25/06/21

Sehat Mental dan Keuangan di Setahun Lebih Masa Pandemi, Mungkinkah?


 


Masa pandemi ini memang benar-benar berat untuk dilalui yaa, bahkan untuk kalangan berada sekalipun. Imbas pandemi ini memang tak melulu soal ekonomi, ada sektor kesehatan dan mental yang juga terdampak secara tak langsung, terutama bagi kalangan ibu seperti kita. 

Jujur, tak pernah terbayang sekalipun dalam benakku akan mengalami masa-masa sulit dan tak menentu seperti saat ini. Di satu masa, aku harus bisa mengatur keuangan keluarga di tengah semua keterbatasan nya dan menjadi guru bagi ketiga anak dengan jenjang yang berbeda. Tak sampai di situ, aku juga harus menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga agar tidak terpapar virus tersebut dan yang paling utama aku tetap harus tegar di hadapan mereka. 

Berat kah? Jelas berat, bahkan aku sendiri kagum dengan diri ini yang sampai sekarang bisa tetap waras menghadapi semua nya. Awalnya semua memang terasa berat, namun perlahan tapi pasti aku  mulai terbiasa dengan ritme nya. Semua yang tadinya terasa berat itu mulai terasa sedikit ringan. Saking ringannya, ada banyak hal yang terlupakan secara otomatis. 

Kalau diingat-ingat, rasanya sudah lama sekali aku tidak berkumpul dan tertawa bersama teman. Padahal bisa jadi itu merupakan salah satu ‘me time’ yang bisa membuat ku semakin waras menghadapi semua ini. Toh berkumpul bersama teman itu tak selamanya harus bertemu fisik, dan bisa dilakukan secara daring. Namun, terkadang kesibukan ‘mengurus rumah’ itu membuat acara me time tersebut jadi terkesan egois untuk dilakukan. Hmmm.

Lalu sebenarnya egois nggak sih kalau kita tetap menyempatkan diri untuk me time di tengah kesibukan  sebagai ibu rumah tangga di masa pandemi ini? Me time seperti apa sih yang cocok dilakukan di tengah pandemi begini? Alhamdulillah, pertanyaan-pertanyaan inilah yang menjadi materi dalam webinar bersama FWD Insurance beberapa waktu lalu. 


Setahun lebih masa pandemi, apa kabar?



‘Setahun lebih masa pandemi, apa kabar?’, itulah tajuk yang diangkat sebagai materi dalam webinar tersebut. Jujur, aku terharu, entah kenapa aku merasa seolah benar-benar ditanya oleh FWD. pertanyaan inilah yang mungkin selama ini aku tunggu. Aku benar-benar mengapresiasi FWD yang sudah mengangkat materi ini untuk kami para ibu sebagai bagian dari FWD Bebas Berbagi.

Yup, meski tadi aku katakan semua mulai terasa lebih ringan, tapi jika ditanya ‘setahun lebih masa pandemi, apa kabar?’ aku akan tetap menjawab, aku sedang tidak baik-baik saja, lebih tepatnya KITA semua sedang tidak baik-baik saja. Kita sedang bergelut dengan medan perang masing-masing. Berbeda tapi sama-sama sedang berjuang melalui masa sulit ini. Betul tidak?

Paham akan semua yang sedang kita alami bersama, FWD pun sengaja menghadirkan kak Irma Gustiana,  M. Psi, psikolog anak, remaja dan keluarga untuk mengisi materi. Dalam paparannya, Kak Irma sempat menjabarkan betapa pentingnya menyisihkan waktu untuk melakukan hal yang kita sukai ( me time) demi menjaga kewarasan. ‘Jangan pernah merasa egois untuk melakukan me time’ begitu pesannya. 

Tak sampai di situ saja, Kak Irma juga membagikan tips SANTAI untuk bisa tetap sehat mental di masa pandemi ini, diantaranya sebagai berikut,


S, Sehat fisik mendukung kesehatan mental, luangkan waktu dengan berolahraga teratur dan asupan nutrisi seimbang.

