19/05/21

Bangkitkan Minat Baca si Kecil dengan Teknik Membaca Nyaring dan Lets Read Indonesia

 


Ada satu pesan nenek yang hingga saat ini masih tertanam di benakku, pesan soal pentingnya membaca untuk mengubah dunia. Tak perlu muluk mengubah dunia dalam arti sesungguhnya, paling tidak, dengan membaca kita bisa mengubah ‘dunia’ milik kita sendiri ke arah yang lebih baik.

Beliau bahkan pernah bercerita soal kekhawatiran  Pak Mohammad Hatta saat harus diasingkan ke Papua. Bukan soal ketiadaan fasilitas, tapi Wakil presiden pertama kita itu justru mengkhawatirkan koleksi buku nya yang akan ia tinggalkan. Saking khawatirnya, beliau bahkan minta ijin ke pihak Belanda untuk dapat membawa serta koleksi buku nya yang berpeti-peti itu. Yup, Bapak Hatta memang begitu gemar membaca, jadi jangan heran jika akhirnya beliau bisa turut andil dalam mengubah dunia kita, masyarakat Indonesia.

Alhamdulillah, aku pun suka membaca. Meski bukan buku ilmiah, namun kecintaanku terhadap buku, sedikit banyak mempengaruhi perubahan ‘dunia’ ku. Aku termasuk golongan orang yang suka dan menganggap buku apapun itu pasti ada manfaatnya, termasuk buku cerita, novel, hingga komik sekalipun. Contohnya saja dari novel yang kubaca, ada banyak pelajaran soal kehidupan yang bisa kudapatkan, begitupun dari cerita bergambar dan komik.

Oleh karena itu, sekarang, saat aku sudah memiliki tiga orang buah hati, sebisa mungkin aku ingin menularkan kecintaanku pada buku tersebut ke mereka. Sayangnya, membuat anak jaman sekarang untuk gemar membaca ini ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan yang harus kuhadapi, termasuk bersaing dengan gadget kesayangan mereka.


Bangkitkan minat baca pada anak dengan teknik membaca nyaring


Kabar baiknya, beberapa waktu lalu, aku berkesempatan untuk mendapat pencerahan tentang hal ini dari para ahlinya dalam Blogger Gathering bersama Blogger Perempuan dan Lets Read Indonesia. Dalam online gathering bertema Buku Bekal Anak Bertumbuh tersebut dijelaskan kalau salah satu cara membuat anak suka membaca adalah dengan teknik read aloud atau membaca nyaring.

Teknik Read Aloud atau membaca nyaring ini membuat aktivitas membaca jadi lebih menyenangkan dan menarik perhatian si kecil. Tak hanya itu saja, membaca nyaring juga membangun banyak ketrampilan dasar yang penting, memperkenalkan kosakata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif, serta membantu si kecil mengenali apa itu membaca untuk kesenangan.

Setelah tau manfaat yang diberikan, pasti sudah ingin praktek langsung kaan?! Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita ingin melakukan teknik membaca nyaring pada si kecil,

  • Cek dulu tahapan membaca anak, sesuaikan dengan usia nya. Contohnya untuk anak usia 1-3 tahun bisa dikenalkan dengan buku kain, sementara untuk anak usia TK bisa dikenalkan buku bergambar yang penuh ilustrasi.
  • Kenali elemen cerita yang akan dibacakan, seperti setting lokasi, tokoh, tema alur dan lainnya. Dengan mengenali elemen-elemen tersebut kita bisa membacakan cerita dengan lebih nyata.
  • Mulailah dengan percakapan pembuka untuk menarik perhatian si kecil sebelum membacakan cerita
  • Tunjukan sampul buku yang akan dibacakan agar si kecil lebih tertarik untuk mengetahui isi cerita tersebut.
  • Buat aktivitas membaca semenarik mungkin, lengkap dengan intonasi dan gaya membaca yang baik

 Lets Read Indonesia, bantu penuhi koleksi buku si kecil




Awalnya aku pikir, gadget kesayangan anak jaman sekarang itu akan jadi tantangan terbesar dalam mebangkitkan minat baca pada anak. Namun ternyata gadget pun bisa kita manfaatkan loh, caranya adalah dengan mengenalkan si kecil pada aplikasi Lets Read. Aplikasi yang bisa didownload secara gratis di play store ini, menyediakan berbagai macam buku dari berbagai negara yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Asyiknya lagi, Lets Read juga memungkinkan kita untuk mengunduh koleksi buku nya untuk kemudian dicetak dan menjadi buku fisik, tapi tak boleh dijual yaa, karena tujuan utama dari Lets Read Indonesia adalah untuk memberikan fasilitas membaca pada semua kalangan secara gratis.

Harapannya, dengan keberadaan Lets Read, minat baca anak Indonesia bisa terus meningkat agar kelak Indonesia bisa jadi negara maju. Bisa? Bisa dong pastinya, Insya Allah bisa. Jadi yuk ajak anak membaca, kalau koleksi bukunya masih kurang bisa download aja di Lets Read.

0 komentar:

Posting Komentar