09/09/21

The Real Self-love untuk Hidup Nyaman mu di Masa Depan

 


Katanya Rumput tetangga itu selalu terlihat lebih hijau, benarkah demikian? Jawabannya ya belum tentu, semua tergantung cara pandang kita terhadap rumput sendiri. Bagaimana rumput kita akan terlihat cantik, jika yang merawatnya saja tidak memandang demikian, padahal bukan tidak mungkin loh rumput yang kita tanam lah yang menjadi impian para tetangga. 

Sama seperti ungkapan tersebut, ternyata bagaimana cara memandang diri sendiri pun berdampak besar pada kehidupan yang kita jalani. Alih-alih terus menjadikan hidup orang lain sebagai standar baku, tentu akan lebih baik jika kita mulai memahami diri sendiri dulu. Memahami dan mencintai diri sendiri ini penting dilakukan agar bisa terus menjalani hidup dengan bahagia. Self-love, begitu istilah kerennya.

Sayangnya, mencintai diri sendiri pun tidak semudah yang kita bayangkan. Beberapa orang mungkin terkesan membenci diri nya sendiri karena berbagai faktor, mulai dari masa lalu yang kelam, judgement yang ia terima, hingga cara pandangnya terhadap diri sendiri. Namun faktanya, ada juga sebagian lain yang justru terlalu mencintai diri sendiri hingga mengabaikan beberapa hal penting dalam hidupnya.

Contoh simpel yang paling sering kita temui di masa pandemi ini, saat hampir semua orang dilanda stress berlebih, banyak loh yang menjadikan self-love dan self reward sebagai alasan untuk ‘berfoya-foya’. Bayangkan jika self reward yang mereka berikan pada dirinya itu terlalu berlebih, bukan tidak mungkin nantinya malah menyesal di akhir karena kantong yang jebol. So, self-love pun tidak boleh sembarangan, harus sesuai porsi nya.

Berdasarkan rangkuman ku saat mengikuti webinar bersama FWD Insurance beberapa waktu lalu, the real self-love yang wajib kalian tanamkan pada diri sendiri adalah bagaimana caranya membuat diri menjalani hidup dengan senyaman mungkin. Gampangnya, kalo kamu cinta pada diri sendiri, buatlah ‘istana’ yang membuatmu hidup tanpa rasa khawatir. Nah, ini dia cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun ‘istana’ tersebut sebagai bentuk self-love mu, 


Forgive yourself,


Semua manusia tak luput dari kesalahan, jadi cobalah untuk berdamai dan memaafkan apapun kesalahan yang sudah kamu lakukan di masa lalu. Mungkin ini memang tidak mudah, karena beberapa masalah memang akan menimbulkan trauma tersendiri, tapi juga bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Tak perlu terburu-buru, perlahan saja tak apa, asal suatu hari nanti kamu bisa mencapai titik dimana kata maaf itu bisa keluar dengan sendirinya


Pahami diri sendiri


Masih ingat dengan teori Johari Windows? Buat yang belum tau atau mungkin lupa dengan teori ini, teori johari windows adalah teori  yang  menjelaskan tentang bagaimana seseorang bisa memahami diri nya sendiri. Simpelnya, semakin kamu bisa memahami diri sendiri, dan mampu terbuka pada orang lain, maka kesempatan untuk berkolaborasi pun akan semakin terbuka. Artinya kesempatan mu untuk maju pun secara otomatis ikut terbuka lebar.

Nah dalam teori tersebut, ada 4 konsep jendela, dari keempat jendela yang memberi kesempatan padamu untuk maju itu, setidaknya ada satu jendela yang hanya diketahui atau bisa ‘dibuka’ hanya olehmu saja, yaitu jendela tertutup. Jadi, seharusnya kita lah yang paling memahami diri ini, bukan orang lain. 