A, Adaptasi dengan pola kebiasaan baru 

N, Networking, tetap menjaga interaksi sosial

T, Tahan diri dan atur regulasi emosi dengan teknik pernafasan sederhana. Saat semua terasa berat, coba lakukan teknik pernafasan sederhana, tarik napas selama 4 detik, tahan selama 4 detik lalu buang nafas selama 8 detik atau sampai nafas benar-benar habis. 

A, Atasi kelelahan dengan meluangkan me time

I, Ingat ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan yang tidak, jadi fokus pada apa yang bisa kita kendalikan saja.


Keuangan sehat, mental pun terjaga


Selain menjaga mental tetap sehat, FWD pun kembali mengingatkan untuk menjaga keuangan kita tetap sehat dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang. Sadar ga sih kalau pandemic juga mengajarkan kita soal pentingnya melakukan perencanaan keuangan ini? Aku sendiri pun merasa sedikit menyesal karena sebelum pandemi terlalu terlena sampai melupakan perencanaan keuangan dengan baik.

Sebagai seorang ibu yang mempunyai peran penting dalam membangun keluarga yang sakinah, kita wajib paham soal pengelolaan keuangan dengan prinsip syariah. Kenapa harus dengan prinsip syariah? Tentunya agar kita bisa mendapat ketenangan dan keberkahan finansial untuk mendapat ridho Allah SWT. 

Tenang saja, pengelolaan keuangan dengan prinsip syariah itu tak seribet yang kita bayangkan kok, ada 4 cara mewujudkan tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan syariah, diantaranya sebagai berikut,

  • Financial Check up, Cek kesehatan keuangan keluarga saat ini. Total semua harta dan kewajiban yang dimiliki untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan keluarga terlebih dahulu.

  • Tentukan tujuan keuangan yang smart dan sesuai prioritas

  • Memiliki keamanan keuangan dan mitigasi risiko

  • Aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Asuransi Bebas Handal, produk Asuransi kesehatan berbasis syariah dari FWD Insurance


Bicara soal keamanan keuangan dan mitigasi risiko, FWD Insurance punya produk asuransi kesehatan berbasis syariah yang dapat memberikan manfaat rawat inap dengan perlindungan sampai dengan usia 60 tahun loh. Produk asuransi kesehatan ini bernama Asuransi Bebas Handal. Ada tiga keunggulan yang bisa kita dapat dari Asuransi kesehatan online yang satu ini, Terjangkau, simpel dan Lengkap.

Terjangkau

Asuransi Bebas Handal ini begitu terjangkau, karena kontribusi nya mulai dari RP75.000 / bulan dengan manfaat hingga seratus juta per tahun. 

Simpel

Cara membelinya terbilang cukup mudah, ya asuransi kesehatan online ini bisa dibeli melalui aplikasi FWD Max atau dengan mengunjungi web ifwd.co.id saja. 

Lengkap

Manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh asuransi Bebas Handal ini memang terbilang lengkap, bahkan produk ini juga memiliki manfaat khusus Covid-19 tanpa biaya tambahan untuk nasabah aktif ataupun yang baru bergabung selama periode 1-30 Juni 2021. Dengan manfaat khusus ini, kita tak perlu khawatir lagi soal biaya selama isolasi mandiri, termasuk pengobatan selama isolasi tersebut.

Nah buat yang penasaran dengan Asuransi Bebas Handal dari FWD Insurance ini bisa langsung cek-cek di https://www.ifwd.co.id/

Terakhir, aku cuma mau bilang, semua ketidakpastian di masa pandemic ini memang sering membuat kita bingung, tapi percayalah, bukan tanpa alasan kita ‘terpilih’ untuk melalui semua masa sulit ini. Dia memilih generasi ini karena Dia tau hanya generasi kita lah yang mampu melalui masa-masa ini. Jadi, jangan pernah menyerah pada keadaan yaa, tetap semangat menjalani hari. Bismillah aja, insya Allah semua akan kembali normal secepatnya. 


0 komentar:

Posting Komentar