17/09/21

5 Hal Kreatif Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi


 

Sebelumnya tak pernah terpikirkan olehku kalau tiga makluk kecil di rumah berhasil menyadarkanku soal pentingnya menjaga kesehatan. Sekarang, ketika aku sudah berstatus sebagai seorang ibu, sehatku bukan lagi milikku seorang, tapi juga milik mereka yang kucintai. Dari situ aku belajar untuk tidak menyia-nyiakan waktu dalam menjaga kesehatan. Setiap masa yang aku habiskan bersama mereka begitu berharga, rasanya amat disayangkan jika harus terbuang begitu saja, hanya karena aku lalai menjaga kesehatan.

Yup, sekarang aku mulai belajar dewasa untuk tidak lagi egois jajan sembarangan dengan kedok ‘self reward’. Self reward yang kuberikan pada diri ini sama sekali tidak boleh bertentangan dengan prinsip menjaga kesehatan yang sedang aku bangun ini. Ada beberapa hal yang mungkin terbilang klise untuk dijabarkan namun sering dilupakan oleh beberapa orang dalam menjaga kesehatannya. Nah di tulisan ini aku mau mencoba mengingatkan kembali soal poin-poin penting menjaga kesehatan anggota keluarga, termasuk diri sendiri yang bisa diterapkan di rumah masing-masing, berikut diantaranya,


Variatif dalam menyajikan menu harian keluarga



Menyajikan menu sehat saja, tak lagi cukup strategis untuk diterapkan di rumah. Alasannya karena sebagian besar makanan sehat itu memang terkesan membosankan. Nah disinilah peran kita sebagai ibu pun diuji. Usahakan menu sehat yang disajikan di rumah lebih variatif. Jadi meski berasal dari satu jenis bahan sayuran yang sama sekalipun tetap akan terlihat beda dan menarik untuk dicicipi oleh semua anggota keluarga.


Menjalankan protokol kesehatan dengan ketat


Ini poin yang terbilang penting dilakukan selama masa pandemi ini. Meski saat tulisan ini dibuat, tanggal 13 September 2021, angka penularan  virus COVID-19 di Indonesia sudah mulai melandai, namun tetap saja, protocol kesehatan harus dijalankan secara ketat. Tak susah kok, kita hanya perlu membiasakan anggota keluarga di rumah untuk tetap menjalankan 5M nya. 

Memakai dobel masker saat berada di luar rumah

Rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik

Menjaga jarak satu sama lain minimal 1 meter

Membatasi mobilitas

Menjauhi kerumunan


Memperhatikan kebersihan rumah dan sirkulasi udara


Aku percaya kalau setiap ibu pasti adalah orang yang paling paham soal ini di rumah. Urusan menjaga kebersihan rumah biasanya termasuk hal kecil bagi ibu. Namun, yang masih sering terlupakan adalah menjaga sirkulasi udara di rumah tetap baik, terutama bagi keluarga yang terbiasa menggunakan AC. Coba deh, sesekali buka jendela rumah lebar-lebar saat sedang mematikan AC dan rasakan udara segar mulai memasuki rumah. Efeknya akan amat baik loh untuk kesehatan anggota keluarga di rumah.


Olahraga bersama dengan cara yang lebih kreatif


Jujur, awalnya mengajak olahraga seluruh anggota keluarga ini sempat menjadi pe-er terbesarku. Keluarga kecil kami memang sedikit jauh dari olahraga yang biasa dilakukan keluarga lain. Mendengar kata zumba, yoga, atau senam saja sudah membuat mereka enggan untuk melakukannya. Oleh karena itu, aku pun mulai berpikir keras bagaimana cara mengajak mereka olahraga, hingga akhirnya aku mengubah olahraga menjadi beberapa kegiatan yang akan disukai oleh mereka.

