12/05/21

Pentingnya Membawa si Kecil Imunisasi di Masa Pandemi

 

imunisasi di masa pandemi

Masa pandemi memang membuat dilema pada berbagai hal, termasuk untuk urusan imunisasi di masa pandemi. Di satu sisi, pentingnya imunisasi mengharuskan kita melakukan imunisasi pada si kecil tepat waktu, tapi di sisi lain, situasi di rumah sakit, posyandu atau puskesmas, tempat biasa dilakukan imunisasi,  sedang ‘disibukkan’ oleh virus Covid-19 dan membuat kita harus super hati-hati saat ingin melakukan imunisasi tersebut.

Jangan sampai niat hati ingin memberi imunitas yang baik pada si kecil malah berujung terpapar Covid-19. Lalu bagaimana solusi imunisasi di masa pandemi ? Harus tunda dulu kah? Atau ada solusi lain? Yuk kita bahas bersama.

 

Pentingnya imunisasi di masa pandemi, imunisasi tepat waktu dan imunisasi kejar pada si kecil

 

imunisasi di masa pandemi

Jadwal imunisasi wajib yang dibuat oleh pemerintah itu bukan tanpa alasan. Jadwal tersebut telah disesuaikan dengan kemampuan tubuh si kecil dalam membentuk antibodi untuk melawan berbagai penyakit. Jadi sebaiknya dilakukan tepat waktu agar si kecil selalu terlindungi dengan baik. Jika terpaksa harus tertunda, maka artinya ada masa dimana si kecil tidak memiliki ‘perlindungan’. Inilah yang harus diwaspadai orangtua.

Bayangkan jika dalam masa ‘tanpa perlindungan’ itu si kecil terpapar penyakit yang harusnya bisa ditangkal oleh imunisasi, jelas amat disayangkan bukan?! Oleh karena itu, jika terpaksa sekali harus tertunda karena suatu hal, baiknya secepat mungkin dilakukan imunisasi kejar atau imunisasi susulan.

Berdasarkan data yang aku terima saat mengikuti blogger gathering bersama Kemenkes beberapa waktu lalu, ada sekitar 786 ribu lebih anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 lalu. Peer besar bagi kita semua, karena jika tidak segera diselesaikan maka bukan tidak mungkin kedepannya kita juga akan menghadapi masalah baru seperti KLB Campak, Difteri, Polio, dan lainnya yang akan memperberat masalah pandemi Covid-19.

imunisasi di masa pandemi


Meski masih banyak orangtua yang mengaku tetap membawa anaknya untuk imunisasi, tepatnya sekitar 64,02 %, namun sayangnya masih ada 22,63% orangtua yang menolak vaksin di masa pandemi. Alasan terbesarnya adalah karena menurut mereka rumah sakit atau tempat melakukan imunisasi lainnya, merupakan tempat rawan terpapar Covid-19. Alasan ini tak sepenuhnya salah, tapi jika memperhatikan beberapa hal terkait protokol kesehatan, melakukan imunisasi di masa pandemi tetap mungkin kok untuk dilakukan.  

 

Hal yang perlu dilakukan saat membawa si kecil imunisasi di masa pandemi

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orangtua saat membawa si kecil imunisasi di masa pandemic,

Membuat janji temu dengan faskes,

Alhamdulillah beberapa puskesmasdan posyandu di daerahku sudah ada yang menerapkan sistem janji temu melalui WhatsApp untuk menghindari kerumunan. Coba cek Posyandu atau Puskesmas di daerahmu yaa, apakah bisa melakukan janji temu dulu sebelum melakukan imunisasi, jika tidak bisa mungkin cara ini dapat diusulkan pada penggerak Posyandu.

Datang tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan,

Karena sudah membuat janji temu, datanglah tepat waktu yaa. Ingat selalu, yang ingin melakukan imunisasi bukan buah hati kita seorang saja, ada banyak anak lain yang mungkin sedang menunggu jadwal nya setelah kita.

Menggunakan masker,

Penggunaan masker pada si kecil memang belum ada aturan khusus, namun baiknya tetap biasakan si kecil memakai masker atau faceshield. Pilih masker yang nyaman agar si kecil tak merasa terganggu dengan penggunaan masker di wajah nya. Supaya makin semangat, bisa juga pilih masker bergambar karakter favoritnya.

Cuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer,

Alhamdulillah sekarang sudah banyak tempat-tempat yang menyediakan fasilitas cuci tangan, jadi tak ada alasan lagi untuk malas mencuci tangan yaa. Cuci tangan menggunakan sabun selama minimal 20 detik akan meminimalisir resiko terpapar Covid-19. Jika tak memungkinkan untuk cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer juga.

imunisasi di masa pandemi


Selalu Jaga jarak dan menghindari kerumunan,

Dalam perjalanan maupun saat tiba di tempat imunisasi, tetap usahakan menjaga jarak dan hindari kerumunan. Jangan ragu untuk menegur mereka yang tidak menjaga jarak, toh ini demi keamanan bersama.

Segera pulang dan bersihkan diri setelah sampai rumah,

Setelah pulang, segera bersihkan diri atau mandi serta mengganti semua kain/linen anak dan pengantar seperti pakaian, bedong, gendongan, dan lainnya yang dibawa kef askes tadi. 


Vaksin Covid-19, salah satu imunisasi di masa pandemi




Selain imunisasi wajib pada si kecil, saat ini pemerintah pun sedang melakukan kejar target untuk imunisasi Covid-19. Ya, Alhamdulillah akhirnya kita bisa mulai melakukan imunisasi untuk virus yang menghebohkan dunia itu. Tak perlu khawatir melakukan imunisasi Covid-19, karena vaksin yang disebar ke masyarakat Indonesia telah melalui berbagai uji klinis terkait keamanannya serta status kehalalannya.

Jika sudah mendapat giliran untuk di-vaksin, jangan ragu untuk melakukannya. Ini pun tak kalah penting, agar kita bisa cepat terbebas dari masa pandemi ini. Tapiiiii yang harus diingat, meski nanti sudah divaksin, tetap harus melakukan protocol kesehatan. Sampai tulisan ini dibuat belum ada aturan yang membolehkan masyarakat yang sudah divaksin bebas berkegiatan tanpa protokol kesehatan.

Pokoknya jangan ragu deh untuk imunisasi, insya Allah ini bentuk ikhtiar kita semua untuk terhindar dari paparan penyakit. Salam sehat semua, jaga diri dan keluarga di rumah yaaa  

0 komentar:

Posting Komentar