01/04/21

Cha-Ching Kid$ at Home, Ajarkan Literasi Keuangan Pada Anak Dari Rumah

 

Cha-Ching kids at home

Ajarkan literasi keuangan pada anak sedini mungkin, itulah misi yang aku dan suami coba usung dalam membangun keluarga kecil kami. Iyes, kami tidak mau sampai ketiga anak yang ada di rumah itu hanya tau soal jajan, jajan, dan jajan saja seperti kebanyakan anak di usia mereka. Namun sayangnya niat tersebut tak berlangsung mulus. Kasarnya, boro-boro bicara soal literasi keuangan, lihat itung-itungan angka saja mereka sudah mabok duluan, hehehe namanya juga anak-anak.

 Ada saja tantangan yang akhirnya membuat kami hanya bisa menghela napas panjang, padahal literasi keuangan sedini mungkin ini terbilang penting dilakukan. Ibarat rumah yang butuh pondasi kokoh agar bisa berdiri tegak, seorang anak pun butuh pemahaman soal keuangan yang baik agar nantinya tidak salah dalam mengambil langkah.


Cha-Ching Curriculum, Ajarkan Literasi Keuangan pada Anak Tanpa Kerutan Dahi


Dalam tulisanku sebelumnya, aku pernah mengulas soal Cha-Ching Curriculum yang bisa membantu kita mengajarkan literasi keuangan pada anak dengan cara yang fun dan seru. Ulasan tersebut bisa kalian baca ulang di Cha-Ching Curriculum, ajarkan literasi keuangan pada anak tanpa kerutan dahi.

For your information, Cha-Ching merupakan program literasi keuangan pemenang penghargaan yang diluncurkan oleh Prudence Foundation pada tahun 2011, bekerja sama dengan Cartoon Network serta Dr. Alice Wilder, pakar edukasi dan psikologi ternama, dan telah diimplementasikan di 13 negara di Asia dan Afrika.

Cha-Ching kids at home


Singkatnya, di Cha-Ching Curriculum, Prudential Indonesia menggaet guru-guru sekolah dasar di berbagai daerah untuk bekerja sama dalam mengenalkan literasi keuangan pada anak di selingan pelajaran sekolah. Para guru tersebut sebelumnya telah diberikan bimbingan serta modul khusus yang bisa dijadikan panduan.

Hingga September 2020 lalu, Kurikulum Cha-Ching telah diimplementasikan di 2665 sekolah di Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, Jakarta, dan menjangkau 4828 guru dan 146799 siswa sekolah dasar. Secara total, Cha-Ching telah menjangkau hampir 10 juta orang di Indonesia melalui berbagai aktivitas dan saluran komunikasi (program pengajaran Cha-Ching, media sosial, kolaborasi dengan berbagai komunitas dan TV Nasional)

Cha-Ching kids at home


Saat itu aku pikir masalah soal mengenalkan literasi keuangan pada anak ini akan selesai. Namun nyatanya, di tahun 2020 lalu, kita terpaksa harus berhadapan dengan pandemic Covid-19 yang mengharuskan adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh. Otomatis Cha-Ching Curriculum agak sulit ‘masuk’ ke anak-anak kita, karena untuk mengejar pelajaran pokok secara daring saja sudah sulit, apalagi jika harus ditambah dengan pelajaran lain.  


Cha-Ching Kid$ at Home, Ajarkan Literasi keuangan Pada Anak dari Rumah


Cha-Ching kids at home


Tentu akan amat disayangkan jika konsep literasi keuangan pada anak yang sekece ini harus dilewatkan begitu saja, inilah yang melatarbelakangi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) untuk menghadirkan program Cha-Ching Kid$ at Home. Tujuan utama dari Cha-Ching Kid$ at Home ini tak lain adalah untuk memperluas program Cha-Ching yang telah berjalan sejak 2012 lalu. Harapannya, Cha-Ching Kid$ at Home ini juga bisa jadi solusi bagi yang terkendala tatap muka.

Nah Alhamdulillah, beberapa waktu lalu, aku dan Nara, anak kedua ku berkesempatan untuk mengikuti dan merasakan keseruan  Sesi Cha-Ching Kid$ at Home secara langsung melalui aplikasi zoom. Sebelum nya, Prudential Indonesia teah megirimkan paket yang berisi kaos seragam dan media pembelajaran Cha-Ching.

Cha-Ching kids at home


Ada 4 konsep dasar pengelolaan keuangan yang diajarkan secara fun dan interaktif pada sesi Cha-Ching Kid$ at Home, diantaranya sebagai berikut,

Memperoleh (Earn),

 Anak diajak memahami bagaimana sulitnya mendapatkan uang. Tak sekedar minta ke orang tua, tapi mendapatkan uang butuh kerja keras dan keringat.

Menyimpan (Save),

Iyes, sebelum membelanjakan, anak akan dibimbing untuk menabung terlebih dahulu. Ini yang aku suka, jadi bukan menabung dari uang sisa tapi dahulukan menabung.

Membelanjakan (Spend)

Setelah menabung, baru deh anak diajarkan untuk membelanjakan uang nya dengan bijak. Ada sesi video yang menggambarkan bagaimana cara bijak dalam berbelanja, termasuk memilih barang belanjaan dengan harga yang lebih murah setelah membandingkannya di beberapa toko.

Menyumbang (Donate)

Pada konsep Donate ini anak diajak mengenal bentuk lain yang bisa disumbangkan. Tak hanya uang saja, tapi menyumbang bisa dengan waktu dan tenaga juga.

 


Asik nya, semua konsep dasar pengelolaan keuangan yang diajarkan pada anak usia 7-12 tahun ini dikemukakan dengan cara yang fun dan interaktif. Dilengkapi dengan video dan kaka pembimbing yang siap mendampingi.  Nah penasaran dong mau ikutan Cha-Ching Kid$ at Home ini? Langsung cek akun instagram nya @chachingid aja yaaa

0 komentar:

Posting Komentar