11/10/21

Bernyanyi Bersama Hoala Koala, Alternatif Kegiatan Anak Selain Main Hp

 

Hoala Koala

Pandemi memang sudah berjalan hampir dua tahun, namun tak jarang masih ada saja yang merasa kesulitan untuk mengisi waktu selama di rumah saja, terutama para ibu. Karakteristik anak yang gampang bosan jadi tantangan tersendiri pastinya. Kalaupun ada kegiatan yang tidak membosankan bagi mereka, paling hanya bermain hp atau gadget, padahal bermain hp tak selamanya bagus untuk pertumbuhan mereka. Harus ada alternatif kegiatan anak selain main hp yang disiapkan ibu.

Jujur, aku sendiri pun sering mati gaya menghadapi ketiga buah hatiku di rumah. Kalau sudah begitu, hp atau gadget memang aku andalkan. Tapi mengingat banyak nya dampak buruk kecanduan hp yang mungkin terjadi, aku pun mulai mecari alternatif kegiatan lain agar tidak bosan di rumah. Supaya gampang mengingatnya, aku tulis di sini aja yaa, siapa tau bisa bermanfaat juga untuk ibu-ibu lain di luar sana.

 

Memasak kue kesukaan bersama

Meski kedua anakku laki-laki, Alhamdulillah mereka tetap suka memasak kue bersama di dapur. Yah bisa jadi karena mereka memang suka makan kue, dan bisa makan kue hasil buatan sendiri tentu akan terasa berbeda. Biasanya aku mencari resep baru di google atau aplikasi memasak.

 

Hoala Koala

Membuat DIY ala-ala

Memanfaat barang bekas yang ada di rumah untuk membuat prakarya pun bisa jadi alternatif kegiatan anak selain main hp. Biasanya anak-anak akan excited ketika bisa menghasilkan ‘barang lain’ dengan tangannya sendiri. Nah untuk ide DIY ini bisa diliat di Pinterest aja yaa.

 

Membaca buku cerita

Kalau aku biasanya tak hanya sekedar membaca buku cerita saja, tapi juga mengajak si kecil untuk menceritakan kembali padaku apa yang mereka baca. ‘muka seolah tak tau jalan ceritanya’ selalu menjadi andalanku untuk sedikit memaksa mereka menceritakan nya kembali, hehehe

 
Melakukan permainan tradisional

Selain bisa jadi alternatif kegiatan anak selain main hp, melakukan permainan tradisional yang aku kuasai juga membuat ku senang karena bisa sekaligus bernstalgia juga. Permainan tradisional seperti bola bekel, congklak, gobak sodor, sampai petak umpet merupakan permainan yang sering kami lakukan di rumah bersama.

 
Bernyanyi dan menari bersama

Percaya atau nggak, bernyanyi dan menari bersama di rumah ini seru dan menyenangkan loh. Sebelumnya kegiatan ini memang jadi peer besar buatku, yah tau sendiri kan sekarang tuh tak seperti jaman kita kecil dulu, lagu anak agak sulit ditemukan. Kalaupun bisa menggunakan lagu lama jaman kita kecil dulu, rasanya sedikit kurang relevan dengan perkembangan anak jaman sekarang, iya nggak sih?

Alhamdulillah beberapa waktu lalu, aku dikenalkan dengan channel Youtube Hoala Koala yang berisi lagu-lagu anak. Hoala Koala ini memang sengaja dihadirkan untuk membangkitkan lagi dunia music anak di Indonesia.

 

Hoala Koala ajak anak Indonesia bernyanyi bersama

 

Hoala Koala

Nama channel youtube Hoala Koala sendiri berasal dari nama sepasang sahabat yang gemar bernyanyi dalam channel tersebut. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter layaknya anak-anak jaman sekarang yang tumbuh berkembang di era digital.

Karakter animasi 3D sengaja dipilih mewakilkan Hoala Koala agar bisa menjadi karakter yang tak lekang oleh waktu. Bayangkan jika Hoala Koala diperankan oleh manusia, tentu kelak akan berbeda lagi karena sang tokoh akan tumbuh besar.

Selain Hoala Koala, selurh karakter yang ada di dalam animasi music ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh ayah, ibu, miss jeruk, dan lainnya. Nah yang aku suka itu, kebanyakan dari lagu-lagu yang ada dalam channel youtube Hoala Koala ini sederhana tapi sarat makna.

Hoala Koala


Contohnya saja pada lagu anak kuman Hoala Koala, liriknya simpel namun mudah diingat dan easy listening banget. Bahkan anakku saja bisa langsung menghapal liriknya setelah mendengarkannya dua kali putar saja.

Saat ini Hoala Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa diliat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Jadi, udah nggak bingung lagi kan memilih alternatif kegiatan anak selain main hp? Bernyanyi dan menari bersama Hoala Koala bisa jadi pilihan yang menyenangkan selama di rumah loh. Tetap semangat dan sehat selalu yaa  

0 komentar:

Posting Komentar