Stop Comparing


Setiap orang memiliki garis start nya masing-masing, jadi tidak bisa kita samakan begitu saja. Stop membandingkan hidup kita dengan orang lain yuk! Apapun hasil yang saat ini  diterima, itu adalah bentuk lain dari perjuangan masing-masing yang patut diapresiasi. Mungkin bagi sebagian orang hasil tersebut bukanlah apa-apa, namun bagi sebagian yang lain hasil itu bisa saja didapat dengan cara ‘berdarah-darah’. 

Percaya deh dengan tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka kamu akan lebih mudah menemukan value diri untuk maju. 


Rencanakan keuangan sebaik mungkin


Uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan seseorang, namun faktanya untuk mendapatkan kenyamanan dalam hidup kita butuh uang. Jadi tak salah dong kalau akhirnya aku katakan merencanakan keuangan sebaik mungkin adalah bagian dari self-love. Setidaknya ada 3 hal yang wajib kamu siapkan untuk keuangan mu di masa depan sebagai bentuk self-love mu, diantaranya adalah dana darurat, dana pensiun dan perlindungan diri.


Dana darurat


Kalau kamu mengaku cinta pada dirimu, jangan pernah mengabaikan pentingnya keberadaan dana darurat ini. Alasannya simpel, jika suatu saat ada keadaan darurat yang terpaksa harus kamu alami, maka dana darurat ini bisa kamu gunakan sebagai penyelamat. Besaran dana darurat ini sendiri akan berbeda-beda pada masing-masing orang, namun biasanya berkisar antara 3 x pengeluaran pokok bulanan. Untuk yang belum memiliki dana darurat, coba yuk nabung pelan-pelan untuk mengisi dana darurat ini.


Dana pensiun 


Usia muda tak menjadi alasan untuk kita mengabaikan dana pensiun. Jangan pernah mengaku cinta pada diri sendiri kalau dana pensiun saja tidak dipersiapkan. Berbeda dengan darurat yang sewaktu-waktu bisa kita pakai, dana pensiun ini memang ditujukan untuk penggunaan di hari tua nanti, jadi sebaiknya simpan dana pensiun mu di ‘kantong-kantong’ yang bisa bertumbuh seiring berjalan waktu, seperti deposito, saham, dan reksadana.


Perlindungan diri


Diri sendiri adalah harta yang paling berharga, jadi lebih dari patut untuk diberikan perlindungan, baik itu berupa asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. So, menurutku perlindungan diri yang kamu beli untuk dirimu sendiri adalah bentuk dari the real self-love mu. 

Bicara soal asuransi, bertepatan dengan hari jadinya yang ke-29, FWD Insurance meluncurkan kampanye undian berhadiah yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw. Kampanye ini mengajak kita untuk lebih aware terhadap perlindungan diri dan mengaktifkan perlindungan asuransi mereka dengan FWD Insurance, sehingga dapat menjalani hidup penuh dengan passion yang selalu On.

Dengan membeli perlindungan diri #ProteksiOn ini nasabah bisa langsung ikut berpartisipasi dalam undian berhadiah #ProteksiOn Lucky Draw dan raih kesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah spektakuler yang bisa mendukung passionmu, seperti mobil Toyota Raize, sepeda Brompton, iPhone 12 Pro Max, iPad dan paket liburan serta kesempatan bertukar pengalaman seputar passion bareng ahlinya. 

Untuk info lebih lanjut soal perlindungan diri #ProteksiOn Lucky Draw ini bisa langsung di cek aja di https://www.fwd.co.id/proteksion


Nah sembari mengumpulkan dana darurat, dana pensiun dan perlindungan diri, kamu pun boleh loh sesekali memberikan self reward pada dirimu. Namun ingat, jangan sampai kebablasan dan malah membuatmu tambah stress nantinya ya. Pastikan self reward yang kamu berikan itu sesuai anggaran. 

Terakhir aku Cuma mau bilang, siapapun kamu dan apapun profesimu, setiap individu itu berharga dan patut mendapat apresiasi berupa self-love. So, stop judging yourself, comparing with others and be fair! Listen to yourself.


0 komentar:

Posting Komentar