Sebagai contoh, alih-alih melakukan zumba, aku memilih untuk mengajak mereka bermain tapak gunung atau lompat tali. Alhamdulillah ketika olahraga ‘diubah’ menjadi permainan seperti ini, mereka lebih tertarik. 


Menyiapkan perlindungan diri yang sesuai


Pada beberapa tulisan di blog ini, aku cukup sering membahas soal pentingnya menyiapkan perlindungan diri yang sesuai, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Menyiapkan perlindungan diri untuk keluarga bukan karena mengharapkan terjadinya hal buruk tapi justru menyiapkan segala yang terbaik untuk menghadapi situasi buruk tersebut. Ingat selalu, masa depan adalah suatu hal yang paling tidak pasti dalam dunia ini. Kita tak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan.

Bicara soal perlindungan diri, beberapa waktu lalu, FWD Insurance pun kembali memanjakan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan produk perlindungan diri terbaru nya, FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection ini adalah perlindungan kesehatan #ProteksiOn dan bisa menjadi pilihan kita dalam menyiapkan perlindungan diri yang sesuai untuk keluarga. 


FWD Hospital Care Protection, Perlindungan Kesehatan #ProteksiOn dari FWD Insurance

FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Asyiknya, di FWD Hospital Care Protection kita bisa memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan masing-masing.

Tak hanya itu saja, selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan. Berdasarkan hasil rangkumanku saat mengikuti acara press conference peluncuran dari FWD Hospital Care Protection ini, ada 5 manfaat utama yang bisa jadi pertimbangan kalian untuk memilih nya sebagai perlindungan diri yang sesuai untuk keluarga, berikut diantaranya,

Kebebasan memilih kelas perawatan kesehatan

tersedia dalam 5 plan dengan dua jenis pilihan basic dan optimal di setiap plan serta terdapat limit booster hingga total manfaat mencapai Rp 75 M. 

Mengutamakan Kenyamanan selama masa perawatan,

Tak hanya penggantian biaya rumah sakit selama perawatan saja, FWD Hospital Care Protection  pun memberikan privasi lebih dengan standar kamar 1 tempat tidur dan kamar mandi di dalam, serta adanya kemudahan dengan fasilitas cashless.

Dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia

FWD Hospital Care Protection memungkinkan nasabahnya untuk tetap terlindungi meski berada di luar wilayah pertanggungan, ada penggantian biaya hingga 100% untuk kondisi gawat darurat di manapun, serta bisa memilih untuk melakukan perawatan medis di luar wilayah pertanggungan.

Mendukung di masa pamulihan

FWD Hospital Care Protection menunjang dalam masa pemulihan dari kondisi stroke, serangan jantung, kanker, kecelakaan berat dan luka bakar, bahkan menyediakan manfaat pemantauan kanker meski dinyatakan telah sembuh.

Manfaatnya  disesuaikan dengan iklim Indonesia

Di FWD Hospital Care Protection juga ada penggantian biaya rawat jalan (tanpa rawat inap) untuk penyakit infeksi yang sering terjadi di Indonesia, seperti DBD, Malaria, Tipus, Campak, difteri dan cacar air. Untuk informasi selengkapnya tentang FWD Hospital Care Protection ini bisa langsung cek aja link ini yaa,  https://www.fwd.co.id/

Menurutku, menjaga kesehatan ditambah dengan perlindungan diri yang sesuai untuk keluarga merupakan ‘tameng’ terbesar yang bisa kita berikan untuk mereka yang dicintai. Jika bisa membuat kita lebih lama bersama dengan mereka, lalu kenapa harus diabaikan? Bukankah setiap masa yang kita habiskan bersama mereka itu begitu berharga? Jadi, jangan tunda untuk melakukannya ya, secepat mungkin kita jaga kesehatan mereka, maka insya Allah semakin lama kebersamaan ini akan terjaga.

Tetap semangat menjalankan protocol kesehatan dan sehat selalu, bismillah, insya Allah semua akan kembali normal lagi.


0 komentar:

Posting Komentar