Yang melihat perubahan ini justru suami. Ia sempat mengatakan kalau bagian pinggang dan area pinggul ku jadi sedikit lebih besar. Lagi-lagi hal ini aku kira hanya karena kebiasaan ngemil ku saja.

 

Selain kelima ciri-ciri hamil yang kurangkum di atas, sebenarnya masih banyak tanda lain loh. Nah untuk kalian yang sedang bertanya-tanya apakah sedang ada janin dalam Rahim, bisa banget tuh mengunjungi Halodoc. Ada artikel yang mengulas lengkap seputar ciri-ciri hamil di Halodoc.

For your information,  Halodoc ini merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu dan keluarga. Ada layanan konsultasi dokter hingga berbagai tips menarik seputar kesehatan yang bisa kalian dapatkan di Halodoc. Jadi lebih mudah kaaan kalau mau cari tau seputar kesehatan. Stay Safe & Healthy yaa.

 

0 komentar:

Posting Komentar